Kelengkeng Super Bikin Ngiler Lihat Hasilnya

Kelengkeng Super Bikin Ngiler Lihat Hasilnya

Urbanina.com – Kelengkeng super banyak diburu oleh para pecinta dan penikmat buah-buahan. Hal ini wajar mengingat kelengkeng jenis ini memang memiliki berbagai keunggulan. Selain karena ukuran buahnya yang  memang super besar juga ditilik keadaan rasa buah, daging buah dan aromanya.

Dari beberapa jenis kelengkeng yang saat ini berhasil dibudidayakan di Indonesia, berikut ini kelengkeng super yang perlu Anda ketahui.

Kelengkeng Pingpong

Kelengkeng Pingpong

Kelengkeng pingpong tergolong ke dalam jenis kelengkeng dataran rendah yang mudah menghasikan buah. Kelengkeng ini tergolong jenis kelengkeng super sebab ukuran buahnya  yang memang super, yakni nyaris seukuran bola pingpong. Disamping harum wangi buahnya, rasanya pun amat manis. Daging buahnya tipis dengan biji besar dan cenderung tidak berarir.

Secara fisik ciri-ciri kelengkeng pingpong ditandai dengan hal-hal berikut:

  • Buah dan biji buahnya berukuran besar, sedangkan daging buahnya tipis.
  • Dompolan buahnya banyak, namun jarang percabangannya sehingga secara keseluruhan jumlah buahnya sedikit untuk setiap pohon.
  • Pucuk pohonnya cenderung untuk terus tumbuh memanjang dengan percabangannya yang jarang. Jika tumbuhnya  dibiarkan  tanpa  dilakukan pemangkasan dan pengikatan dari awal menyebabkan cabangnya akan cenderung menghabiskan  lahan tempat pohon ini diletakkan.
  • Memiliki daun dengan bentuk oval dan melengkung ke bawah berwarna sedikit gelap.

Kelengkeng Itoh

Kelengkeng Itoh

Kelengkeng itoh merupakan jenis kelengkeng yang tak asing lagi untuk penggemar kelengkeng di Tanah Air ini. Dengan rasa buahnya yang nikmat, daging buahnya yang tebal dan bijinya yang terbilang kecil membuat kelengkeng itoh sebagai kelengkeng super. Dibandingkan dengan jenis kelengkeng yang lainnya, kelengkeng itoh kualitasnya termasuk lebih unggul.

Kelengkeng itoh adalah hasil persilangan dari kelengkeng diamond river dengan kelengkeng yang berasal dari Thailand yang dilakukan oleh Bapak Isto di Klaten, Jawa Tengah.  Salah satu ciri khas dari jenis tanaman kelengkeng ini adalah perlunya diadakan perangsangan agar memproduksi banyak buah yang menjadi salah satu keunggulan dari kelengkeng itoh ini.  Kelengkeng itoh dapat hidup dengan baik di daerah dataran rendah dengan kondisi suhunya berkisar 27-32oC. Tanaman kelengkeng itoh dapat tumbuh secara maksimal hingga mencapai lebih dari 500 cm dan keistimewaan lainnya dari tanaman kelengkeng ini yakni dapat ditanam di dalam pot.

Disamping rasanya yang dikenal nikmat, kelengkeng itoh pun mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh disebabkan kelengkeng itoh memiliki kandungan asam tartaric, vitamin A, vitamin B, lemak, protein nabati, glukosa, sukrosa dan senyawa fitokimia kimia lainnya. Senyawa fitokimia adalah zat-zat kimia yanmg dibuat tumbuhan dengan memberikan berbagai manfaat dan khasiat yang berguna untuk tubuh kita.

Kelengkeng Aroma Durian

Kelengkeng Aroma Durian

Kelengkeng aroma durian mempunyai daging yang rasanya merupakan perpaduan antara rasa khas kelengkeng dengan rasa durian yang setengah matang. Demikian pula dengan aroma buahnya. Kelengkeng jenis aroma durian ini dipercaya ada hubungannya dengan jenis kelengkeng pingpong. Dalam kondisi tanaman yang normal, besar buah yang dihasilkan kelengkeng aroma durian nyaris sama besarnya dengan buah dari kelengkeng pingpong. Jenis kelengkeng super ini  memiliki percabangan yang banyak sehingga mudah rimbun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *