Cara Mudah Membuat Tabulampot Kelengkeng Merah

Cara Mudah Membuat Tabulampot Kelengkeng Merah

Urbanina.com – Tabulampot kelengkeng/lengkeng merah adalah pilihan yang tepat untuk memulai penanam tabulampot(tanaman buah didalam pot). Karena, tabulampot kelengkeng/lengkeng dapat menjadi tanaman hias yang sempurna untuk diletakkan didepan rumah. Buahnya yang berwarna merah yang tumbuh di tanaman diatas pot menjadi daya tarik tersendiri. Selain dapat menjadi penghias halaman rumah, tabulampot kelengkeng/lengkeng merah juga dapat dinikmati buahnya. Buah kelengkeng/lengkeng merah ini memiliki rasa yang tidak kalah manis dari jenis kelengkeng/lengkeng lainnya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kelengkeng/lengkeng merah ini rasanya lebih manis dari jenis kelengkeng/lengkeng lainnya. Kabar baiknya lagi, tabulampot kelengkeng/lengkeng merah dapat dibuat dengan cara yang sederhana. Terdapat cara mudah membuat tabulampot kelengkeng merah yang dapat dipraktekan siapa saja yang ingin mempraktekannya.

cara mudah membuat tabulampot kelengkeng merah

Cara mudah membuat tabulampot kelengkeng merah dapat disimak melalui pembahasan Urbanina pada paragraf dibawah ini. Tanpa basa-basi, berikut kami tulis dengan singkat tentang cara mudah membuat tabulampot kelengkeng merah.

  1. Siapkan pot terlebih dahulu

Sebelum memulai menanam kelengkeng/lengkeng merah didalam pot, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan pot. Salah satu cara yang murah untuk menyiapkan pot adalah dengan memanfaatkan drum bekas yang sudah tidak terpakai. Namun sebelum digunakan, drum tersebut terlebih dahulu dilubangi di bagian bawahnya agar dapat menyalurkan air ke tanah apabila terjadi hujan lebat misalnya.

Namun, untuk menambah keindahan, penanam dapat membeli pot yang banyak dijual dipasaran. Mengenai ukuran yang disarankan untuk pot ini adalah kira-kira mampu menampung massa tanaman yang ada didalamnya nanti.

  1. Siapkan media tanam juga

Selain menyiapkan pot, diperlukan untuk menyiapkan media tanam juga. Media tanam pada tabulampot kelengkeng/lengkeng merah ini dapat diperoleh dengan memanfaatkan tanah dan pupuk kandang. Caranya, siapkan takaran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1. Pupuk kandan yang disarankan untuk digunakan adalah sisa kotoran kambing. Kemudian kedua bahan tersebut dicampur dengan merata dan telah siap digunakan sebagai media tanam.

  1. Siapkan juga bibit yang baik

Bibit kelengkeng/lengkeng merah yang baik dapat dengan mudah diperoleh dengan cara membelinya di penjual bibit kelengkeng/lengkeng merah terdekat. Ketika membeli, diperlukan ketelitian dari pembeli agar mendapatkan bibit yang baik. Adapun bibit kelengkeng/lengkeng merah yang baik ini dapat dilihat dari ciri-ciri fisik berupa warna daun yang segar serta batang yang kuat.

Selain memeriksa penampilan fisiknya, juga diperlukan untuk menanyakan kepada penjual tentang asal usul bibi kelengkeng/lengkeng merah yang dijualnya. Perlu digarisbawahi bahwa bibit kelengkeng/lengkeng merah yang baik adalah bibit yang berasal dari pencangkokan atau juga proses okulasi. Apabila bibit yang dijual tersebut berasal dari penyemaian benih atau biji kelengkeng/lengkeng merah, sebaiknya tidak dibeli saja. Karena, bibit kelengkeng/lengkeng merah yang berasal dari penyemaian benih tersebut biasanya membutuhkan waktu atau umut yang lebih lama untuk dapat berbuah nantinya.

  1. Menanam dengan benar

Pot, media tanam, dan bibit kelengkeng/lengkeng merah telah siap, maka langkah penanaman sudah siap dilakukan pula. Bila penanaman bibit berikut ini selesai dilakukan, maka tabulampot kelengkeng/lengkeng merah juga sudah siap untuk menghias halaman depan rumah. Adapun cara penanaman bibit kelengkeng/lengkeng ini juga dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Pertama, masukkan terlebih dahulu media tanam yang sudah disiapkan tersebut kedalam pot. Kedua, lubangi media tanam yang sudah ada didalam pot tersebut, sebagai tempat ditanamnya bibit kelengkeng/lengkeng nantinya. Ketiga, letakkan bibit kelengkeng/lengkeng merah yang ke lubang yang telah dibuat tersebut. Lalu, tutup kembali lubang tersebut setelah bibit telah tertanam. Dan selesai, itulah cara mudah membuat tabulampot kelengkeng merah.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *