Kelengkeng Itoh Super Berbiji Kecil Tebal Dagingnya

Kelengkeng Itoh Super Berbiji Kecil Tebal Dagingnya

Urbanina.com – Kelengkeng atau Dimocarpus longan dalam bahasa Latinnya adalah tanaman buah-buahan yang asalnya dari daratan Asia Tenggara. Kelengkeng (lengkeng) adalah buah yang mempunyai ciri istimewa yang nyaris mirip dengan buah rambutan pada sisi dagingnya. Ada cukup banyak jenis kelengkeng di Indoesia, salah satunya adalah kelengkeng itoh super.

Kelengkeng itoh adalah kelengkeng hasil dari inovasi Bapak Isto, yakni seorang petani kelengkeng dari Klaten. Varietas klengkeng itoh tersebut memiliki keunggulan pada biji buahnya yang kecil, daging buahnya amat tebal. rasa buahnya manis dan tidak berair (kering).

Kelengkeng Itoh Super

Pada umur 2,5 tahun tanaman kelengkeng itoh super tersebut sudah mampu memproduksi buah kira-kira 25 kg setiap pokoknya. Istimewanya lagi kelengkeng super itoh bisa diatur waktu pembuahannya sehingga tidak bergantung pada musim. Teknik pembuahan kelengkeng itoh super cukup dikocori dengan menggunakan pupuk nongfeng kelengkeng, maka dalam selang waktu cuma 30 hari pohon kelengkeng itoh telah mengeluarkan bunga.

Untuk Anda yang mau membudidayakan kelengkeng itoh super dapat Anda ikuti panduan/tips berikut ini.

  1. Tahap Pemilihan Bibit

Telitilah dalam memilih bibit kelengkeng itoh. Untuk lebih amannya Anda bisa membeli bibit kelengkeng itoh super disini.

  1. Tahap Penanaman

Sesudah Anda mempunyai bibit kelengkeng itoh. Berikutnya yaitu menanamkan bibit kelengkeng itoh itu pada lahan/tanah yang sudah disediakan. Sesungguhnya menanam kelengkeng itoh ini tidak sulit dan sama saja seperti halnya menanam jenis tanaman kelengkeng lainnya. Anda pun dapat menanamnya dalam pot (tabulampot).

Untuk bertanam kelengkeng itoh buatlah lubang tanam yang disesuaikan dengan jarak tanamnya, yaitu kira-kira 6 x 6 meter. Buatlah lubang tanam yang sesuai dengan ukuran bibit. Bila tinggi bibitnya kira-kira satu meter berarti ukurannya adalah 1 x 1 x 1 meter. Sesudah lubang tanam selesai dibuatkan diteruskan dengan menaburkan pupuk kompos sebanyak sekitar 60 kg/lubang tanam kemudian ditutup kembali lubang itu menggunakan tanah. Diamkan hingga 5-6 hari. Sesudah 5-6 hari lantas aduk-aduk kembali pupuk dan tanah itu. Biarkan lagi selama sehari dan lubang tanam tersebut dapat segera ditanami bibit lengkeng itoh super.

  1. Tahap Perawatan

Anda mesti merawatnya supaya tanaman kelengkeng bisa tumbuh optimal. Lakukanlah penyiraman teratur bila keadaan tanah kering. Untuk tahap pemupukan dapat digunakan 2 jenis pupuk, yaitu pupuk kompos cair maupun pupuk kompos padat. Pupuk kompos cair dapat diberikan tiap-tiap dua minggu sekali dengan dosis 1-2 liter pada tahap vegetatif. Sementara itu pupuk kompos padat dapat diberikan tiga bulan sekali dengan dosis sebanyak 25-35 kg/tanaman pada masa vegetatif atau masa sebelum keluar bunga. Disamping pemberian pupuk. Anda pun mesti menangani hama dan penyakit pada tanaman kelengkeng itu. Hama penyakit dapat diatasi dengan menyemprot hama menggunakan obat pembasmi hama dan penyakit. Dapat Anda cari dan beli  di toko pertanian. Sesudah tanaman kelengkeng berumur 2-3 tahun, maka tanaman kelengkeng itoh super telah dapat berbuah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *