Media Tanam Yang Digunakan Dalam Menanam Lengkeng Itoh Super

Media Tanam Yang Digunakan Dalam Menanam Lengkeng Itoh Super

Urbanina.com – Kelengkeng/lengkeng itoh super adalah sebutan yang diberikan kepada jenis kelengkeng/lengkeng varietas baru. Penyebutan kelengkeng/lengkeng itoh super sendiri bukannya tanpa alasan. Tetapi, kelengkeng/lengkeng itoh tersebut diberi sebutan super dibelakang namanya dikarenakan oleh kualitas buah dan tanaman yang memang super. Dari buahnya, orang dapat menikmati rasa khas yang sangat manis, yang lebih manis dari jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah lainnya. Dan dari tanaman atau pohonnya, petani dapat menghasilkan hasil panen dengan dompolan yang banyak di setip pohonnya. Pemilihan tempat sebagai media tanam tanaman ini juga tidak terlalu sulit. Lalu, seperti apa media tanam yang digunakan dalam menanam lengkeng itoh super ini? berikut penjelasannya dari Urbanina.

media tanam yang digunakan dalam menanam lengkeng itoh super

Media tanam yang digunakan dalam menanam lengkeng itoh super memang tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Karena, tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super ini sudah bisa ditumbuhkan dengan menggunakan media berupa tanah yang memenuhi 3 (tiga) syarat. Adapun 3 (tiga) syarat tanah yang dapat menumbuhkan tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super tersebut diantaranya adalah tanah yang memiliki pH 5-6 yang subur, tidak mengandung hama, serta memiliki drainase yang baik.

Untuk mendapatkan tanah yang memiliki pH 5-6 yang subur, tanah tersebut cukup bisa didapat dengan menggemburkan tanah dan menambahkan zat organik. Oleh sebab itu, penanam diharuskan memupuk tanaman kelengkeng/lengkeng yang ia tanam, karena salah satunya adalah untuk membentuk unsur tanah yang subur tersebut. Dan tanah yang subur tersebut adalah media tanam yang digunakan dalam menanam lengkeng itoh super.

Kemudian, perawatan yang dilakukan petani seperti penggemburan tanah merupakan salah satu upaya yang dapat menghindarkan tanaman kelengkeng/lengkeng dari hama tanah serta melancarkan drainase. Drainase yang baik untuk tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super ditandai dengan air yang tidak menggenang di musim hujan, dan tidak kekurangan air ketika di musim kemarau.

Itulah tiga syarat tanah yang dapat digunakan sebagai media tanam untuk menumbuhkan kelengkeng/lengkeng itoh super. Bagi petani yang memilih menggunakan pot untuk menumbuhkan tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super, mereka dapat menggunakan beberapa alternatif media tanam yang dapat digunakan dalam menanam lengkeng ioth super sebagai berikut.

  1. Tanah dicampur pasir

Tanah liat yang dicampur dengan pasir dapat menjadi salah satu alternatif yang digunakan sebagai media tanam kelengkeng/lengkeng itoh yang ditumbuhkan didalam pot. Kandungan kedua zat tersebut dapat menjadikan akar tanaman menjadi kokoh. Tetapi, jangan lupa untuk menambahkan pupuk sebagai zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kelengkeng/lengkeng itoh super. Takaran yang disarankan adalah tanah liat dan pasir dengan perbandingan 3:1.

  1. Tanah dicampur pupuk kandang

Tanah yang dicampur dengan pupuk kandang dapat juga digunakan sebagai media tanam kelengkeng/lengkeng itoh super ini. Pupuk kandang yang dicampurkan tersebut dapat menggunakan sisa kotoran kerbau, sapi, kambing atau ayam. Namun, yang disarankan adalah dengan menggunakan sisa kotoran kambing karena banyak mengandung fosfor yang baik untuk tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super ini. Takaran yang disarankan adalah tanah liat dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1.

  1. Tanah dicampur sekam bakar

Tanah yang dicampur dengan sekam bakar juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menumbuhkan kelengkeng/lengkeng itoh didalam pot. Sekam bakar adalah hasil dari jerami yang dibakar. Takaran yang disarankan adalah tanah liat dan sekam bakar dengan perbandingan 3:1.

Itulah penjelasan dari kami tentang media tanam yang digunakan dalam menanam lengkeng itoh super, baik di tanam langsung ke tanah atau yang ditanam didalam pot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *