Cara Mudah Membuat Tabulampot Kelengkeng New Cristal

Urbanina.com - Tabulampot, singkatan dari tanaman buah didalam pot bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan oleh mereka yang ingin mecoba membuat tabulampot tersebut. Jenis tanaman yang bisa ditabulampot juga beragam tidak hanya satu jenis tanaman saja, misalnya pepaya, mangga, jambu air dan lain-lain. Salah satu jenis buah yang juga dapat ditabulampot adalah tanaman buah kelengkeng/lengkeng, lebih tepatnya kelengkeng/lengkeng new cristal. Kelengkeng/lengkeng new cristal tersebut merupakan salah satu jenis kelengkeng/lengkeng yang memiliki buah dengan rasa yang manis dan daging yang cukup tebal. Bagi mereka yang ingin membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng new cristal, dapat menyimak ulasan tentang cara mudah membuat tabulampot kelengkeng new cristal dibawah ini. cara mudah membuat tabulampot kelengkeng new cristal Pada kesempatan kali ini, Urbanina akan membahas tentang bagaimana cara mudah membuat tabulampot kelengkeng new cristal. Dengan mengikuti cara mudah tersebut, diharapkan pembuatan tabulampot kelengkeng/lengkeng new cristal dapat dilakukan dengan mudah, dan buah yang dihasilkan juga buah yang memiliki kualitas yang baik pula. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah cara mudah membuat tabulampot kelengkeng new cristal yang bisa disimak sambil bersantai.
  1. Mempersiapkan pot yang sederhana
Pot dibutuhkan untuk menjadi penampung tanaman tanaman beserta tanah yang digunakan. Oleh karena itu, pot yang dipersiapkan tidak perlu pot yang bagus tampilannya. Asalkan pot tersebut dapat menampung tanah dan tanaman dengan baik, maka sudah cukup untuk digunakan sebagai pot untuk tabulampot kelengkeng/lengkeng new cristal tersebut. Pot juga bisa memanfaatkan barang bekas seperti drum yang sudah tidak terpakai.
  1. Mempersiapkan media tanam yang mudah dijangkau
Media tanam yang digunakan untuk menanam kelengkeng/lengkeng new cristal ini dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah terjangkau seperti tanah, pasir dan pupuk kandang. Untuk dapat menumbuhkan tanaman kelengkeng/lengkeng new cristal dengan baik, tentu membutuhkan media tanam yang baik pula. Salah satu media tanam yang baik dan mudah dijangkau salah satunya adalah campuran tanah dan pupukkandang yang dicampur dengan takaran 3:1. Tanah dapat dengan mudah didapatkan dari pekarangan rumah, sedangkan pupuk kandang dapat diperoleh dari sisa kotoran hewan ternak seperti kambing, sapi maupun ayam. Namun, yang lebih disarankan adalah sisa kotoran kambing karena memiliki banyak zat fosfor yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.
  1. Mempersiapkan bibit yang berkualitas
Langkah yang selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bibit yang berkualitas. Bibit yang berkualitas penting bagi pertumbuhan tabulampot kelengkeng/lengkeng new cristal nantinya. Untuk ditanam di pot, bibit yang disarankan adalah bibit yang berasal dari pencangkokan atau okulasi. Bibit yang berasal dari biji yang disemai tidak dianjurkan untuk ditanam didalam pot, karena nantinya tanaman memerlukan waktu yang lebih lama untuk berbuah. Bibit dapat diperoleh dengan membeli di penjual bibit terdekat, atau juga bisa membeli bibit secara online.
  1. Melakukan aksi menanam
Setelah bibit dan bahan lainnya telah siap, bibit kelengkeng/lengkeng new cristal telah siap untuk ditanam. Cara penanamannya tentu dapat dilakukan dengan mudah. Pertama-tama, masukkan media tanam kedalam pot yang sudah disiapkan. Kemudian buat lubang ditengah-tengah media tanam. Setelah itu, bibit tanaman kelengkeng/lengkeng itoh siap ditanam dilubang yang telah dibuat. Jangan lupa untuk menutup lubang apabila bibit sudah berada pada posisi yang tepat. Dengan demikian, cara mudah membuat tabulampot kelengkeng new cristal telah selesai. Tabulampot kelengkeng/lengkeng new cristal tersebut hanya membutuhkan perawatan yang baik dari pemiliknya. Akan lebih baik jika tabulampot yang sudah jadi tersebut diletakkan di tempat yang memiliki pancaran sinar matahari yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *