Jenis Kelengkeng Yang Banyak Dibudidaya Di Indonesia

Urbanina.com - Jenis kelengkeng/lengkeng yang banyak disukai petani adalah jenis kelengkeng/lengkeng yang dapat dibudidayakan dengan mudah serta dapat memberi keuntungan besar. Namun sebagai petani yang baik, seharusnya dia tidak hanya memikirkan dirinya dengan memilih buah kelengkeng/lengkeng yang mudah dibudidayakan, namun juga memikirkan konsumen nantinya agar dapat menikmati kelengkeng/lengkeng yang memiliki rasa yang lezat. Seperti yang di ketahui, kelengkeng/lengkeng memiliki rasa manis yang khas dan juga memiliki aroma yang khas. Namun, apakah semua jenis kelengkeng/lengkeng memiliki rasa yang seperti itu? tentu tidak. Maka dari itu, kali ini Urbanina akan memberikan informasi yang perlu diketahui, tentang jenis kelengkeng/lengkeng yang banyak ditemui dan dibudidaya di Indonesia ini. jenis kelengkeng
  1. Kelengkeng Itoh
Kelengkeng/lengkeng itoh adalah salah satu jenis buah kelengkeng/lengkeng yang dibudidayakan di Indonesia. Kelengkeng/lengkeng jenis ini dapat disebut sebagai jenis buah kelengkeng/lengkeng yang terbaik dari jenis lainnya. Daging yang dihasilkan kelengkeng/lengkeng itoh ini bersifat tebal, manis, kering dan renyah. Dan untuk pembuahannya, dilakukan dengan dipacu menggunakan aplikasi dan hormon. Sehingga, panen buah kelengkeng/lengkeng jenis ini dapat diatur waktunya oleh petani. Kelengkeh itoh termasuk jenis kelengkeng/lengkeng yang hidup di dataran tinggi, dengan ciri-ciri sebagai berikut. Dimulai dari rasanya, buah kelengkeng/lengkeng itoh memiliki rasa yang sangat manis. Lalu, daging memiliki daging buah yang tebal dengan biji yang kecil dan tidak berair. Untuk membuahkan tanaman itoh ini, petani dapat menggunakan obat perangsang buah. Dan yang terakhir, dapat dipanen setelah berumur 2-3 tahun, dengan jumlah buah yang banyak.
  1. Kelengkeng pingpong
Kelengkeng/lengkeng pingpong adalah jenis buah kelengkeng/lengkeng yang memiliki ukuran kira-kira sebesar bola pingpong. Kelengkeng/lengkeng pingpong ini merupakan salah satu jenis buah kelengkeng/lengkeng yang dibudidayakan di Indonesia dan cepat berbuah. Kelengkeng/lengkeng pingpong termasuk jenis kelengkeng/lengkeng yang didup di dataran rendah, dengan ciri-ciri sebagai berikut. Dimulai dari ukuran buahnya, kelengkeng/lengkeng jenis ini memiliki buah yang besar, dengan biji yang besar, dan daging yang tipis. Dompolan buahnya juga lebat. Lalu, pohon jenis ini berbentuk oval dengan melengkung kebawah dan berwarna agak gelap. Karena memiliki pohon yang cenderung memanjang, petani disarankan untuk melakukan pemangkasan dan pengikatan pada tajuk kelengkeng/lengkeng sejak awal tumbuh secara teratur, agar cabang pohon ini tidak memakan tempat ketika besar.
  1. Kelengkeng aroma durian
Jenis buah kelengkeng/lengkeng yang ketiga bernama kelengkeng/lengkeng aroma durian. Sesuai dengan namanya, jenis buah kelengkeng/lengkeng ini memiliki aroma khas seperti buah durian dan rasanya seperti durian setengh matang. Termasuk kelengkeng/lengkeng yang hidup di dataran rendah, kelengkeng/lengkeng jenis ini ciri-ciri yang pertama daging buahnya tebal, berbiji tipis dengan kulit yang agak tipis. Memiliki daun berwarna hijau tua yang bertekstur lurus dan kaku. Dan pohon kelengkeng/lengkeng jenis ini memiliki tajuk yang kuat serta menjuntai.
  1. Kelengkeng kristalin
Disebut kelengkeng/lengkeng kristalin karena daging buahnya yang bening sehingga mnampak seperti kristal dengan biji yang cenderung kelihatan. Termasuk jenis tanaman kelengkeng/lengkeng yang hidup didaratan, kelengkeng/lengkeng jenis ini memiliki ciri-ciri yang pertama daging buah tebal, dengan rasa yang lebih manis dan aromanya lebih tajam. Panen pohon kelengkeng/lengkeng jenis ini dapat dilakukan setelah berumur 1 tahun, dan semua pucuk dapat berbuah ketika masa panen tiba. Jumlah dompolan yang dihasilkan juga cukup banyak dengan setiap dompolan memiliki jumlah buah yang banyak pula.
  1. Kelengkeng diamond river
Kelengkeng/lengkeng diamond river merupakan jenis buah kelengkeng/lengkenga yang banyak dibudidayakan diIndonesia dan cepat berbuah. Ciri-ciri kelengkeng/lengkeng jenis ini adalah memiliki daun yang tepian daunnya agak bergelimbang, berwarna hijau, dan lebar. Daging buahnya juga sangat manis senderung berair. Petani yang membudidayakannya dapat memanen buah ini hampir setiap tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *