Cara Mudah Membuat Tabulampot Kelengkeng

Cara Mudah Membuat Tabulampot Kelengkeng

Urbanina.com – Membuat tabulampot menjadi salah satu upaya yang mulai digeluti oleh banyak orang pecinta tanaman buah. Tabulampot sendiri adalah singkatan dari tanaman buah didalam pot. Artinya, tabulampot menjadi salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan pecinta tanaman buah untuk dapat menyalurkan hobinya. Selain sebagai inovasi yang bersifat memperbaharui, tabulampot juga memiliki banyak manfaat positif yang dapat dirasakan oleh orang yang mempraktekannya. Jika ingin mempraktekannya, ada banyak pilihan tanaman buah yang dapat di tabulampot, salah satunya adalah tanaman kelengkeng/lengkeng. Untuk dapat menanam tabulampot kelengkeng/lengkeng pun sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang tidak terlalu sulit. Berikut ini akan kami bahas secara ringkas mengenai cara mudah membuat tabulampot kelengkeng.

cara mudah membuat tabulampot kelengkeng

Membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng memang dapat dilakukan dengan mudah. Orang mungkin berkata bahwa ia kesuliatan untuk membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng, tetapi sebenarnya membuat tabulampot dapat dilakukan dengan mudah. Orang yang berkata sulit ketika membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng mungkin saja memilih cara yang rumit yang menyuliltkan ia sendiri. Maka dari itu, kali ini akan kami tulis cara mudah membuat tabulampot kelengkeng , yang tentunya juga menggunakan bahan-bahan yang tidak terlelu sulit untuk didapatkan. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng.

  1. Langkah persiapan bibit

Langkah pertama dapat dilakukan dengan mudah dengan memilih diantara dua pilihan berikut ini. Yaitu, persiapan bibit dapat dilakukan dengan cara mencangkok tanaman kelengkeng/lengkeng yang sudah pernah berbuah, atau dengan cara membeli di penjual bibit kelengkeng/lengkeng. Mencangkok sudah banyak dilakukan oleh kakek-nenek kita dahulu, yang hampir tidak ada kesulitan yang berarti. Mungkin, orang yang mencangkok hanya perlu menunggu agak sedikit lama agar akar ranting yang dicangkok tumbuh dengan baik. Sedangkan untuk menyiapkan bibit dengan membeli, juga lebih mudah untuk dilakukan. Selain dapat membeli bibit di penjual yang membuka toko secara offline, saat ini juga telah banyak penjual yang membuka toko tetapi secara online. Sehingga, orang dapat dengan mudah membeli bibit tanpa harus datang langsung ke toko tersebut.

  1. Langkah persiapan pot

Langkah yang kedua dalam cara mudah membuat tabulampot kelengkeng adalah langkah persiapan pot. Seperti pada pemilihan bibit, juga ada banyak pilihan yang dapat dipilih untuk mendapatkan pot tersebut. Karena, pot dapat menggunakan barang apapun asalkan ukurannya cukup untuk menampung tanaman serta kekuatannya sanggup menahan massa tanaman dan tanah didalam pot nantinya. Contoh barang bekas yang dapat digunakan untuk dijadikan pot adalah drum bekas.

  1. Langkah persiapan tanah dan pupuk

Tanah dan pupuk menjadi salah satu media tanam yang perlu dipersiapkan. Semua jenis tanah baik yang di dataran tinggi maupun di dataran rendah semuanya cocok untuk dijadikan media untuk tumbuhnya tanaman kelengkeng/lengkeng didalampot. Sehingga, tidak ada kesulitan berarti ketika menyiapkan tanah tersebut.

Kemudian, pupuk yang digunakan untuk tabulampot kelengkeng/lengkeng ini cukup dengan menggunakan pupuk kandang saja. Bagi yang memelihara kambing, mereka dapat memanfaatkan kotoran kambingnya tersebut untuk dijadikan sebagai pupuk yang baik untuk pertumbuhan tanaman kelengkeng/lengkeng tabulampot tersebut.

  1. Langkah penanaman

Cara mudah membuat tabulampot kelengkeng cukup sampai pada langkah ke-4 sebagai langkah yang terakhir, yaitu penanam bibit tanaman kelengkeng/lengkeng itu sendiri. Pertama, pot yang sudah siap diisi dulu dengan dengan takaran 3:1 yang terdiri dari tanah dan pupuk kandang yang dicampur. Lalu, lubangi sedikit tanah yang sudah tercampur dengan pupukkandang yang ada didalam pot, kemudian tancapkan bibit kelengkeng/lengkeng, dan dirapikan kembali.

Selesai. Tabulampot tersebut kemudian haru mendapatkan sinar matahari yang cukup serta dirawat dengan baik agar dapat dibuahkan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *