Cara Mudah Membuat Tabulampot Kelengkeng King Long

Urbanina.com – Kelengkeng/lengkeng king long adalah salah jenis kelengkeng/lengkeng yang dapat membuat orang ketagihan karena rasa manis yang disajikan. Selain buahnya yang manis, kelengkeng/lengkeng king long juga memiliki daging yang tebal dengan biji yang kecil. Bahkan biji kelengkeng/lengkeng jenis ini dapat dikatakan sangat kecil, sehingga orang dapat menyantap daging buahnya dengan mantap. Bagi mereka pecinta buah kelengkeng/lengkeng king long ini, sebenarnya memiliki kesempatan untuk memetik buah yang manis tersebut di tanaman milik sendiri. Caranya adalah dengan menanam tanaman kelengkeng/lengkeng king long dengan menggunakan pot. Juga terdapat cara mudah membuat tabulampot kelengkeng king long yang dapat dipraktekan oleh mereka yang ingin menanam kelengkeng/lengkeng king long didalam pot.

cara mudah membuat tabulampot kelengkeng king long

Tabulampot (tanaman buah didalam pot) memang menjadi salah satu pilihan yang cerdas bagi mereka yang ingin memetik buah kesukaan mereka dari kebun sendiri. Karena, tanaman buah termasuk buah kelengkeng/lengkeng king long yang ditanam didalam pot akan lebih mudah bagi penanam dalam hal perawatan tanamannya. Pada kesempatan ini, Urbanina akan membahas mengenai cara mudah membuat tabulampot kelengkeng king long. Tanpa basa-basi berikut ini adalah langkah demi langkah dalam cara mudah membuat tabulampot kelengkeng king long tersebut.

  1. Mempersiapkan pot yang layak

Pertama-tama, perlu disiapkan terlebih dahulu pot yang layak dipakai untuk menanam tanaman kelengkeng/lengkeng king long tersebut. Adapun syarat kelayakan pot tersebut diantaranya adalah memiliki ukuran yang cukup besar dan kekuatan yang cukup kuat untuk menampung tanaman kelengkeng/lengkeng king long ketika sudah besar nantinya. Karena, kalau ukuran pot yang disediakan terlalu kecil, penanam harus mengganti pot tersebut dengan pot yang ukurannya lebih besar ketika tanaman kelengkeng/lengkengnya sudah tumbuh menjadi besar.

  1. Mempersiapkan media yang sesuai

Setelah pot disiapkan dengan baik, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam yang akan dimasukkan kedalam pot nantinya. Ketika mempersiapkan media tanam, harus ada kesesuaian yang dipatuhi oleh penanam. Yaitu dengan mempersiapkan media tanam yang dapat membantu pertumbuhan tanaman kelengkeng/lengkeng king long yang akan ditanam didalam pot nantinya.

Media tanam yang dapat digunakan dalam menanam kelengkeng/lengkeng king long didalam pot salah satunya adalah tanah yang dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1. Pupuk kandang yang dipakai sebagai campuran media tanam tersebut dapat menggunakan sisa kotoran kambing yang dipercaya memiliki zat hara yang berguna bagi pertuumbuhan tanaman kelengkeng/lengkeng.

  1. Mempersiapkan bibit yang berkualitas

Sebelum menanam tanaman kelengkeng/lengkeng king long didalam pot, terlebih dahulu penanam harus mempersiapkan bibit yang berkualitas. Dalam upaya mempersiapkan bibit yang berkulitas, dapat dilakukan dengan membeli di penjual bibit kelengkeng/lengkeng king long terdekat. Bibit yang berkualitas tersebut memiliki harapan untuk dapat berbuah yang lebih besar dari pada bibit yang tidak berkualitas. Jadi, pemilihan bibit harus dilakukan dengan cermat.

  1. Mulai menanam

Setelah ketiga bahan diatas sudah disiapkan, maka penanaman tanaman kelengkeng/lengkeng didalam pot juga siap dilakukan. Caranya cukup sederhana dan mudah saja. Pertama, media tanama yang telah diap tersebut dimasukkan kedalam pot yang sudah disiapkan pula. Kedua, bibit kelengkeng/lengkeng king long yang berkualitas dapat ditanam di media tanam tersebut dengan cara melubangi terlebih dahulu media tanam tersebut. Setelah ukuran lubangnya kira-kira cukup, bibit kelengkeng/lengkeng king long dapat ditancapkan kemudian lubang tersebut ditutup kembali.

Itulah cara mudah membuat tabulampot kelengkeng king long yang dapat dipraktekan oleh siapa saja yang ingin mempraktekannya. Setelah tabulampot kelengkeng/lengkeng king long tersebut jadi, jangan lupa untuk merawat tanaman tersebut agar dapat cepat berbuah dan bisa segera memetik buah kelengkeng/lengkeng dari tanaman milik sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE