Perbedaan Kelengkeng Itoh Dan New Cristal Yang Wajib Anda Tahu

Urbanina.com – Mengkonsumsi buah merupakan salah satu hal yang dianjurkan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Seperti semboyan dalam pola makan yang terkenal sejak dahulu, “Empat sehat, lima sempurna”. Buah diperlukan tubuh karena banyak mengandung berbagai vitamin yang salah satunya berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh. Salah satu buah yang dapat dikonsumsi adalah kelengkeng/lengkeng. Kelengkeng/lengkeng sendiri memiliki setidaknya dua jenis atau varian yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Dua jenis kelengkeng/lengkeng yang dapat dikonsumsi tersebut adalah kelengkeng/lengkeng itoh dan kelengkeng/lengkeng new cristal. Meskipun sama-sama jenis kelengkeng/lengkeng yang disukai masyarakat, terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya. Ada beberapa perbedaan kelengkeng itoh dan new cristal yang wajib anda tahu.

perbedaan kelengkeng itoh dan new cristal yang wajib anda tahu

Baik kelengkeng/lengkeng itoh maupun kelengkeng/lengkeng new cristal adalah jenis kelengkeng/lengkeng yang sama-sama dapat menjaga kesehatan tubuh. Lalu, apa saja hal-hal yang membedakan diantara keduanya? Berikut ini pembahasan Urbanina tentang perbedaan kelengkeng itoh dan new cristal yang wajib anda tahu.

  1. Asal usul jenis kelengkeng/lengkeng tersebut

Baik kelengkeng/lengkeng itoh maupun kelengkeng/lengkeng new cristal keduanya memiliki rasa yang sama-sama disukai masyarakat. Namun, sejarah yang berbeda diantara keduanya menjadi salah satu perbedaan kelengkeng itoh dan new cristal yang wajib anda tahu. Secara garis besar, asal mula jenis kelengkeng/lengkeng itoh ini muncul lebih awal dibandingkan dengan kelengkeng/lengkeng new cristal. Seperti yang diketahui, bahwa kelengkeng/lengkeng itoh merupakan salah satu varian kelengkeng/lengkeng yang berasal dari perkawinan silang antara kelengkeng/lengkeng unggul diamond river dengan jenis kelengkeng/lengkeng unggul dari thailand. Sedangkan, kelengkeng/lengkeng new cristal adalah perbaikan dari jenis kelengkeng/lengkeng itoh tersebut. Sehingga, sebelum kelengkeng/lengkeng new cristal ini muncul dan dikenal petani, sudah terlebih dahulu muncul jenis kelengkeng/lengkeng itoh tersebut.

  1. Ukuran biji yang berbeda

Buah kelengkeng/lengkeng adalah jenis buah yang bijinya terletak ditengah-tengah daging buah kelengkeng/lengkeng itu sendiri. Dari jenis kelengkeng/lengkeng itoh dan kelengkeng/lengkeng new cristal tersebut, terdapat perbedaan yang terletak pada bijinya. Jika diamati dengan seksama, biji yang dihasilkan jenis kelengkeng/lengkeng new cristal bisa lebih kecil dari pada biji kelengkeng/lengkeng itoh. Seperti yang disebutkan diatas bahwa kelengkeng/lengkeng new cristal ini adalah perbaikan kelengkeng/lengkeng itoh, dan salah satu perbaikannya adalah dengan memiliki biji yang lebih kecil.

  1. Masa siap berbuah yang berbeda

Perbedaan yang ketiga ini sebenarnya lebih diutamakan agar diketahui oleh petani kelengkeng/lengkeng, yaitu tentang perbedaan masa berbuah tanaman kelengkeng/lengkeng. Bila petani mencoba menanam tanaman kelengkeng/lengkeng itoh didataran rendah, ia akan dapat membuahkan tanaman tersebut apabila sudah berusia 2,5 tahun. Di usia tersebut, sudah terlihat kesiapan tanaman untuk dibuahkan yang ditandai dengan usia pucuk daun yang sudah setengah tua. Namun, hal ini berbeda dengan tanaman kelengkeng/lengkeng new cristal. Jenis kelengkeng/lengkeng new cristal ini dipercaya dapat berbuah dengan masa pertumbuhan yang lebih singkat dibandingkan dengan jenis kelengkeng/lengkeng itoh. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa tanaman kelengkeng/lengkeng new cristal ini sudah dapat belajar dibuahkan ketika usia tanaman tersebut baru berumur 1,5 tahun.

  1. Harga buah di pasaran yang berbeda

Perbedaan kelengkeng itoh dan new cristal yang wajib anda tahu, yang keempat adalah harga buah di pasaran yang berbeda. Jenis kelengkeng/lengkeng itoh memiliki harga buah di pasaran yang berkisar di angka Rp 30.000 per kg. Sedangkan, jenis kelengkeng/lengkeng new cristal dapat dijual dipasaran dengan harga yang mencapai Rp 40.000 per kg.

Demikian adalah beberapa perbedaan antara kelengkeng/lengkeng itoh dan new cristal yang bisa kami bahas pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *