Cara Mudah Membuat Tabulampot Kelengkeng Aroma Durian

Urbanina.com – Menanam tanaman kelengkeng/lengkeng didalam pot memang menjadi salah satu kegiatan yang memiliki dua keuntungan sekligus yang didapat dari satu usaha saja. Dari menanam tanaman kelengkeng/lengkeng didalam pot, penanam dapat mendapatkan buah yang rasanya manis, serta dapat menggunakan tanaman tersebut sebagai tanaman hias yang menghiasi halaman rumahnya. Salah satu jenis kelengkeng/lengkeng yang dapat ditanam didalam pot adalah tanaman kelengkeng/lengkeng aroma durian. Sesuai namanya, jenis kelengkeng/lengkeng yang satu ini memang memiliki aroma yang mirip dengan aroma buah durian. Seseorang yang memiliki hobi bercocok tanam dengan menggunakan pot tentu tertarik untuk menanam tanaman kelengkeng/lengkeng aroma durian ini. Dan kabar baiknya, terdapat cara mudah membuat tabulampot kelengkeng aroma durian tersebut.

cara mudah membuat tabulampot kelengkeng aroma durian

Membuat tabulampot (tanaman buah didalam pot) kelengkeng/lengkeng aroma durian memang dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Maka dari itu, kali ini Urbanina akan membahas secara ringkas tentang cara mudah membuat tabulampot kelengkeng aroma durian. Cara mudah yang kami tulis ini setidaknya mengandung dua unsur pokok yaitu menyiapkan bahan dan memulai penanaman. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah cara mudah membuat tabulampot kelengkeng aroma durian.

  1. Menyiapkan bahan ke-1 : pot

Mempersiapkan pot adalah langkaha awal yang diperlukan untuk membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng aroma durian. Langkah awal tersebut tentu dapat dilakukan dengan mudah. Bila seseorang memiliki drum bekas, dia dapat menggunakan drum tersebut sebagai pot tanaman kelengkeng/lengkeng nantinya. Caranya, dengan terlebih dahulu melubangi bagian dasar pot agar air yang terlalu banyak dapat dikeluarkan dari pot nantinya. Namun, bila tidak memiliki drum bekas, orang dapat memanfaatkan bahan lain yang memiliki kekuatan yang tangguh untuk menampung tanaman nantinya ketika besar, serta ukurannya kurang lebih seukuran dengan drum tersebut.

  1. Menyiapkan bahan ke-2 : media tanam

Bahan kedua yang perlu disiapkan adalah media tanam. Cara mudah mempersiapkan media tanam adalah dengan cara menyiapkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1. Pupuk kandang yang disiapkan tersebut bisa dengan memanfaatkan sisa kotoran kambing. Kotoran kambing tersebut dipilih karena memiliki peran yang baik untuk membantu pertumbuhan tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam di media tanam tersebut.

  1. Menyiapakan bahan ke-3 : bibit tanaman

Bibit tanaman yang diperlukan tentu adalah bibit kelengkeng/lengkeng aroma durian. Bibit kelengkeng/lengkeng aroma durian ini dapat diperoleh dengan cara membeli di toko atau penjual bibit kelengkeng/lengkeng aroma terdekat. Apabila tidak ada penjual yang jaraknya dekat dari rumah, penanam dapat mencoba untuk membeli bibit kelengkeng/lengkeng aroma durian tersebut dari penjual online yang bisa dihubungi dari jaringan internet.

Upaya penyiapan bibit juga dapat dilakukan dengan mencangkok tanaman kelengkeng/lengkeng aroma durian yang sudah pernah berbuah selama 3 kali berturut-turut. Setelah bibitnya siap, dapat dilanjutkan ke langkah berikutnya dalam cara mudah membuat tabulampot kelengkeng aroma durian dibawah ini.

  1. Mulai penanaman

Langkah yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, yaitu menanam bibit kelengkeng/lengkeng aroma durian didalam pot. Pertama-tama, pot yang sudah disiapkan tersebut diisi dengan media tanam yang telah disiapkan diatas. Kemudian, buat lubang secukupnya di media tanam yang ada didalam pot. Lubang tersebut kemudian ditanami bibit kelengkeng/lengkeng aroma durian yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah lubang tersebut ditanami bibit dan ditutup kembali, maka bibit kelengkeng/lengkeng aroma durian telah tertanam dan tabulampot kelengkeng/lengkeng aroma durian telah siap dipajang didepan rumah.

Sebaiknya, tabulampot kelengkeng/lengkeng aroma durian tersebut dirawat dengan baik agar dapat tumbuh dengan sehat. Ketika musim hujan, jangan lupa untuk mengecek media tanam yang ada didalam pot karena dikhawatirkan akan terjadi genangan air yang dapat berakibat buruk terhadap pertumbuhan tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE