Jenis Buah Lengkeng Impor Apa Saja Yang Ada Di Pasar Indonesia?

Jenis Buah Lengkeng Impor Apa Saja Yang Ada Di Pasar Indonesia?

Urbanina.com – Impor buah kelengkeng/lengkeng sudah menjadi agenda penting yang harus dilakukan pemerintah Indonesia agar dapat memenuhi kebutuhan pasar . Hal ini dikarenakan buah kelengkeng/lengkeng yang rasanya manis tersebut menjadi salah satu buah yang banyak disukai kalangan masyarakat. Alhasil, banyaknya impor yang dilakukan untuk buah kelengkeng/lengkeng ini terus mengalami peningkatan jumlah dari waktu ke waktu. Ketergantungan negara akan kelengkeng/lengkeng impor akan semakin meningkat apabila pertumbuhan penduduk di Indonesia terus meningkat pula. Namun, hal ini tidaklah menjadi masalah selama ada garansi yang dapat dipercaya tentang jenis buah lengkeng impor apa saja yang ada di pasar Indonesia. Garansi yang disebutkan diatas tentu berhubungan dengan kualitas buah kelengkeng/lengkeng yang diimpor pihak negara.

jenis buah lengkeng impor apa saja yang ada di pasar indonesia

Untuk mengetahui jenis buah lengkeng impor apa saja yang ada di pasar Indonesia tersebut, pedagang maupun konsumen itu sendiri dapat mengetahuinya dari badan yang mengurusi impor buah ataupun bahan makanan lain milik pemerintah Indonesia. dengan kepastin atau garansi yang ada, maka pedgang maupun konsumen tidak perlu khawatir lagi dengan kualitas buah kelengkeng/lengkeng yang beredar di pasar Indonesia. Mengenai keinginan masyarakat tentang jenis buah lengkeng impor apa saja yang ada di pasar Indonesia, tentu mereka menginginkan buah lengkeng dengan kualitas terbaik baik dari rasa maupun kualitas daging buah didalamnya. Oleh karena pada artikel ini kami membahas tentang jenis buah lengkeng impor apa saja yang ada di pasar Indonesia.

Pertama-tama, kita perlu mengetahui negara mana saja yang menjadi negara eksportir buah kelengkeng/lengkeng untuk Indonesia ini. Jika melihat data impor kelengkeng/lengkeng sejak 5 tahun yang lalu, impor kelengkeng/lengkeng untuk Indonesia memang efektif dalam pemenuhan kebutuhan kelengkeng/lengkeng di Indonesia. Data di tahun 2012, Indonesia tercatat telah mengimpor buah kelengkeng/lengkeng dengan sebanyak 29,2 ribu ton. Jumlah ribuan ton tersebut bukan lain adalah untuk memenuhi kebutuhan kelengkeng/lengkeng didalam negeri. Jumlah impor kelengkeng/lengkeng yang mencapai puluhan ribu ton tersebut membuat negara harus mengeluarkan dana tak kurang dari US$ 34 juta. Uang yang begitu banyak harus dikeluarkan agar dapat mendapatkan buah kelengkeng/lengkeng yang berkulitas.

Adapun tiga negara yang menjadi eksportir kelengkeng/lengkeng untuk Indonesia, yaitu Thailand, Vietnam, dan China. Negara Thailand menjadi eksportir terbanyak dengan jumlah yang mencapai 29 ribu ton. Namun hal ini tidak terlalu mengagetkan, karena negar Thailand memang menjadi salah satu sentra pertanian kelengkeng/lengkeng di Asia dengan iklim yang mendukung di negara tersebut. Ada berbagai jenis kelengkeng/lengkeng yang berasal dari Thailand ini seperti kelengkeng/lengkeng puang thong, kelengkeng/lengkeng biao khiao, kelengkeng/lengkeng puang rai dan lain-lain.

Produktivitas tanaman kelengkeng/lengkeng di Thailang memang salah satu yang tidak ada saingannya, karena selain memiliki cuaca atau iklim yang cocok untuk tanaman kelengkeng/lengkeng, juga memiliki sumber daya manusia yang mempu mengembangkan pertanian kelengkeng/lengkeng disana. Dengan berbagai kemajuan yang ada di negara tersebut, kualitas kelengkeng/lengkeng yang sampai di Indonesia juga banyak disukai konsumen. Meskipun waktu tempuh dari Thailand ke Indonesia cukup lama, tetapi dengan kemajuan dibidang pengemasan, dapat membuat buah kelengkeng/lengkeng tersebut tetap memiliki rasa yang lezat.

Selain dari Thailand sebagai negara eksportir kelengkeng/lengkeng terbesar, Indonesia juga mengimpor kelengkeng/lengkeng dari dua negara lain yaitu Vietnam dan China. Di tahun tersebut, Vietnam mengekspor buah kelengkeng/lengkeng sebanyak 171 ton, sedangkan China sebanyak 27,5 ton. Kualitas jenis kelengkeng/lengkeng yang diimpor dari kedua negara tersebut tentu juga tidk perlu diragukan lagi. Karena negara vietnam adalah juga negara dengan iklim yang cukup untuk memproduksi buah kelengkeng/lengkeng, sedangkan China dipercaya sebagai negara asal mula buah kelengkeng/lengkeng yang telah menyebar di berbagai negar tersebut. Salah satu jenis kelengkeng/lengkeng dari Vietnam adalah kelengkeng/lengkeng pingpong yang bisa memiliki ukuran buah sebesar bola pingpong atau bola tenis meja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *