Pupuk Perangsang Buah Lengkeng Bikin Lebat Berbuah

Pupuk Perangsang Buah Lengkeng Bikin Lebat Berbuah

Urbanina.com – Tidak sedikit orang yang tertarik untuk membudidayakan tanaman lengkeng di kebun ataupun di rumah sebagai tabulampot. Namun bagi semua orang menanam tanaman lengkeng tidak selalu mudah. Apalagi untuk yang masih pemula memungkinkan akan mengalami kegagalan karena tanaman ini sulit berbuah. Salah satu cara mensiasatinya adalah dengan penggunaan pupuk perangsang buah lengkeng seperti yang telah dilakukan oleh beberapa pembudidaya tanaman ini.

Memang terdapat beberapa faktor yang membuat tanaman lengkeng  sulit berbuah. Beberapa faktor itu diantaranya adalah asal bibit, kesuburan tanah dan ketinggian tempat. Salah satu cara mengakali tanaman lengkeng yang sulit menghasilkan buah adalah dengan memupuk tanaman tersebut dengan pupuk perangsang buah lengkeng yang dikenal juga dengan nama pupuk booster lengkeng.

Pupuk Perangsang Buah Lengkeng []

Kini sudah banyak tersedia berbagai obat-obat perangsang yang dipasarkan di toko-toko pertanian atau toko tanaman. Malahan saat ini telah ada obat spesial untuk perangsang buah lengkeng yang mandul sekalipun. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir lagi tanaman lengkengnya tidak berbuah, bahkan Anda juga dapat mengatur kapan waktu yang tepat untuk tanaman lengkeng itu berbuah di luar musim.

Salah satu caranya membuat tanaman lengkeng yang tidak berbuah/mandul menjadi terangsang untuk menghasilkan buah adalah dengan mempergunakan pupuk booster lengkeng. Pupuk jenis ini umumnya berbentuk cair dan terbuat dari unsur-unsur makro dan mikro yang cukup lengkap seperti potassium klorat, KNO3, dan asam amino. Bertujuan untuk mempercepat pembungaan tanaman lengkeng tanpa adanya efek samping yang merugikan bagi tanaman.

Selain dengan pupuk booster, Anda pun masih bisa menggunakan pemupukan cara lainnya agar tanaman lengkeng yang dibudidayakan cepat berbuah dan buahnya lebat. Anda dapat mempergunakan berbagai jenis pupuk, pupuk organik dan pupuk non-organik. Pupuk jenis organik sangat mirip dengan pupk kandang (kotoran hewan). Pupuk organik mengandung unsur hara yang baik sekali bagi kesuburan tanah.

Apabila Anda ingin tanaman lengkeng yang berbuah lebat sebaiknya gunakan pupuk organik atau pupuk kandang dari kotoran kambing sebab mengandung banyak unsur fosfor. Pemupukan dilakukan setiap dua minggu sekali. Langkah memupuknya yaitu dengan cara memberikan pupuk tersebut di samping pohon dan jaraknya jangan terlalu dekat. Bulan berikutnya pada pangkal batang semprotkan/taburkan ZPT. Bulan selanjutnya gunakan pupuk NPK secara rutin. Sebelum lengkeng mulai berbunga janganlah lupa untuk melakukan penyiraman secara teratur sebanyak 3 hari sekali sampai jenuh.

Cara kerja dari pupuk perangsang buah lengkeng supaya dapat berbuah lebih cepat dan lebih lebat sebenarnya nyaris sama dengan pupuk-pupuk pada umumnya, yaitu merangsang terhadap pertumbuhan bunga dan buah dari tanaman itu. Dengan mempergunakan jenis pupuk ini, maka diharapkan tanaman yang Anda budidayakan akan mampu menghasilkan buah yang lebih banyak daripada biasanya dan buahnya pun memiliki rasa yang cenderung lebih manis.

 

 

 

 

 

8 Comments

  1. terimakasih atas tulisan nya, sangat bermanfaat,
    saran mohon untuk informasi tempat pembelian bibit agar di cantumkan juga.

  2. slamat sore admin,

    saya punya tanaman lengkeng sudah sekitar 5 tahun dengan tinggi sekitar 3 meter,
    daun sangat lebat dan subur.

    tapi sampe sekarang masih belum berbuah.

    bagaimana supaya bisa segera berbuah,
    pupuk apa yang bisa digunakan ??

    trima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *