Perbedaan Kelengkeng Itoh Dan Lengkeng Pingpong Yang Wajib Anda Tahu

Urbanina.com - Perbedaan kelengkeng itoh dan lengkeng pingpong biasanya baru bisa dicermati seseorang jika sudah pernah mencicipi kedua jenis kelengkeng/lengkeng ini. Karena, setiap orang yang mencicipi kedua jenis kelengken yang berbeda ini pasti akan bertanya-tanya, “Kenapa kelengkeng/lengkeng yang ini ukurannya hanya sekecil ini?”. Sambil menikmati manisnya kelengkeng/lengkeng, Ibunya yang kebetulan membeli kelengkeng/lengkeng tersebut kemudian menenangkan anaknya yang bertanya dengan menjelaskan, bahwa meskipun buahnya berukuran kecil, tetapi daging buah kelengkeng/lengkeng yang ada didalamnya lumayan tebal. Jenis kelengkeng/lengkeng yang dimakan ibu dan anaknya diatas adalah jenis kelengkeng/lengkeng itoh, yang ukuran buahnya jauh lebih kecil dari ukuran jenis kelenekgn pingpong. Lalu, apa saja perbedaan yang membedakan antara kedua jenis kelengkeng/lengkeng tersebut? Berikut penjelasannya dari Urbanina. perbedaan kelengkeng itoh dan lengkeng pingpong Perbedaan kelengkeng itoh dan lengkeng pingpong dapat diketahui dari beberapa hal, salah satunya adalah dari ukuran buahnya seperti yang diilustrasikan diatas. Adapun beberapa hal yang menjadi perbedaan kelengkeng itoh dan lengkeng pingpong diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Perbedaan pada ukuran buahnya
Perbedaan kelengkeng itoh dan lengkeng pingpong yang pertama terletak pada ukurannya. Ukuran buah kelengkeng/lengkeng itoh hanya sebesar buah kelengkeng/lengkeng pada umunya, sedangkan kelengkeng/lengkeng pingpong memiliki ukuran yang lebih besar yaitu sebesar bola pingpong. Ukuran buah kelengkeng/lengkeng pingpong yang sebesar bola pingpong inilah yang membuat petani menamai jenis kelengkeng/lengkeng ini bernama kelengkeng/lengkeng pingpong. Untuk memudahkan pengucapan, terkadang ada juga petani yang menyebut kelengkeng/lengkeng yang sebesar bola pingpong ini dengan sebutan kelengkeng/lengkeng “pimpong”.
  1. Perbedaan pada ukuran daging buah dan bijinya
Kurang puas dengan mengetahui satu perbedaan, masih ada perbedaan yang kedua, yaitu yang terletak pada ukuran daging dan biji. Daging buah dan biji tersebut tidak bisa dipisahkan karena berada di tempat yang bersamaan. Langsung saja, perbedaan ukuran daging buah terletak pada tebal tipisnya, sedangkan ukuran biji terletak pada besar kecilnya. Kelengkeng/lengkeng itoh memiliki ukuran daging buah yang tebal, namun ukuran bijinya kecil. Sebaliknya, Kelengkeng/lengkeng pingpong memiliki ukuran daging buah yang tipis, namun ukuran bijinya besar. Namun, daging tipis yang ada pada kelengkeng/lengkeng pingpong telah diimbangi dengan ukuran buahnya yang besar, sehingga dagingnya tidak terlalu sedikit.
  1. Perbedaan pada kadar air didalam buahnya
Perbedaan yang ketiga terletak pada kadar air didalam buah yang ada pada kedua jenis kelengkeng/lengkeng ini. Dapat dikatakan bahwa daging kelengkeng/lengkeng itoh memiliki sifat kering atau tidak berair. Sedangkan daging buah kelengkeng/lengkeng pingpong memiliki kadar air yang jumlahnya sedikit saja. Kadar air yang sedikit pada kelengkeng/lengkeng pingpong ini akan kelihatan ketika kulit kelengkeng/lengkeng pingpong telah dikelupas.
  1. Perbedaan pada tingkat rasa manisnya
Perbedaan yang keempat terletak pada rasa manis yang disajikan kedua jenis kelengkeng/lengkeng ini. Salah satu cara membuktikan rasa kedua jenis kelengkeng/lengkeng ini adalah dengan mencobanya langsung. Namun, berdasarkan pengalaman dari orang lain, dikemukakan bahwa rasa manis pada buah kelengkeng/lengkeng itoh adalah lebih manis dari pada kelengkeng/lengkeng pingpong. Sehingga dapat dikatakan bahwa kelengkeng/lengkeng itoh memiliki rasa manis sekali, sedangkan kelengkeng/lengkeng pingpong memiliki rasa manis saja.
  1. Perbedaan pada daunnya
Bagi seorang petani kelengkeng/lengkeng, tentu sudah tahu tentang perbedaan yang kelima yang terletak pada daunnya. Jika dilihat perbedaannya, pohon kelengkeng/lengkeng pingpong memiliki daun yang berbentujk keriting, menjulang keatas, dan terbalik. Sedangkan pohon kelengkeng/lengkeng itoh memiliki daun yang tidak keriting, berbeda dengan daun pohon kelengkeng/lengkeng pingpong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *