Kesalahan Penggunaan Pupuk Perangsang Buah Kelengkeng

Kesalahan Penggunaan Pupuk Perangsang Buah Kelengkeng

Urbanina.com – Pupuk perangsang pembuahan adalah pupuk yang harus dimiliki bagi mereka yang memiliki tanaman kelengkeng/lengkeng dataran rendah. Apalagi sebagai petani kelengkeng/lengkeng dataran rendah, tentu mereka tidak asing lagi dengan pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut. Namun selain pupuk tersebut memang dibutuhkan, pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut memang memiliki peran penting yang menguntungkan sang pemilik tanaman kelengkeng/lengkeng dataran rendah. Keuntungan tersebut apalagi kalau bukan panen buah kelengkeng/lengkeng yang dapat dinikmati manis buahnya. Karena kegunaannya yang sangat bermanfaat, penggunaan pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut juga membutuhkan ilmu yang perlu dipelajarai. Apabila tanaman tetap tidak dapat berbuah walaupun sudah diberi pupuk perangsang pembuahan, itu berarti ada yang sesuatu yang salah. Dan kesalahan penggunaan pupuk perangsang buah kelengkeng bisa jadi adalah penyebabnya.

kesalahan penggunaan pupuk perangsang buah kelengkeng

Kesalahan penggunaan pupuk perangsang buah kelengkeng tersebut tentu hanya akan menyebabkan kerugian yang dialami sendiri oleh petani atau sang pemiliki tanaman. karena, dia sudah berusaha keras untuk dapat membeli, mempelajari, kemudian memberikan pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut tetapi hasilnya kosong atau zonk. Seolah-olah usahanya selama ini hanyalah sia-sia. Namun meskipun hal tersebut dapat membuat putus asa, sudah sepatutnya bahwa orang tersebut harus mau mengakui kesalannya dalam menggunakan pupuk perangsang buah kelengken gsehingga tanaman gagal berbuah. Dengan mengakui kesalannya tersebut, dia bisa belajar dan bisa kembali mencoba menggunakan pupuk perangsang pembuahan. Percobannya yang kedua tentu dengan menghindari kesalahan penggunaan pupuk perangsang buah kelengkeng yang dia lakukan sebelumnya.

Beberapa kesalah penggunaan pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng yang berpotensi pernah dilakukan oleh petani maupun pemilik tanaman buah tersebut diantaranya ada 3, yaitu :

  1. Salah menentukan waktu pemberian pupuk

Ketiga kesalahan yang berpotensi dilakukan seseorang dalam menggunakan pupuk perangsang pembuahan tersebut akan kami bahas satu-persatu, untuk urutan yang pertama adalah salah dalam menentukan waktu pemberian pupuk. Hal ini wajar dilakukan oleh pemula yang menggunakan pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut. Aturan yang benar mengatakan bahwa tanaman yang siap diberi pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng adalah yang sudah memiliki umur tertentu dengan kondisi pucuk daun berumur setengah tua.

Kesalahan pertama ini lebih baik dihindari dengan cara mematuhi aturan yang ada. Pemberian pupuk perangsang pembuahan sebaiknya didahului dengan mengecek kesiapan tanaman yang dilihat dari umur tanaman dan juga umur pucuk daun.

  1. Salah pemilihan lingkungan

Kesalahan yang berpotensi dilakukan yang nomor dua adalah salah memilih lingkungan untuk tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam. Kesalahan ini berpotensi terjadi bagi mereka yang menanam kelengkeng/lengkeng di pekarangan rumah yang rimbun. Lingkungan yang rumbun justru tidak baik untuk tanaman kelengkeng/lengkeng yang umurnya telah cukup untuk diberi pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut. Karena, tanaman kelengkeng/lengkeng dataran rendah membutuhkan pancaran sinar matahari yang cukup, bukannya lingkungan yang sejuk atau rimbun.

  1. Salah perawatan setelah pemberian pupuk

Dan kesalahan yang berpotensi dilakukan yang ketiga adalah salah dalam merawat tanaman disaat tanaman tersebut telah diberi pupuk perangsang pembuahan. Salah satu ancaman yang besar terhadap tanaman yang baru saja diberi pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng adalah turunnya hujan. Dengan turunnya hujan, maka air hujan akan meresap ke tanah yang sama dengan tanah tampat meresapnya pupuk perangsang buah yang baru saja diberikan. Apabila hal itu terjadi, maka dosis pupuk perangsang buah tersebut terancam pudar. Dan pada akhirnya, tanaman kelengkeng/lengkeng tidak dapat mengolah dengan baik pupuk perangsang buah yang dosisnya pudar tersebut.

Itulah ketiga kesalahan penggunaan pupuk perangsang buah kelengkeng yang berpotensi dilakukan. Oleh karena itu, kewaspadaan untuk menghindari kesalahan-kesalahan diatas sekiranya perlu ditingkatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *