Cara Merangsang Pembuahan Pada Kelengkeng

Cara Merangsang Pembuahan Pada Kelengkeng

Urbanina.com – Teknik budidaya kelengkeng berbuah lebat amat mudah dilakukan, tetapi Anda mesti mengetahui bagaimana rahasianya. Kelengkeng merupakan tanaman yang sangat terkenal dan termasuk pada buah-buahan yang digemari banyak orang. Barangkali lantaran rasanya yang enak dan manis. Tidak cuma itu, buah kelengkeng di pasaran harganya stabil dan tinggi sehingga petani gemar sekali menanamnya. Namun cara merangsang pembuahan pada kelengkeng masih belum begitu banyak diketahui para pembudidaya.

Tanaman kelengkeng yang usianya telah puluhan tahun tetapi sukar berbuah, ini umumnya berhubungan erat pada varietas atau jenisnya. Memang ada berbagai faktor penyebab pohon kelengkeng yang dibudidayakan di kebun susah berbuah. Beberapa faktor itu diantaranya asal bibit, kesuburan tanah , dan ketinggian tempat. Bila Anda tinggal di dataran rendah tetapi menanam pohon kelengkeng dataran tinggi, tentunya akan sulit sekali untuk berbuah, walaupun telah berusia puluhan tahun.

Cara Merangsang Pembuahan Pada Kelengkeng

Hal itu dikarenakan iklim mikro yang tidak sesuai atau suhu dan kelembabannya yang tidak cocok hingga tanaman tidak mau mengeluarkan bunga. Maka dari itu dibutuhkan perlakuan dan nutirsi tersendiri untuk membuat kelengkeng-kelengkeng itu memproduksi buah. Salah satunya dengan cara merangsang pembuahan pada kelengkeng tersebut melalui pemupukan tanaman menggunakan pupuk yang berisi unsur potassium klorat. Potassium klorat adalah bahan dasar pembuat mercon yang dikenal juga sebagai pupuk booster kelengkeng.

Cara merangsang pembuahan pada kelengkeng dengan pemberian pupuk booster memiliki tujuan untuk memacu waktu menghasilkan buah atau memilih kapan waktunya untuk bisa berbuah sesuai dengan  yang dibutuhan. Adapun pupuk booster kelengkeng umumnya terdiri atas potassium klorat, KNO3, asam amino  serta unsur makro dan mikro yang komplit. Kelengkeng yang telah dapat dibooster umumnya sudah berusia 6 bulan dan dalam keadaan sehat. Pemboosteran sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari selama paling sedikit 4 jam. Biar nutrisinya meresap sempurna sebaiknya upayakan supaya tidak terkena hujan.

Berikut cara merangsang pembuahan pada kelengkeng dengan pemboosteran supaya tanaman kelengkeng mudah berbuah:

  • Tanaman atau pohon kelengkeng mesti tidak terkena sinar matahari penuh, pucuk daun berwarna hijau muda (setengah tua), sehat dan berumur minimum 6 bulan.
  • Kulit ari pada batang pokok dan cabang-cabang utama dikerok, namun jangan terluka, bagian kulitnya yang tipis berwarna kecoklatan cukup dikelupas saja.
  • 1 paket pupuk booster dicampur dengan air bersih sebanyak 4-5 liter lalu diaduk sampai semuanya larut.
  • Lap kain bersih dicelupkan ke dalam larutan berisi pupuk booster. Gunakanlah lap tersebut untuk membasuh cabang primer dan batang pokok hingga basah dengan merata. Ulangilah hingga 2 kali bila perlu.
  • Sisa larutan pupuk booster disiramkan pada seputar ujung batang tanaman kelengkeng.

Pada umumnya bakal bunga akan keluar pada usia 21 hari sesudah diberikan pupuk booster. Bila bakal buah belum juga terlihat sebaiknya tunggu hingga maksimal 2 bulan. Tetapi bila lebih dari 2 bulan bakal bunga belum pula muncul dan yang keluar cuma tunas daunnya saja, jadi penerapan pupuk booster dinilai gagal. Tapi tidak perlu cemas bila keadaan tanaman sehat dapat segera dibooster kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *