Kelengkeng Itoh Super Manis Buahnya Manis Bisnisnya

Urbanina.com – Kelengkeng/lengkeng itoh adalah salah satu jenis kelengkeng/lengkeng yang dapat ditumbuhkan di dataran tinggi. Jenis kelengkeng/lengkeng itoh biasa dijual di pasar untuk memenuhi permintaan pasar. Hal ini tidak mengherankan mengingat jenis kelengkeng/lengkeng ini memiliki rasa yang sangat manis yang disukai masyarakat. Selain memiliki rasa manis, daging didalamnya juga tebal dengan biji yang kecil. Daging kelengkeng/lengkeng jenis ini kering dan tidak begitu berair, sehingga tidak mudah busuk ketika disimpan. Selain memiliki rasa yang super manis, rupanya kelengkeng/lengkeng itoh juga manis bisnisnya. Manis tersebut diartikan dalam arti yang positif, karena bisnis kelengkeng/lengkeng itoh sangat didukung oleh keunggulan jenis kelengkeng/lengkeng ini sebagai berikut.

manis bisnisnya

Kelengkeng/lengkeng itoh rupanya memiliki masa panen yang dapat ditentukan oleh petani yang menanamnya. Tentu ini menjadi keunggulan yang bisa dimanfaatkan petani untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar secara efektif. Kadang-kadang, petani buah harus mendapat keuntungan yang sedikit dikarenakan harga komoditas, ketika harganya menurun karena panen yang banyak. Namun, dengan bertani kelengkeng/lengkeng itoh, petani dapat menentukan kapan pohon kelengkeng/lengkeng yang ia tanam dipanen. Karena, pohon kelengkeng/lengkeng yang ditanam dapat dipanen dengan memberikan nutrisi khusus untuk merangsang pohon agar berbuah. Sehingga, kelengkeng/lengkeng itoh dapat dipanen ketika masa luar panen dan memiliki harga yang cenderung stabil. Inilah salah satu indikator kelengkeng/lengkeng itoh yang manis bisnisnya.

Dalam sekali panen, pohon kelengkeng/lengkeng itoh juga dapat menghasilkan panen yang banyak. Setiap satu pohon kelengkeng/lengkeng, dapat dipanen dan menghasilkan kelengkeng/lengkeng segar sebanyak 50-75 kg. Dengan harga kelengkeng/lengkeng yang stabil atau bahkan menai ketika lengkeng sedang langka, petani tetap dapat memperoleh keuntungan yang ingin diperolehnya. Pemberian nutrisi untuk pohon kelengkeng/lengkeng itoh tersebut dapat dilakukan kira-kira 5,5 bulan sebelum masa panen yang diinginkan petani. Dengan keunggulan ini, selain harus merawat pohon kelengkeng/lengkeng, juga bisa menikmati manis bisnisnya.

Sebelum menikmati manis bisnisnya, petani kelengkeng/lengkeng harus terlebih dahulu bersabar dalam menunggu masa panen pohon kelengkeng/lengkeng yang ia tanam. Karena, pohon kelengkeng/lengkeng itoh hanya akan dapat dipanen ketika sudah berumur 2,5 tahun. Umur ini dihitung dari bibit yang ditanam dengan tinggi 1 meter dan berusia 5 bulan. Walaupun begitu, petani tidak perlu dikhawatirkan tentang pemilihan lahan yang harus di dataran tinggi. Karena, jenis kelengkeng/lengkeng itoh saat ini sudah dapat ditanam di dataran rendah seiring kemajuan teknologi pertanian. Kemajuan teknologi pertanian tersebut layak dikembangkan meskipun masih baru. Dengan bantuan dari sinar matahari, tanaman kelengkeng/lengkeng itoh dapat tumbuh subur di dataran rendah dengan jarak ideal antar pohon kira-kira 6-7 meter.

Meskipun harus bersabar untuk menunggu masa panen, petani kelengkeng/lengkeng itoh tidak akan terlalu direpotkan dengan harus merawat kelengkeng/lengkeng. Karena, perawatan tumbuhnya tanaman kelengkeng/lengkeng ini tergolong mudah dan dapat dilakukan oleh semua petani asal mau belajar. Secara garis besar, perawatan pohon kelengkeng/lengkeng cukup dilakukan diberikan pupuk kambing sebanyak 3 kali dalam setahun dan pupuk pertumbuhan NPK. Selain itu, dengan petani memberikan pasokan air yang cukup di munism kemarau, pohon kelengkeng/lengkeng akan tumbuh dengan cepat. Dan juga, penjagaan tunas baru yang biasa diserang hama dapat dicegah petani dengan salah satunya menyemprotkan insektisida.

Dengan berbagai keunggulan tanaman kelengkeng/lengkeng itoh diatas, tentu kelengkeng/lengkeng itoh adalah salah satu tanaman yang disukai petani. Selain kemudahan dalam bertanam, kelengkeng/lengkeng itoh juga mudah untukdipasarkan. Karena, saat ini masih sedikit pasokan kelengkeng/lengkeng dari dalam negeri dan kebanyakan pasokan kelengkeng/lengkeng adalah dengan mengimpor dari negara asing seperti Thailand atau Vietnam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *