Harga Bibit Kelengkeng Super Relatif Lebih Mahal

Urbanina.com – Harga bibit kelengkeng super relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga bibit kelengkeng/lengkeng biasa. Hal ini tentu sudah banyak diduga oleh masyarakat pada umumnya. Dugaan tersebut bukan lain tentu berasal dari perbedaan kualitas buah yang dihasilkan oleh kedua jenis kelengkeng/lengkeng tersebut. Buah yang dihasilkan dari pohon kelengkeng/lengkeng super memiliki buah dengan rasa yang lebih manis dari pada jenis kelengkeng/lengkeng biasa yang dijual di pasaran. Selain buah yang manis, juga memiliki daging yang lebih tebal jika dibandingkan dengan  jenis kelengkeng/lengkeng biasa. Sehingga, konsumen lebih banyak menyukai buah kelengkeng/lengkeng super dari pada jenis kelengkeng/lengkeng biasa. Dan dengan banyaknya konsumen yang suka, maka harga bibit kelengkeng super relatif lebih mahal tersebut tidak akan membuat petani rugi karena penjualan hasil panennya cukup bagus.

harga bibit kelengkeng super relatif lebih mahal

Selain memiliki buah yang berkualitas, harga bibit kelengkeng super relatif lebih mahal karena dapat memberikan dampak positif yang lebih banyak lagi terhadap budidaya yang dilakukan petani. Salah satu hal yang menjadi dampak positif bibit kelengkeng/lengkeng super ini adalah memiliki pertumbuhan yang lebih cepat. Petani tentu akan senang jika tanaman yang ia pelihara memiliki pertumbuhan yang cepat, karena dapat mempercepat masa panen nantinya. Sebagai misal, bibit kelengkeng/lengkeng itoh super memiliki harga bibit yang relatif lebih mahal, tetapi pertumbuhan tanamnnya juga cepat. Tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super tersebut dapat tumbuh besar dan siap dibuahkan dalam waktu 2,5 tahun. Setelah umur tersebut, petani tinggal menikmati hasilnya dengan membuahkan tanaman tersebut agar dapat memanennya nanti.

Selain pertumbuhan tanaman yang cepat, pembuahan jenis kelengkeng/lengkeng super juga lebih mudah dari pada jenis kelengkeng/lengkeng biasa. Dengan adanya kelmajuan teknologi pertanian kelengkeng/lengkeng, pembuahan kelengkeng/lengkeng super dapat dilakukan sesuai dengan kemauan petani itu sendiri. Caranya, dengan memberikan obat perangsang pembuahan terhadap tanaman kelengkeng/lengkeng super tersebut. Cara pembuahan tersebut dinilai positif dan banyak memudahkan petani itu sendiri. Karena, tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam tersebut akan memiliki kemampuan untuk berbuah kapan saja, asalkan sudah mendapatkan obat perangsang tersebut. Seperti pada kelengkeng/lengkeng itoh super, jenis kelengkeng/lengkeng tersebut dapat diberi obat perangsang pembuahan untuk cara pembuahannya. Lalu, diumur 40 hari setelah pemberian obat, tanaman tersebut akan tumbuh bunga. Dan di umur 4-5 bulan, tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut dapat dipanen buahnya.

Dengan berbagai keunggulan diatas, maka tidak heran lagi jika harga bibit kelengkeng super relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis kelengkeng/lengkeng biasa lainnya. Terlebih lagi jika bibit kelengkeng/lengkeng yang dijual tersebut adalah hasil dari proses okulasi. Karena, bibit tanaman kelengkeng/lengkeng super yang didapatkan dari proses okulasi memiliki pertumbuhan yang terjamin kualitasnya setelah ditanam.

Itulah beberapa keunggulan yang menjadi alasan mahalnya bibit kelengkeng/lengkeng super yang dijual di pasaran. Untuk saat ini, harga bibit kelengkeng/lengkeng super tidak dapat ditentukan kesamaannya. Karena, harga bibit kelengkeng/lengkeng super tersebut memiliki keberagaman dari penjual yang berbeda pula. Harga bibit kelengkeng/lengkeng super berkisar mulai dari harga Rp 55.000,- keatas bahkan sampai kisaran Rp 200.000,- an. Keberagaman harga tersebut bisa saja dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah umur dari bibit yang dijual dan dari mana bibit tersebut dihasilkan. Bibit yang berasal dari pembibitan melalui okulasi memiliki kualitas yang lebih baik daripada yang berasal dari cangkok dan dari benih yang disemai. Oleh karena itu, biasanya bibit yang berasal dari okulasi memiliki harga yang lebih mahal. Tinggi bibit terkadang juga mempengaruhi keberagaman harga bibit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *