Cara Mudah Membuat Tabulampot Kelengkeng Itoh

Urbanina.com – Pembuatan tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Karena, terdapat cara mudah membuat tabulampot kelengkeng itoh tersebut. Dan diidalam artikel ini, Urbanina akan sedikit membahas tentang cara mudah membuat tabulampot kelengkeng itoh tersebut. Selain dapat dilakukan dengan mudah, pembuatan tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh berikut ini juga tidak membutuhkan peralatan yang sulit untuk didapatkan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh ini bahkan hanya menggunakan barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai lagi. Dengan kemudahan cara mudah membuat tabulampot kelengkeng itoh tersebut, diharapkan para hobiis bercocok tanam bisa menyalurkan hobinya dalam menanam tanaman kelengkeng/lengkeng itoh didalam pot. Karena dengan ditanam didalam pot, tanaman kelengkeng/lengkeng itoh tidak hanya dapat berbuah, tetapi juga bisa dijadikan tanaman hias di depan rumah.

cara mudah membuat tabulampot kelengkeng itoh

Tanpa basa basi, berikut ini adalah beberap tahapan atau cara mudah membuat tabulampot kelengkeng itoh.

  1. Tahapan penyiapan pot

Pot yang digunakan untuk membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng dapat menggunakan barang bekas berupa drum yang sudah tidak dipakai lagi. Drum bekas tersebut adalah salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai pot tanaman kelengkeng/lengkeng itoh nantinya. Karena, ukuran drum tersebut memiliki kesesuaian dengan ukuran yang ditentukan sekaligus memiliki kekuatan yang kuat untuk menahan massa tanaman kelengkeng/lengkeng itoh nantinya ketika tumbuh besar.

  1. Tahapan menyiapan media

Media yang digunakan untuk membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng juga cukup dengan memanfaatkan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang. Pupuk kandang yang dibutuhkan untuk media tersebut juga dapat diperoleh dengan memanfaatkan sisa kotoran kambing. Sisa kotoran kambing tersebut selain mudah didapat, juga memiliki berbagai zat hara yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman kelengkeng/lengkeng itoh yang ditabulampot tersebut. Untuk takaran tanah dan pupuk kandang yang dicampur sebagai media, dapat diberikan dengan perbandingan 3:1.

  1. Tahapan penyiapan bibit

Penyiapan bibit menjadi tahapan yang ketiga dalam daftar ini. Setelah menyiapkan pot dan media tanam, langkah yang selanjutnya adalah menyiapkan bibit kelengkeng/lengkeng itoh yang berkualitas. Mengapa bibit kelengkeng/lengkeng itoh tersebut harus berkualitas? Karena bibit yang baik akan dapat menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan baik pula, begitu juga sebaliknya berlaku bagi bibit yang kurang baik kualitasnya. Oleh karena itu, pemilihan bibit yang berkualitas dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

Cara pertama mendapatkan bibit yang baik adalah dengan pencangkokan, yaitu mencangkok pohon kelengkeng/lengkeng itoh yang telah teruji kualitas tanamannya. Pohon  kelengkeng/lengkeng itoh yang berkualitas adalah pohon yang telah memiliki kemampuan untuk berbuah di tiga musim berturut-turut. Cara mencangkok ini selain murah, juga sudah tidak asing lagi dilakukan oleh para hobiis bercocok tanam. Namun, bila kesulitan mendapatkan pohon kelengkeng/lengkeng yang berkualitas, pemilihan bibit yang berkualitas dapat dilakukan dengan cara yang kedua berikut ini.

Cara kedua untuk mendapatkan bibit yang berkualitas adalah dengan membelinya. Usahakan untuk membeli bibit kelengkeng/lengkeng itoh ditempat yang terpercaya. Dan juga pilihlah bibit yang dihasilkan dari hasil okulasi atau pencangkokan, karena memiliki kualitas yang leibh baik dari pada bibit yang berasal dari penyemaian benih.

  1. Tahapan penanaman

Tahapan selanjutnya yang juga tahapan terakhir adalah tahapan penanaman. Untuk menanam bibit kelengkeng/lengkeng yang sudah siap ini, terlebih dahulu media tanam dimasukkan ke dalam pot. Media tanam tersebut kemudian dilubangi sebagian agar bibit kelengkeng/lengkeng yang sudah siap dapat ditanam atau ditancapkan di media tanam tersebut. Setelah bibit ditanam, maka tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh tersebut siap untuk dirawat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE