Jenis Kelengkeng Yang Cepat Berbuah, Kenali Yuk!

Jenis Kelengkeng Yang Cepat Berbuah, Kenali Yuk!

Urbanina.com – Kelengkeng merupakan salah satu jenis tanaman buah-buahan yang sangat populer karena banyak digemari orang-orang. Tak heran jika banyak orang ingin menanamnya walaupun dalam bentuk tabulampot sekalipun. Namun sebelum Anda melakukan budidaya kelengkeng dalam tabulampot, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis jenis kelengkeng yang cepat berbuah agar Anda tidak terlalu lama menanti saat ingin memetik buahnya.

Saat ini ada beberapa jenis kelengkeng yang telah dibudidayakan oleh para petani atau pembudidaya tanaman, baik kelengkeng jenis lokal maupun yang berasal dari luar negeri. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan kita tinggal pandai-pandainya memilih dan merawatnya dengan baik agar hasilnya maksimal sesuai harapan. Tapi yang jelas Anda harus memilih jenis kelengkeng yang cepat berbuah supaya tidak memakan waktu lama dalam perawatannya yang berarti menghemat biaya perawatan.

Jenis Kelengkeng yang Cepat Berbuah

Berikut ini 5 jenis kelengkeng yang cepat berbuah yang layak dipertimbangkan saat Anda ingin menanam tanaman ini.

Kelengkeng Kristalin

Identik dengan namanya, kelengkeng jenis ini memiliki daging buah yang bening seperti kristal sehingga terlihat biji buahnya. Kelengkeng kristalin memiliki aroma harum, daging buahnya tebal,  rasa daging buahnya manis serta semua pucuk serentak berbuah pada waktu musim berbuah. Dari mulai bibit ditanam, kelengkeng ini hanya perlu waktu 1 tahun untuk berbuah. Menariknya, di dalam kelengkeng kristalin telah terdapat bunga jantan dan betina sehingga dengan hanya menanam satu pohon kelengkeng ini telah pasti dapat berbuah.

Kelengkeng Diamond River

Kelengkeng diamond river merupakan jenis lengkeng dataran rendah yang terbilang cepat berbuah dan selalu berbuah hampir setiap tahun. Rasa buahnya super manis, namun cenderung mengandung air. Cocok sebagai tanaman peneduh di pekarangan rumah karena tajuk daunnya rimbun dimana daunnya memiliki warna hijau cerah, lebar, dan sedikit bergelombang pada tepian daunnya.

Kelengkeng Puan Ray

Menilik dari namanya kelengkeng dataran rendah ini berasal dari Thailand. Kelengkeng ini berbuah besar dan lebat dimana daging buahnya tebal, tidak berair serta bijinya kecil. Kendati baru ditanam 1 tahun kelengkeng puan ray cepat berbuah tanpa adanya pemberian hormon dan perlakuan khusus.

Kelengkeng Pingpong

Kelengkeng ini memiliki tajuk daun berbentuk memanjang, daunnya oval dengan lebar 4 cm dan panjang 10-11 cm. Pada sisi daunnya berbentuk melengkung dengan batang menggelincir. Kelengkeng Pingpong memiliki buah sebesar ukuran bola pingpong, aromanya segar, kulit buahnya tipis. Bila bibit kelengkeng pingpong berasal dari hasil cangkokan atau okulasi biasanya setelah berumur 9-12.

Kelengkeng Aroma Durian

Kelengkeng aroma durian mempunyai aroma yang harum layaknya durian, begitu juga rasanya seperti durian yang setengah matang. Kulit buahnya tipis dan warnanya putih, buahnya berdaging tebal dengan biji berukuran kecil. Tanaman ini memiliki cabang yang lebih banyak ketimbang kelengkeng pingpong. Disamping itu, daunnya bertekstur kaku dan warnanya hijau tua. Tanaman yang dijuluki kelengkeng mata naga akan mulai berbuah sesudah ditanam selama 1,5 tahun dan mampu menghasilkan buah kira-kira 4 kg setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *