Cara Mudah Membuat Tabulampot Kelengkeng Pingpong

Urbanina.com - Kelengkeng/lengkeng pingpong adalah salah satu jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah yang banyak disukai kalangan masyarakat. Buah kelengkeng/lengkeng pingpong inimemiliki ukuran yang lebih besar dari pada jenis kelengkeng/lengkeng lainnya. Ukuran buah kelengkeng/lengkeng pingpong ini bahkan rata-rata berukuran sebesar bola pingpong, atau bola tenis meja. Karena ukuran yang sebesar bola pingpong inilah petani memberi nama jenis kelengkeng/lengkeng yang satu ini dengan nama kelengkeng/lengkeng pingpong. Meskipun ukuran buahnya besar, tetapi ukuran tanaman atau pohonnya tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk ditanam didalam pot. Pembuatan tabulampot kelengkeng/lengkeng pingpong sendiri tidak terlalu rumit untuk dipaktekan. Terdapat cara mudah membuat tabulampot kelengkeng pingpong yang dapat dipraktekan untuk memiliki tabulampot kelengkeng/lengkeng pingpong tersebut. cara mudah membuat tabulampot kelengkeng pingpong Pada artikel ini, Urbanina akan membahas secara padat dan ringkas mengenai cara mudah membuat tabulampot kelengkeng pingpong. Adapun cara mudah membuat tabulampot kelengkeng pingpong tersebut akan kami jelaskan secara runtut sehingga mudah untuk dipraktekan pula. Tanpa basa-bas, berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng pingpong.
  1. Menyiapkan tempat
Langkah yang paling awal adalah dengan menyiapkan tempat, yaitu tempat yang sesuai sebagai tempat tabulampot kelengkeng/lengkeng pingpong nantinya. Tempat yang sesuai untuk tabulampot kelengkeng/lengkeng pingpong ini dapat dengan mudah ditemukan bagi mereka yang tinggal di dataran rendah. Karena, kelengkeng/lengkeng pingpong dapat dengan baik tumbuh suhu yang ada di dataran rendah. Selain itu, tempat yang cocok untuk tumbuhnya tabulampot kelengkeng/lengkeng pingpong adalah tempat yang memiliki cukup pancaran sinar matahari.
  1. Menyiapkan pot
Menyiapkan pot juga diperlukan pemilihan yang cermat agar didapatkan pot yang sesuai dan pas untuk pertumbuhan tanaman nantinya. Setidaknya terdapat dua hal yang perlu dicermati untuk menyiapkan pot, yaitu kekuatan pot dan ukuran pot. Pot yang pas adalah yang memiliki kekuatan yang cukup untuk menopang beban didalamnya sekaligus memiliki ukuran yang mampu mengimbangi perkembangan akar tanaman yang didalamnya. Biasanya pemilihan pot tabulampot kelengkeng/lengkeng langsung menggunakan pot yang berukuran besar, sehingga ketika besar memiliki ukuran yang pas untuk menampung pertumbuhan akar tanaman. Tetapi bagi mereka yang menyiapkan pot yang ukurannya terlalu kecil, harus mengganti pot yang ukurannya lebih besar ketika tanaman telah tumbuh besar.
  1. Menyiapkan media
Media yang digunakan untuk tabulampot kelengkeng/lengkeng pingpong dapat menggunakan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang. Yang diperlukan adalah menyiapkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1. Lalu, kedua bahan tersebut diaduk hingga merata. Media yang sudah siap ini dapat langsung diletakkan didalam pot yang sudah ditempatkan di tempat yang sesuai tersebut. Setelah itu, dapat dilanjutkan ke langkah berikutnya dalam cara mudah membuat tabulampot kelengkeng pingpong dibawah ini.
  1. Menyiapkan bibit
Setelah tempat, pot, dan media siap, langkah yang selanjutnya adalah menyiapkan bibit. Bibit juga dapat dengan mudah diperoleh dengan cara membeli ke penjual bibit yang terpercaya. Apabila di dekat rumah tidak ada penjual bibit kelengkeng/lengkeng pingpong, saat ini orang juga dapat membeli bibit kelengkeng/lengkeng pipong dengan cara membelinya lewat toko online yang terpercaya.
  1. Menanam
Langkah yang kelima sekaligus yang terakhir adalah menanam. Proses menanam ini dapat dilakukan dengan mudah karena bahan-bahan yang diperlukan sudah tersedia. Penanam cukup melubangi media tanam yang sudah terletak didalam pot, kemudian menamcapkan bibit kelengkeng/lengkeng pingpong ke lubang tersebut. Setelah itu, tutup kembali lubang yang sudah ditanami bibit tersebut dengan tanah atau media tanam. Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *