Kelengkeng Itoh Salah Satu Jenis Lengkeng Dataran Rendah Terbaik

Kelengkeng Itoh Salah Satu Jenis Lengkeng Dataran Rendah Terbaik

Urbanina.com – Kelengkeng/lengkeng itoh adalah salah satu jenis kelengkeng/lengkeng yang dirasa wajib dicoba oleh mereka yang hobi dengan buah-buahan lokal. Pecinta buah-buahan lokal tentu telah banyak menikmati berbagai buah-buahan lokal baik yang ditanam di dataran tinggi mapun di dataran rendah. Buah pisang, rambutan, mangga, nangka, pepaya dan jambu air adalah beberapa contoh buah lokal yang banyak ditemui di dataran rendah. Selain beberapa contoh buah diatas, masih ada satu buah yang tidak boleh dilewatkan yaitu kelengkeng/lengkeng itoh. Kelengkeng/lengkeng itoh dapat dimasukkan sebagai salah satu buah lokal karena kelengkeng/lengkeng itoh ini ditanam dan di panen di tanah Indonesia. Dan yang perlu dicermati adalah bahwa kelengkeng itoh salah satu jenis lengkeng dataran rendah terbaik.

kelengkeng itoh salah satu jenis lengkeng dataran rendah terbaik

Sebelum membahas bagaimana kelengkeng itoh salah satu jenis lengkeng dataran rendah terbaik, perlu diketahui terlebih dahulu mengapa lengkeng itoh pantas menyandang gelar yang baik ini. Kelengkeng/lengkeng itoh dapat dikatakan demikian karena asal mula kelengkeng/lengkeng itoh ini berbeda dari jenis kelengkeng/lengkeng lain yang beredar di pasar. Kita harus mengakui bahwa jenis kelengkeng/lengkeng yang memiliki kualitas baik yang beredar di pasar adalah salah satunya berasal dari hasil impor dari negara asing. Sehingga, untuk dapat menikmati kelezatan buah kelengkeng/lengkeng, pemerintah harus mendatangkan buah tersebut jauh-jauh dari luar negeri. Namun, hal itu tidak berlaku bagi jenis kelengkeng/lengkeng itoh yang didapat dari petani lokal. Buah kelengkeng/lengkeng itoh tidak perlu mengalami perjalan yang panjang dan lama untuk dapat sampai ke konsumen, karena cukup didatangkan dari petani lokal. Jadi, kesegaran pada buah kelengkeng/lengkeng itoh memiliki nilai tambah dibandingkan jenis kelengkeng/lengkeng impor lainnya. Itulah salah satu alasan yang perlu dicatat oleh para pecinta buah kelengkeng/lengkeng itoh.

Buah kelengkeng/lengkeng itoh yang diproduksi oleh petani lokal dan bukan hasil impor dari negara asing, seakan-akan membuat kesan yang kurang mewah dari beberapa kalangan. Sehingga, mereka masih kurang percaya dengan pernyataan bahwa kelengkeng itoh salah satu jenis lengkeng dataran rendah terbaik. Tetapi, hal tersebut tidaklah dapat dibenarkan, karena orang sebaiknya tidak menilai sesuatu hanya dari bungkusnya saja. Juga dalam menilai kualitas kelengkeng/lengkeng itoh ini, orang seharusnya tidak dapat menilai kelengkeng/lengkeng itoh dari luar yang hanya diproduksi oleh petani lokal ini. Tetapi, mereka justru harus menilai dari dalam, yaitu kualitas buah kelengkeng/lengkeng itoh yang dihasilkan petani lokal tersebut. Jika dibandingkan dengan berbagai jenis kelengkeng/lengkeng yang diimpor dari luar negeri, seperti Thailand dan Vietnam, kualitas kelengkeng/lengkeng itoh sebenarnya tidak kalah baik.

Alasan mengapa kelengkeng/lengkeng itoh memiliki kualitas yang tidak kalah baik dengan kelengkeng/lengkeng hasil impor sudah dijelaskan di paragraf ke-2, yaitu tidak memerlukan waktu dan perjalanan yang lama untuk sampai ke konsumen, sehingga kesegaran buah kelengkeng/lengkeng itoh terjaga dengan baik. Maka dari itu, kita akan membahas alasan mengapa kelengkeng itoh salah satu jenis lengkeng dataran rendah terbaik. Kita tahu ada banyak jenis kelengkeg dataran rendah yang tumbuh di dataran rendah, seperti jenis kelengkeng/lengkeng pingpong, diamond river, dan itoh. Alasan yang tepat untuk hal ini adalah tentang betapa bagusnya kualitas yang dihasilkan oleh buah kelengkeng/lengkeng itoh ini sendiri.

Jika dibandingkan dengan jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah lainnya, seperti kelengkeng/lengkeng diamond river dan pingpong, kelengkeng/lengkeng itoh memiliki kualitas yang terbaik. Buah yang dihasilkan oleh kelengkeng/lengkeng itoh ini rasanya sangat manis serta dagingnya tebal. Selain itu, dagingnya tidak berair sehingga meninggalkan sensasi renyah ketika dimakan. Kulaitas yang ditawarkan tersebut menjadikan buah kelengkeng/lengkeng itoh memiliki kualitas yang terbaik dari jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah lainnya. Sehingga, apabila pemerintah ingi mengurangi impor kelengkeng/lengkeng dari negara asing dan menghemat devisa negara, petani Indonesia memiliki peran yang cukup bagus dan positif yaitu dengan memproduksi kelengkeng/lengkeng itoh yang memiliki kualitas kelengkeng/lengkeng dataran rendah terbaik ini.

2 Comments

  1. Baik mana kelengkeng New Kristal sama Itoh. Harganya berapa bibit New Kristal dan Itoh dilokasi, dan berapa klo dikirim sampai Surabaya? Bibit nya tinggi /umur berapa?
    Dimana lokasinya kebon Urbanina?
    Terima kasih. , Sudiyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *