Tips Agar Tanaman Kelengkeng Berbuah Lebat

Urbanina.com –┬áBertanam tenaman kelengkeng/lengkeng dapat dilakukan siapa saja yang ingin melakukannya. Namun, untuk dapat menghasilkan buah, penanam harus lebih bersabar karena beberapa jenis kelengkeng/lengkeng baru bisa dipanen setelah 2-3 tahun. Misalnya jenis kelengkeng/lengkeng itoh, kelengkeng/lengkeng jenis ini baru bisa dipanen ketika sudah berumur 2,5 tahun. Untuk dapat tumbuh mencapai umur 2,5 tahun tersebut, tanaman tidak bisa hanya dibiarkan begitu saja. Tanaman yang dapat ditanam dipekarangan rumah ini akan tumbuh dan berbuah lebat hanya jika penanam dapat merawat tanaman yang ia tanam sesuai dengan prosedur yang benar. Untuk memudahkan perawatan tersebut, biasanya penanam membutuhkan tips-tips sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat pohon kelengkeng/lengkeng ini. Oleh karena itu, kali ini Urbanina akan menulis tentang tips agar tanaman kelengkeng berbuah lebat, yaitu:

tips agar tanaman kelengkeng berbuah lebat

  1. Perawatan tanaman kelengkeng/lengkeng adalah kuncinya

Seseorang yang menanam bibit tanaman kelengkeng/lengkeng dan ingin memanennya, harus paham bahwa kunci pertumbuhan tanamannya adalah perawatan tanaman. Dengan memiliki pemahaman semacam ini, maka akan tertanam di benak penanam bahwa tanaman kelengkeng/lengkeng yang ia tanam sangat membutuhkan perawatan yang didapat darinya. Oleh sebab itu, tips agar tanaman kelengkeng berbuah lebat yang pertama adalah perawatan tanaman sebagai kuncinya. Sebagai gambaran, ketika orang hendak membuka pintu, kunci yang ia butuhkan adalah kunci pintu itu sendiri. Sedangkan untuk dapat menumbuhkan kelengkeng/lengkeng agar berbuah lebat, kuncinya adalah perawatan yang benar dari penanam itu sendiri.

Apalagi untuk petani kelengkeng/lengkeng, tentu mereka tidak hanya menanam satu dua pohon di pekarangan rumahnya. Sebagai petani kelengkeng/lengkeng, ia dapat menanam tanaman kelengkeng/lengkeng dengan jumlah yang lebih banyak. Sehingga, petani harus siap dalam melakukan perawatan tanaman kelengkeng/lengkeng yang dilakukan terhadap lebih banyak tanaman dengan mengeluarkan tenaga yang lebih besar dan ketelitian yang lebih tinggi.

  1. Pemupukan tanaman

Tips agar tanaman kelengkeng berbuah lebat yang kedua adalah pemupukan tanaman. Pemupukan adalah salah satu tips yang dengan mudah dilakukan untuk dapat mengembangkan tanaman kelengkeng/lengkeng agar dapat berbuah lebat. Karena, pupuk mengandung zat-zat yang dibutuhkan tanaman untuk dapat tumbuh dengan cepat serta agar memiliki produktivitas yang baik. Pertumbuhan tanaman kelengken itu sendiri dapat dilihat dari tumbuhnya daun yang semakin lebat dan juga batang pohon yang terlihat kokoh.

Pupuk tersebut dapat diberikan setiap 6 bulan sekali. Jenis pupuk yang baik adalah pupuk kandang dari kotoran kambing, karena mengandung banyak zat fosfor didalamnya. Setelah penggunaan pupuk kandang ini, penanam dapat menambahkan pupuk kimia sebagai pupuk tambahan.

  1. Pemangkasan tanaman

Tips agar tanaman kelengkeng berbuah lebat yang ketiga adalah pemangkasan tanaman. Tanaman kelengkeng/lengkeng yang tumbuh besar akan memiliki daun yang banyak dan lebat. Dengan begitu, perlu dilakukan pemangkasan daun ranting yang terlalu banyak. Hal ini dilakukan agar tanaman cukup mendapatkan sinar matahari serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pemangkasan ini akan membuat nutrisi pupuk yang diberikan tidak hanya sampai di daun, tetapi juga bisa di alihkan untuk pertumbuhan pembungaan dan pembuahan.

  1. Penyiraman tanaman

Jangan remehkan tips yang kelima ini, yaitu penyiraman tanaman. Terutama di musim kemarau, tanaman kelengkeng/lengkeng memerlukan asupan air yang cukup. Penyiraman terhadap tanaman kelengkeng/lengkeng ini dapat dilakukan selama 3 kali sehari, dengan volume secukupnya.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan agar tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam mampu menghasilkan buah yang lebat. Dengan tips sederhana diatas, maka pertumbuhan tanaman kelengkeng/lengkeng akan menjadi lebih tertata sehingga memudahkan proses pembuahan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE