Hal Penting Yang Wajib Anda Tahu Untuk Membuat Tabulampot Kelengkeng

Hal Penting Yang Wajib Anda Tahu Untuk Membuat Tabulampot Kelengkeng

Urbanina.com – Orang yang dapat sesuka hati memetik sendiri buah kelengkeng/lengkeng langsung dari pohonnya, salah satunya adalah mereka yang memiliki tabulampot kelengkeng/lengkeng. Tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut dapat dengan praktis mereka letakkan di halaman atau pekarangan rumah mereka dan bisa tertata lebih rapi dari pada tanaman yang tidak diletakkan didalam pot. Hal ini sesuai dengan peribahasa “sambil menyelam minum air” yang artinya dari satu usaha yang dilakukan yaitu membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng, didapat dua keuntungan yaitu buah yang dapat dimakan serta penghias halaman dan pekarangan rumah. Namun, keuntungan diatas tidak dapat diperoleh jika penanam tabulampot kelengkeng/lengkeng memiliki ilmu yang tepat dalam bidang tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut. Nah, ada beberapa hal penting yang wajib anda tahu untuk membuat tabulampot kelengkeng, jika Anda mulai tertarik untuk membuatnya.

hal penting yang wajib anda tahu untuk membuat tabulampot kelengkeng

Kali ini, Urbanina akan membahas secara ringkas tentang beberapa hal penting yang wajib anda tahu untuk membuat tabulampot kelengkeng yang dapat dipahami dengan mudah. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah beberapa hal tersebut.

  1. Apa itu tabulampot kelengkeng/lengkeng?

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa tabulampot adalah singkatan dari tanaman buah didalam pot. Sehingga, tabulampot kelengkeng/lengkeng adalah tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam didalam pot. Nah, karena tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut ditanam didalam pot, maka penanam harus paham dan siap untuk merawat tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut sesuai prosedur penanaman tabulampot kelengkeng/lengkeng. Prosedur penanaman tabulampot itu sendiri tentu berbeda dengan prosedur penanaman tanaman kelengkeng/lengkeng yang langsung ke tanah tanpa menggunakan pot.

  1. Apa fungsi tabulampot kelengkeng/lengkeng?

Fungsi tabulampot kelengkeng/lengkeng adalah salah satu dari beberapa hal penting yang wajib anda tahu untuk membuat tabulampot kelengkeng. Adapun fungsi dari tabulampot kelengkeng/lengkeng adalah sebagai tanaman penghias sekaligus tanaman yang dapat dinikmati buahnya. Buahnya tersebut juga dapat menjadi sumber gizi yang menyehatkan tubuh. Itulah beberapa manfaat tabulampot yang penting diketahi oleh orang yang ingin menanamnya agar lebih termotivasi untuk merawat tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut.

  1. Apa saja mempengaruhi keberhasilan daam membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng?

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam membuat tabulampot tentu mejadi salah satu hal penting yang wajib anda tahu untuk membuat tabulampot kelengkeng. Hal ini diperlukan agar Anda dapat mengantisipasi lebih awal terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan tersebut. Setidaknya, terdapat 4 (empat) faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng. Keempat faktor tersebut akan kami jelaskan memalui beberapa paragraf dibawah ini.

Pertama, adalah faktor lingkungan tumbuh tabulampot kelengkeng/lengkeng. Tabulampot kelengkeng/lengkeng harus mendapat dukungan dari lingkungan ia tumbuh agar dapat tumbuh dengan baik. Misalnya, tabulampot membutuhkan lingkungan yang cukup disinari matahari, yang mana sinar matahari tersebut dibutuhkan agar dapat mendukung proses kimia seperti fotosintesis yang sangat diperlukan tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut.

Kedua, adalah faktor bibit yang baik. Singkat saja, bibit yang baik dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang baik pula, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, pemilihan bibit sebaiknya dilakukan dengan cermat agar didapatkan bibit yang baik.

Ketiga, adalah faktor pot dan media tanam. Pot dan media tanam yang digunakan juga mempengarui keberhasilaln pembuatan tabulampot kelengkeng/lengkeng ini. Maka dari itu, pembuat tabulampot kelengkeng/lengkeng harus benar-benar memcermati kapasitas pot dan media tanam agar sesuai dengan prosedur yang benar dalam pembuatan tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut.

Keempat, adalah faktor perawatan tanaman. Karena perawatan tanaman dilakukan oleh sumber daya manusia, maka perlu dilakukan pendalaman materi tentang bagaimana perawatan tanaman kelengkeng/lengkeng tabulampot yang benar. Agar, langkah-langkah perawatan seperti penyiraman, pemupukan dan lain-lain dapat dilakukan dengan benar sesuai prosedur yang benar pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *