Cara Menanam Kelengkeng Di Pot Atau Tabulampot

Urbanina.com – Tidak sedikit orang yang gemar menanam kelengkeng di pot, yang kemudian dijadikan tanaman hias di sekitar rumah meraka. Dengan menanam kelengkeng di pot, orang akan mendapatkan dua manfaat sekaligus dari satu usaha yang dilakukan. Selain memiliki tanaman hias di sekitar rumah, pemilik tanaman kelengkeng/lengkeng di dalam pot sekaligus dapat menikmati buah kelengkeng/lengkeng ketika berbuah nantinya. Namun, terkadang masih detemui orang-orang yang bertanya, “bagaimana kalau pot yang dipakai tidak kuat menahan beban tanaman lengkeng yang dapat tumbuh tinggi sampai 10 meter?”, “bagaimana cara yang tepat untuk dapat menanam kelengkeng di pot?”. Oleh karena itu, kali ini Urbanina akan membahasa secara ringkas tentang cara menanam kelengkeng di pot agar dapat tumbuh dan berbuah dengan baik.

menanam kelengkeng di pot

Kelengkeng/lengkeng yang ditanam didalam pot dapat dikendalikan pertumbuhan tingginya, sehingga ketingginan tanaman dapat ditentukan sendiri agar tidak menjulang tinggi sampai 10 meter. Sehingga, penanam bisa yakin bahwa pot yang telah disiapkan akan mampu menampung berat tanaman kelengkeng/lengkeng yang tumbuh. Sehingga, tanaman kelengkeng/lengkeng ini dapat dikategorikan sebagai Tabulampot (Tanaman Buah Didalam Pot). Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah cara menanam kelengkeng/lengkeng di dalam pot.

  1. Persiapan pot yang layak

Langkah pertama untuk menanam kelengkeng/lengkeng didalam pot adalah dengan mempersiapkan pot yang layak. Pot yang layak ini adalah pot yang memiliki diameter minimal 50 cm, memiliki daya tahan yang bagus, serta terdapat lubang didasar pot. Sebagai gambaran, pot dapat menggunakan drum bekas yang dibawahnya dibuat 6 lubang kecil-kecil. Adanya lubang dibawah pot dimaksudkan agar tanaman nantinya terhindar dari genangan air yang terlalu banyak.

  1. Persiapan media tanam yang sesuai

Media tanam yang sesuai untuk tanaman kelengkeng/lengkeng didalam pot adalah media yang dapat memberi nutrisi yang dibutuhkan tanaman kelengkeng/lengkeng. Misalnya campuran dari tanah, pupuk kandang, dan pasir, yang semua dicampur dengan perbandingan 1:1:1.

  1. Langkah penanaman

Langkah penanaman dapat dilakukan dengan sederhana saja. Asalkan penanam telah mempunyai bibit kelengkeng/lengkeng yang bagus atau dengan kata lain bibit kelengkeng/lengkeng unggul, bibit tersebut dapat langsung diletakkan di tengah-tengah pot, kemudian media tanam dimasukkan juga kedalam pot sehingga akar bibit kelengkeng/lengkeng tidak kelihatan lagi.

  1. Langkah perawatan

Perawatan tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam didalam pot adalah salah satu langkah yang dilakukan secara terus-menerus selama tanaman kelengkeng/lengkeng tumbuh dan tidak boleh dilewatkan oleh penanam. Sehingga, langkah ini beragam dan memerlukan kecermatan ng tinggi. Langkah perawatan ini terdiri dari … hal yang dijelaskan satu persatu sebagai berikut.

Pertama, proses penyiraman. Tanaman kelengkeng/lengkeng yang berada tidak dapat mencari air sendiri karena akarnya tidak dapat menjalar keluar dari pot. Maka dari itu, penyiraman dibutuhkan supaya kebutuhan air terpenuhi dan kelembaban tanaman terjaga.

Kedua, proses penyediaan sinar matahari. Selain membutuhkan air, tanaman kelengkeng/lengkeng yang berada di dalam pot juga membutuhkan sinar matahari yang cukup. Karena, sinar matahari sangat berperan bagi tanaman untuk melangsungkan proses fotosintesis dengan optimal. Penanam disarankan untuk merawat tanaman kelengkeng/lengkeng di pot dengan memberikan ruang yang cukup agar tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup minimal selama 5 jam per hari.

Ketiga, proses pemangkasan. Tanaman kelengkeng/lengkeng dapat tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 10 meter. Namun, untuk menghindari hal itu, penanam kelengkeng/lengkeng didalam pot dapat melakukan pemangkasan terhadap ranting pohon yang menjulang tinggi sehingga tajuk tanaman kelengkeng/lengkeng dapat tumbuh dengan rapi dan rindang serta terhindar dari pertumbuhan tanaman kelengkeng/lengkeng yang terlalu tinggi.

Itulah cara menanam kelengkeng/lengkeng didalam pot yang dapat kami tulis. Tanaman kelengkeng/lengkeng yang tumbuh didalam pot ini dapat dibuahkan dengan cara yang sama dengan tanaman kelengkeng/lengkeng yang tumbuh di kebun, yaitu dengan diberikan obat perangsang pembuahan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *