Pupuk Yang Biasa Digunakan Untuk Kelengkeng

Pupuk Yang Biasa Digunakan Untuk Kelengkeng

Urbanina.com - Pupuk yang biasa digunakan untuk kelengkeng bisa dikatakan beragam. Karena, pemberian pupuk terhadap tanaman kelengkeng/lengkeng dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tanaman tersebut yang beragam pula. Petani kelengkeng/lengkeng biasanya akan menyiapkan beberapa jenis pupuk yang biasa digunakan untuk kelengkeng. Pemberian pupuk ini harus dilakukan petani dengan dosis yang disesuaikan dengan kebutuhan tanaman yang telah ditentukan, agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik nantinya. Karena pemberian pupuk pada tanaman kelengkeng/lengkeng harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman, maka kali ini Urbanina akan memberikan penjelasan singkat mengenai pupuk yang biasa digunakan untuk kelengkeng agar kebutuhan untuk pertumbuhan tanaman tersebut sdapat terpenuhi dengan baik. pupuk yang biasa digunakan untuk kelengkeng Secara garis besar, dapat dikatakan bahwa setiap pertumbuhan tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam, tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut membutuhkan jenis pupuk yang berbeda. Sehingga, peran petani sangat diperlukan untuk dapat menyesuaikan pupuk yang diberikan terhadap tanaman kelengkeng/lengkeng yang ia tanam. Tanpa basa basi, berikut ini adalah beberapa jenis pupuk yang biasa digunakan untuk kelengkeng :
  1. Pupuk kandang
Pupuk kandang adalah salah satu dari beberapa jenis pupuk yang biasa digunakan untuk tanaman kelengkeng/lengkeng. Dilihat dari fungsinya, pupuk kandang adalah pupuk yang digunakan untuk dapat memberi nutrisi yang dibutuhkan tanaman agar dapat tumbuh besar dengan baik. Berbagai kandungan zat hara yang ada pada pupuk kandang sangat baik untuk diserap tanaman dan menjadi gizi yang dapat mengembangkan jaringan tanaman agar tumbuh dengan baik. Penggunaan pupuk kandang biasanya diberikan langsung setelah bibit kelengkeng/lengkeng ditanam, dengan secara berkala. Petani bisa terlebih dahulu menggali sekeliling pohon kelengkeng/lengkeng sebelum menaburkan pupuk kandang tersebut. Jenis pupuk kandang yang paling baik untuk digunakan pada tanaman kelengkeng/lengkeng adalah pupuk kandang yang berasal dari sisa kotoran kambing.
  1. Pupuk NPK
Pupuk NPK adalah jenis pupuk buatan yang bersifat majemuk, yang mengandung unsur hara utama. Unsur hara utama yang terkandng tersebut adalah nitrogen(N), fosfor(P), dan kalium(K). Selain digunakan untuk tanaman kelengkeng/lengkeng, pupuk NPK ini juga umum digunakan pada tanaman buah lainnya. Pada tanaman kelengkeng/lengkeng, pupuk NPK biasa digunakan ketika tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut telah tumbuh bunga. Fungsinya adalah untuk memberikan nutrisi agar bunga-bunga kelengkeng/lengkeng tersebut dapat tumbuh dengan sempurna. Penggunaan pupuk NPK ini adalah diberikan kepada tanaman secara berkala. Dosis pupuk yang diberikan disesuaikan dengan dosis pada label yang tertera.
  1. Pupuk perangsang pembuahan
Pupuk perangsang pembuahan adalah pupuk tambahan dari kedua jenis pupuk diatas. Sebenarnya pupuk perangsang pembuahan ini pada prakteknya adalah berbentuk obat perangsang pembuahan yang diberikan terhadap tanaman kelengkeng/lengkeng dengan cara yang hampir sama dengan pemberian pupuk. Pemberian pupuk atau obat perangsang pembuahan ini dilakukan terhadap pohon kelengkeng/lengkeng itoh, new kristal dan jenis lainnya agar dapat membuahkan buah kelengkeng/lengkeng. Karena, tanaman jenis kelengkeng/lengkeng tersebut hanya akan dapat berbuah jika mendapatkan obat perangsang pembuahan tersebut. Penggunaan pupuk perangsang pembuahan ini dapat dikatakan hampir sama dengan pemberian pupuk lainnya, yaitu dengan cara menyiramkannya ke akar tanaman. Dosis pupuk perangsang yang diberikan jarus disesuaikan dengan label yang tertera agar dapat berfungsi dengan baik pada tanaman. Sebagai catatan, jika pupuk atau lebih tepatnya obat perangsang pembuahan ini diberikan di musim hujan, petani perlu menutupi tanah sekitar akar tanaman agar obat tersebut tetap terjaga dosisnya. Sebagai catatan juga, bahwa obat perangsang pembuahan ini terdapat beberapa varietas. Ada yang diberikan melalui penyiraman pada akar, ada yang melalui batang tanaman, ada juga yang diberikan melalui daun dengan cara penyemprotan. Jadi, pupuk perangsang pembuahan diatas adalah salah satu contohnya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *