Keunggulan Kelengkeng Itoh Super

Urbanina.com - Keunggulan kelengkeng itoh super menjadi salah satu daya tarik yang dapat menarik minat petani kelengkeng/lengkeng untuk membudidayakannya. Karena, tidaklah semua jenis kelengkeng/lengkeng dapat dibudidayakan dengan mudah oleh petani. Setiap jenis kelengkeng/lengkeng yang memiliki rasa manis buahnya, dengan daging yang tebal, belum tentu dapat dibudidayakan petani sehingga menghasilkan keuntungan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kelancaran budidaya kelengkeng/lengkeng ini. Apalagi budidaya kelengkeng/lengkeng di Indonesia yang beriklim tropis, tentu dibutuhkan jenis kelengkeng/lengkeng dan cara budidaya yang telah teruji keberhasilannya jika ingin berhasil membudiayakan kelengkeng/lengkeng. Berbagai keunggulan kelengkeng itoh super inilah yang dinilai memberi pengaruh positif ketika dibudidayakan di Indonesia. keunggulan kelengkeng itoh super Sebelum berbicara tentang keunggulan kelengkeng itoh super, ada baiknya jika terlebih dahulu membahas sekilas tentang asal usul jenis kelengkeng/lengkeng yang satu ini. Nama kelengkeng/lengkeng itoh super adalah sebutan yang disematkan oleh petani. Jenis kelengkeng/lengkeng ini berasal dari pesilangan antara kelengkeng/lengkeng jenis diamond river dengan kelengkeng/lengkeng yang berasal dari Thailand. Sehingga, menjadikan jenis kelengkeng/lengkeng dengan karakteristik baru yang dinamai petani dengan kelengkeng/lengkeng jenis itoh super. Setelah mengetahui asal-mula kelengkeng/lengkeng itoh super tersebut, berikut kami tulis beberapa keunggulan kelengkeng itoh super yang perlu diketahui.
  1. Memiliki buah yang rasanya sangat manis
Buah kelengkeng/lengkeng identik dengan rasa yang manis, tidak terkecuali pada kelengkeng/lengkeng itoh super ini. Bahkan dapat dikatakan bahwa kelengkeng/lengkeng itoh super ini memiliki rasa yang sangat manis. Hal ini tak lepas dari asal-usul kelengkeng/lengkeng jenis ini yang berasal dari persilangan kelengkeng/lengkeng diamond river dan kelengkeng/lengkeng dari Thailand yang dua-duanya termasuk didalamjenis kelengkeng/lengkeng yang memiliki rasa yang juga manis. Dengan memiliki rasa yang sangat manis, kelengkeng/lengkeng itoh super akan disukai masyarakat dan akan memudahkan petani kelengkeng/lengkeng jika membudidayakan kelengkeng/lengkeng jenis ini.
  1. Memiliki daging buah yang tebal, dan biji yang kecil
Kualitas daging buah kelengkeng/lengkeng itoh super juga termasuk yang terbaik, yaitu dengan daging yang tebal dan biji yang kecil. Masyarakat penikmat buah kelengkeng/lengkeng tentu akan lebih memilih daging buah yang tebal dengan biji yang kecil saat membeli kelengkeng/lengkeng di pasar. Sehingga, masyarakat dapat menikmati kelengkeng/lengkeng dengan daging lebih besar dengan membeli kelengkeng/lengkeng super itoh.
  1. Memiliki daging buah yang tidak berair
Daging yang tidak berair menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki buah kelengkeng/lengkeng itoh super. Karena, dengan daging yang kering ini, kelengkeng/lengkeng itoh super dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa harus khawatir buah tersebut akan busuk. Berbeda dengan buah kelengkeng/lengkeng jenis tertentu yang dagingnya berair, yang berpotensi besar akan busuk ketika disimpan terlalu lama.
  1. Memiliki pohon yang dapat dibuahkan kapanpun
Maksud dari dapat dibuahakan kapanpun diatas adalah bahwa pohon kelengkeng/lengkeng super itoh dapat dibuahkan diluar musim panen. Sehingga, ketika bukan musim panen kelengkeng/lengkeng pun petani dapat membuahkan pohon kelengkeng/lengkeng yang telah ia tanam. Karena, proses pembuahan pohon kelengkeng/lengkeng itoh super ini tak lepas dari peran petani itu sendiri, yaitu petani berperan  memberikan nutrisi atau obat perangsang pembuahan pada pohon kelengkeng/lengkeng itoh super. Dengan pemberian obat atau nutrisi perangsang ini, maka setelah beberapa saat pohon kelengkeng/lengkeng dapat berbunga, lalu berbuah dan kemudian dapat dipanen petani.
  1. Memiliki buah yang melimpah
Pada setiap kali panen, pohon kelengkeng/lengkeng dapat dipanen dengan buah yang melimpah yang tentunya disukai petani. Berdasarkan pengalaman, pada setiap 1 pohon kelengkeng/lengkeng yang dipanen, 1 pohon tersebut dapat menghasilkan panen sebanyak 50-75 kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *