Peluang Bisnis Tabulampot Kelengkeng

Peluang Bisnis Tabulampot Kelengkeng

Urbanina.com – Bisnis kelengkeng/lengkeng menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan di Indonesia. Mengapa? Karena buah kelengkeng/lengkeng adalah salah satu jenis buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan aromanya yang khas adalah salah satu daya tarik buah yang satu ini yang tidak tergantikan. Sehingga, penjualan buah kelengkeng/lengkeng tersebut akan dapat dilakukan dengan lebih mudah dari pada jenis buah yang lainnya. Akhir-akhir ini, ada ide untuk berbisnis kelengkeng/lengkeng yang dilakukan melalui tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam ditanam pot. Ide ini tentu tidak lepas dari keunggulan bercocok tanam menggunakan pot yang memiliki banyak keunggulan semisal pertumbuhan tanaman yang lebih cepat. Untuk melihat lebih lanjut tentang peluang bisnis tabulampot kelengkeng tersebut, dapat disimak melalui paragraf berikut ini.

peluang bisnis tabulampot kelengkeng

Tabulampot (tanaman buah didalam pot) memang menjadi salah satu trend yang terus berkembang dan disukai oleh banyak orang. Apalagi dengan banyaknya jenis buah yang dapat ditanam didalam pot tersebut, seperti jambu air, pepaya, kelengkeng/lengkeng dan lain-lain. Selain banyaknya jenis buah yang dapat ditanam secara tabulampot, juga terdapat banyak pengembangan yang dilakukan terhadap tabulampot tersebut. Salah satu pengembangan yang dapat dipraktekan di tabulampot tersebut adalah dengan bebisnis melalui tabulampot. Termasuk pada tabulampot kelengkeng/lengkeng ini, besarnya peluang bisnis tabulampot kelengkeng dapat dijadikan salah satu pilihan bisnis bagi mereka yang ingin melakukannya. Adapun peluang bisnis tabulampot kelengkeng ini dapat dilihat dari beberapa faktor berikut ini.

  1. Tidak dibutuhkan lahan yang khusus

Tanaman kelengkeng/lengkeng yang hidup didalam pot tentu hidup di media tanam yang sudah disiapkan khusus oleh penanam itu sendiri. Sehingga, penanam tidak perlu lagi menyiapkan lahan khusus yang digunakan untuk tabulampot miliknya tersebut. Yang diperlukan petani kelengkeng/lengkeng ketika menumbuhkan tabulampot kelengkeng/lengkeng miliknya hanyalah dengan memberikan media tanam yang tepat yang sesuai untuk menumbuhkan tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut.

Dengan dibebaskannya pemilihan lahan, maka siapapun yang memiliki lahan dengan kualitas apapun, memiliki peluang yang sama dalam melakukan bisnis tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut. Mungkin yang perlu diingat adalah bahwa tabulampot kelengkeng/lengkeng membutuhkan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Sehingga, ketika petani tabulampot kelengkeng/lengkeng tidak perlu menyiapkan lahan yang khusus, tetapi dia harus menyiapkan lingkungan yang sesuai untuk menumbuhkan tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut.

  1. Mudah perawatannya

Orang yang melakukan bisnis tentu mengharapkan bahwa mereka cukup melakukan usaha yang sekecil-kecilnya tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Hal ini tentu dapat dipraktekan dalam bisnis tabulampot kelengkeng/lengkeng ini. Karena, tabulampot kelengkeng/lengkeng dapat dikatakan memiliki perawatan yang mudah tetapi dapat menghasilkan hasil panen yang banyak. Oleh sebab itu peluang bisnis tabulampot kelengkeng ini dapat dikatakan cukup besar.

Perawatan yang mudah ini dapat dilihat dari fisik tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut. Tanaman yang akarnya hanya dapat menjangkau media tanam yang didalam pot saja memudahkan petani dalam merawat tanamannya tersebut. Karena, sumber pertumbuhan tanaman seperti air dan pupuk dapat difokuskan untuk diberikan di media tanam yang adal didalam pot tersebut. Dan perawatan yang dilakukan menjadi lebih efektif.

  1. Buah kelengkeng/lengkeng memiliki pasar yang luas

Hal ini dapat dilihat dari perkembangan pemasaran buah kelengkeng/lengkeng yang ada di Indonesia ini. Statistik menunjukkan bahwa impor buah kelengkeng/lengkeng yang dilakukan pemerintah Indonesia masih lebih banyak dari pada produksi buah kelengkeng/lengkeng didalam negeri. Dengan demikian, buah kelengkeng/lengkeng yang diproduksi dari tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut akan sangat disambut baik oleh du pihak sekaligus sehingga pemasarannya lebih mudah. Pihak pertama yang menyambut baik tentu adalah masyarakat atau pecinta buah kelengkeng/lengkeng. Sedangkan pihak kedua yang menyambut baik adalah pemerintah, karena dengan meningkatnya produksi buah kelengkeng/lengkeng dalam negeri, dapat mengurangi jumlah impor yang dilakukan sehingga dapat menghemat devisa negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *