Pemupukan Tabulampot Kelengkeng Yang Baik

Pemupukan Tabulampot Kelengkeng Yang Baik

Urbanina.com – Tabulampot kelengkeng/lengkeng yang baik adalah yang mendapatkan perawatan yang baik pula. Perawatan yang baik tersebut tentu datang dari pemilik tabulampot kelengkeng/lengkeng itu sendiri. Perawatan yang baik akan lebih menjamin kualitas pertumbuhan tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut sehingga dapat berbuah lebat pada saat tiba waktunya. Dan salah satu upaya perawatan tabulampot kelengkeng/lengkeng adalah upaya pemupukan tanaman. Upaya pemupukan tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata sehingga dilakukan semaunya sendiri. Tetapi, pemupukan harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan agar memiliki efek yang baik terhadap pertumbuhan tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut. Dan berkaitan dengan prosedur pemupukan, kali ini Urbanina akan membahas mengenai pemupukan tabulampot kelengkeng yang baik.

pemupukan tabulampot kelengkeng yang baik

Pada pembahasan kali ini, kami akan membagi beberapa tahapan pemupukan tabulampot kelengkeng yang baik berdasarkan jenis pupuk yang diberikan. Seperti yang ditekankan diatas, bahwa pemberian pupuk harus dilakukan sesuai prosedur yang benar. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah tahapan pemupukan tabulampot kelengkeng yang baik yang dibagi berdasarkan jenis pupuk yang digunakan.

  1. Memupuk dengan pupuk kandang yang dicampur media tanam

Memupuk dengan pupuk kandang yang dicampur media tanam adalah tahapan yang paling awal dalam upaya pemupukan tabulampot kelengkeng/lengkeng. Upaya pemupukan tahap ini bahkan dilakukan sebelum bibit tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut ditancapkan atau ditanam. Karena, tahapan pemupukan ini bersamaan dengan persiapan media tanam diawal penanaman tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut. Seperti yang diketahui, bahwa media tanam yang digunakan untuk tabulampot kelengkeng/lengkeng ini adalah campuran dari tanah dan pupuk kandang yang dicampur dengan perbangingan 3:1.

Pemupukan pada tahapan yang pertama ini biasanya tidak akan dilupakan oleh para pembuat tabulampot. Karena dilakukan sekalian dengan tahapan penanaman lainnya seperti menyiapkan pot dan sebagainya, biasanya orang cukup bersemangat dan tidak takut kotor. Cara pemupukan dengan pupuk kandang yang dicampur media tanam ini sendiri dilakukan dengan cara yang sama seperti penyiapan media tanam. Yaitu dengan menyiapkan media tanam berupa tanah yang kemudian dicampur pupuk kandang dengan perbandingan tanah dan pupuk kandang adalah 3:1. Dan pemupukan dengan bahan ini hanya dilakukan sekali ketika menyiapkan media tanam saja.

  1. Memupuk dengan pupuk kandang

Tahapan kedua pada pemupukan tabulampot kelengkeng yang baik ini tentu berbeda dengan tahapan yang pertama. Kalau pada tahapan yang pertama pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang yang dicamput media tanam, maka tahapan yang kedua ini hanya menggunakan pupuk kandang saja.

Pemupukan dengan pupuk kandang dilakukan ketika tanaman sudah mulai tumbuh. Tujuan pemupukan ini adalah untuk mengganti pupuk yang diberikan pada tahapan pertama diatas. Pemupukan tahap ini dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali. Adapun pupuk kandang yang disarankan untuk tahapan pemupukan yang kedua ini adalah pupuk kandang dari sisa kotoran kambing. Karena, sisa kotoran kambing tersebut memiliki banyak zat hara yang mendukung pertumbuhan tabulampot kelengkeng/lengkeng.

Cara pemberian pupuk kandang pada tahapan ini dilakukan dengan terlebih dahulu mengambil sebagian media tanam yang ada didalam pot. Baru kemudian pupuk kandang dimasukkan secukupnya, lalu ditutup kembali menggunakan media tanam berupa tanah.

  1. Memupuk dengan pupuk NPK

Pemupukan dengan pupuk NPK adalah jenis pemupukan yang termasuk di tahapan ketiga dalam daftar ini. Pupuk NPK adalah pupuk kimia yang banyak dijual di toko pertanian. Sebenarnya penggunaan pupuk NPK hanya dipelukan ketika sangat dibutuhkan saja. Misalnya ketika tabulampot kelengkeng/lengkeng sudah berbunga, untuk membuat bunga tersebut tumbuh sehat dapat digunakan pupuk NPK tersebut sebagai pupuk yang diberikan. Jadi, jenis pupuk yang lebih diperlukan tabulampot kelengkeng/lengkeng adalah pupuk kandang yang dicampur media tanam yang diberikan diawal penanam, dan pupuk kandang yang diberikan setiap 3 bulan sekali tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *