Pupuk Perangsang Buah Kelengkeng Untuk Kelengkeng Itoh

Urbanina.com – Pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng memang menjadi suatu kebutuhan bagi mereka yang memiliki tanaman buah kelengkeng/lengkeng di perkarangannya. Karena, pupuk perangsang buah tersebut merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan tanaman kelengkeng/lengkeng agar dapat menghasilkan dompolan buah. Bahkan dapat dikatakan bahwa tanaman kelengkeng/lengkeng tidak memiliki kemampuan untuk berbuah apabila tidak dibantu dengan pemberian pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut. Salah satu jenis kelengkeng/lengkeng yang membutuhkan pupuk perangsang buah adalah jenis kelengkeng/lengkeng itoh. Pupuk perangsang buah kelengkeng untuk kelengkeng itoh memiliki peran yang besar dalam menghasilkan buah kelengkeng/lengkeng itoh yang tebal dengan rasa yang sangat manis kesukaan masyarakat. Kalau bukan karena pupuk perangsang buah kelengkeng untuk kelengkeng itoh tersebut, mungkin petani kelengkeng/lengkeng tidak akan bisa memproduksi buah kelengkeng/lengkeng itoh di Indonesia.

pupuk perangsang buah kelengkeng untuk kelengkeng itoh

Untuk mendapatkan pupuk perangsang buah kelengkeng untuk kelengkeng itoh, saat ini petani dapat dengan mudah membeli pupuk tersebut di toko pertanian terdekat. Setelah membeli pupuk perangsang buah dari gerai atau toko pertanian, petani tinggal mengaplikasikannya ke tanaman kelengkeng/lengkeng yang dimiliki di kebunnya. Apabila petani tidak dapat membeli pupuk perangsang buah tersebut di toko pertanian karena jaraknya yang jauh dari rumah, saat ini telah banyak toko online yang menjual produk pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut sehingga dapat dibeli oleh para petani.

Namun, meskipun pupuk perangsang buah kelengkeng untuk kelengkeng itoh tersebut dapat dibeli dengan mudah di toko pertanian, petani juga harus memperhatikan beberapa hal tertetu ketika ingin mengaplikasikan pupuk tersebut untuk tanaman kelengekeng yang dimilikinya. Karena, meskipun pemberian atau pengaplikasian pupuk perangsang buah tersebut terlihat mudah tetapi sebenarnya ada aturan-aturan tertentu agar pemberian pupuk perangsang tersebut menghasilkan hasil yang positif.

Apabila pemberian pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng itoh dapati berlangsung sesuai aturan atau prosedur, maka uang yang dibelanjakan untuk membeli pupuk perangsang buah tersebut tidak akan terbuang sia-sia. Karena, keberhasilan pemberian pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng itoh akan membuat tanaman kelengkeng/lengkeng itoh dapat segera berbuah sehingga juga dapat segera dipanen oleh petani atau pemiliki tanaman tersebut.

Tanaman kelengkeng/lengkeng itoh yang telah diberi pupu perangsang buah akan segera bereaksi positif apabila pemberian pupuk tersebut berhasil. Inilah pentingnya mematuhi aturan atau prosedur pemberian pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng itoh tersebut yaitu dapat mempengaruhi tanaman yang diberikan. Reaksi positif yang diberikan tanaman kelengkeng/lengkeng itoh setelah diberi pupuk perangsang buah tidak lain dan tidak bukan adalah dengan segera berbuah. Namun, proses dari tidak berbuah sampai dapat berbuah tersebut harus melewati proses yang cukup panjang.

Sebelum dapat berbuah, tanaman kelengkeng/lengkeng itoh terlebih dahulu akan terlihat reaksi positifnya setelah berusia sekitar 40 hari setelah pemberian pupuk perangsang buah. Pada usia tersebut, tanaman kelengkeng/lengkeng itoh tersebut akan mulai tumbuh bunga kelengkeng/lengkeng yang tumbuh di ujung tangkai atau ujung ranting pohon. Bunga yang dihasilkan bisa saja terjadi pada umur yang lebih tua dari umur diatas, namun apabila pada usia 2 bulan setelah pemberian pupuk perangsang buah tanaman masih belum berbuah, dapat dipastikan bahwa pemberian pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut berakhir dengan kegagalan.

Selanjutnya, setelah bunga kelengkeng/lengkengnya tumbuh, bungan tersebut akan terus tumbuh hingga akhirnya berubah menjadi buah kelengkeng/lengkeng. Untuk tanaman kelengkeng/lengkeng itoh sendiri, dompolan buah kelengkeng/lengkeng itoh akan dapat dipanen ketika tanaman kelengkeng/lengkeng itoh tersebut telah berumur 4-5 bulan setelah pemberian pupuk perangsang buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE