Jenis Kelengkeng Unggulan Yang Profitable Di Indonesia

Urbanina.com - Budidaya kelengkeng/lengkeng memang memiliki peluang yang besar untuk dilakukan di Indonesia. Budidaya kelengkeng/lengkeng memiliki sebutan lain seperti bisnis kelengkeng/lengkeng, bertani kelengkeng/lengkeng, memproduksi buah kalengkeng maupun sebutan lain yang sebenarnya intinya sama, yaitu untuk membudidayakan kelengkeng/lengkeng. Meskipun sebagian besar wilayah Indonesia adalah teritorial dataran rendah, tetapi saat ini telah bermunculan berbagai jenis kelengkeng/lengkeng yang dapat hidup dan berbuah lebat di didataran rendah. Seperti yang diketahui, sebagian masyarakat masih mempercayai bahwa kelengkeng/lengkeng hanya akan dapat tumbuh dengna baik di datran tinggi. Dengan munculnya jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah tersebut, masyarakat yang ingin membudidayakan kelengkeng/lengkeng bisa bernafas lega. Walaupun begitu, tetap ada pengelompokan tersendiri tentang jenis kelengkeng unggulan yang profitable di indonesia. jenis kelengkeng unggulan yang profitable di indonesia Karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah dataran rendah, maka pada pembahasan kali ini juga tidak akan jauh dari jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah yang termasuk dalam jenis kelengkeng unggulan yang profitable di indonesia. Pada intinya, terdapat beberapa jenis kelengkeng/lengkeng unggulan yang dapat mendatangkan profit atau keuntungan keuangan apabila jenis kelengkeng/lengkeng unggulan tersebut dibudidayakan dengan prosedur yang benar.  Tanpa basa-basi, berikut ini adalah beberapa jenis kelengkeng unggulan yang profitable di indonesia.
  1. Jenis kelengkeng/lengkeng itoh
Jenis kelengkeng/lengkeng yang satu ini memang pantas untuk diletakkan diurutkan di urutan pertama dalam daftar jenis kelengkeng unggulan yang profitable di indonesia. Dilihat dari perkembangan tanamannya, jenis kelengkeng/lengkeng itoh ini memiliki perkembangan yang cukup bagus apabila dirawat dengan baik. Karena, pohon kelengkeng/lengkeng itoh dapat dibuahkan setelah kira-kira berusia 2,5 tahun. Setelah merawat tanaman kelengkeng/lengkeng itoh selama 2,5 tahun tersebut, petani dapat menikmati panen yang dapat mencapai 2 kali dalam setahun. Karena, pohon kelengkeng/lengkeng yang sudah berusia 2,5 tahun tersebut, dapat dibuahkan diluar musim dengan bantuan obat perangsang. Hasil panennya pun cukup banyak yang dapat mencapai 50-75 kg per pohon.
  1. Jenis kelengkeng/lengkeng pingpong
Jenis kelengkeng/lengkeng pingpong adalah jenis kelengkeng/lengkeng unggulan yang juga dapat dibudidayakan di dataran rendah. Masa pertumbuhan tanaman jenis kelengkeng/lengkeng itoh sendiri dapat dikatakan lebih cepat dari kelengken itoh. Karena, tanaman kelengkeng/lengkeng pingpong tersebut terbukti dapat dibuahkan petani ketika tanaman tersebut baru berumur 1,5 tahun. Meskipun rasa buah kelengkeng/lengkeng pingpong ini masih kalah manis dari kelengkeng/lengkeng itoh, namun ukuran kelengkeng/lengkeng pingpong ini jelas lebih besar, karena dapat mencapai seukuran bola pingpong. Tanaman kelengkeng/lengkeng pingpong juga dapat dibuahkan kapan saja dengan bantuan obat perangsang pembuahan seperti halnya pada tanaman kelengkeng/lengkeng itoh.
  1. Jenis kelengkeng/lengkeng diamond river
Jenis kelengkeng/lengkeng diamond river juga termasuk jenis kelengkeng/lengkeng yang dapat diproduksi dalam jumlah yang tinggi. Buah yang dihasilkan dari jenis kelengkeng/lengkeng diamond river juga menarik, dengan warna kuning menarik pada kulit buahnya. Pembuahan tanaman kelengkeng/lengkeng diamond river ini memang tidak bisa berbuah diluar musim, tetapi setidaknya tanaman kelengkeng/lengkeng diamond river tersebut dapat berbuah setiap tahunnya.
  1. Jenis kelengkeng/lengkeng aroma durian
Jenis kelengkeng/lengkeng unggulan lainnya yang profitable adalah jenis kelengkeng/lengkeng aroma durian. Hal ini dapat dilihat dari tanamannya yang memiliki lebih banyak cabang dibandingkan tanaman kelengkeng/lengkeng pingpong. Dengan demikian, dompolan buah yang dihasilkan ketika panen tentu juga akan lebih banyak. Sehingga, panen yang banyak tersebut juga akan berpengaruh baik terhadap keuntungan finansial yang akan didapatkan oleh petani. Salah satu keunikan jenis kelengkeng/lengkeng aroma durian adalah pada buahnya yang memiliki aroma dan rasa seperti aroma dan rasa buah durian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *