Cara Menggunakan Pupuk Perangsang Buah Kelengkeng

Cara Menggunakan Pupuk Perangsang Buah Kelengkeng

Urbanina.com - Menanam kelengkeng/lengkeng di pekarangan dapat menjadi sarana yang tepat untuk menyalurkan hobi. Dengan memiliki tanaman kelengkeng/lengkeng di pekarangan, maka suatu saat dia akan dapat dengan mudah memetik buah kelengkeng/lengkeng di pekarangannya tersebut apabila telah berbuah. Dengan perawatan yang cukup mudah, tanaman kelengkeng/lengkeng dapat dengan mudah dibuahkan oleh penanam tersebut. Juga terdapat berbagai jenis tanaman kelengkeng/lengkeng yang dapat ditanam di pekarangan rumah tersebut, seperti jenis kelengkeng/lengkeng itoh maupun kelengkeng/lengkeng pingpong. Namun, khusus untuk proses pembuahan kelengkeng/lengkeng dataran rendah tersebut, harus terlebih dahulu dirangsang dengan obat perangsang pembuahan atau ada juga yang menyebutnya dengan pupuk perangsang buah. Dan mengenai hal tersebut, kali ini kami akan membahas tentang cara menggunakan pupuk perangsang buah kelengkeng agar dapat segera berbuah. cara menggunakan pupuk perangsang buah kelengkeng Mudah saja prosedur yang digunakan pada cara menggunakan pupuk perangsang buah kelengkeng tersebut. Yang perlu diperhatikan hanyalah kemauan belajar orang itu sendiri apakah mau belajar atau tidak. Selama masih ada kemauan yang kuat untuk belajar, maka cara menggunakan pupuk perangsang buah kelengkeng tersebut akan dapat dilakukan dengan mudah. Baiklah, tanpa basa-basi, berikut ini adalah beberapa pilihan cara yang dapat digunakan untuk menggunakan pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut.
  1. Cara pertama : melalui akar tanaman
Cara pertama dapat dikatakan sebagai cara yang paling umum yang digunakan ketika memberikan pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng ini. Secara garis besar, cara menggunakan pupuk perangsang buah kelengkeng yang melalui akar tanaman ini memiliki cara yang hampir sama dengan ketika menyiram tanaman. Karena pemberian pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut cukup dilakukan dengan menyiramkan larutan obat perangsang buah tersebut kedalam tanah, sehingga akan diserap dengan baik oleh tanaman kelengkeng/lengkeng. Agar cara ini berhasil dilakukan, ada baiknya agar penanam mengkondisikan tanah sekitar tanaman kelengkeng/lengkeng. Misalnya, dilakukan penggemburan tanah terlebih dahulu sebelum memberikan pupuk perangsang buah agar nantinya dapat meresap dengan baik. Menghilangkan tamanan liar disekitar tanaman kelengkeng/lengkeng juga dapat dilakukan agar obat perangsang buah tersebut dapat diserap secara optimal oleh tanaman tanpa harus rebutan dengan tanaman lainnya. Yang paling penting, pemberian obat perangsang buah kelengkeng/lengkeng melalui akar ini harus dilakukan ketika setelahnya tidak turun hujan. Data menyebutkan bahwa pemberian pupuk perangsang dapat mengalami kegagalan apabila kurang dari 4 jam setelah pemberian pupuk tersebut terjadi turun hujan.
  1. Cara kedua : melalui batang tanaman
Cara yang kedua adalah dengan cara melalui batang tanaman. Meskipun kurang familiar, namun, cara ini tidaklah terlalu rumit dan dapat dilakukan siapa saja. Pupuk perangsang buah yang diberikan melalui batang, merupakan cara yang lebih modern tentunya. Caranya, bor terlebih dahulu batang pohon kelengkeng/lengkeng sampai menembusa bagian dalam batang. Kemudian, berikan larutan pupuk perangsang buah kelengkeng/lengkeng tersebut langsung melalu lubang hasil pengeboran tersebut. Setelah selesai, lubang tersebut cukup ditutup dengan rapat dan pupuk pernagsang pembuahan tersebut akan bekerja dengan baik.
  1. Cara ketiga : melalui daun tanaman
Cara yang ketiga adalah cara yang paling sederhana, yaitu melalui daun tanaman. Pupuk perangsang buah juga dapat diberikan melalui daun tanaman dengan cara menyemprotkan secra merata larutan pupuk perangsang buah tersebut ke dedaunan pohon kelengkeng/lengkeng yang diinginkan. Dengan berbagai macam cara penggunaan pupuk perangsang buah diatas, petani atau pemiliki tanaman kelengkeng/lengkeng dapat leluasa memilih cara yang dirasa peling cocok sekaligus pilihan larutan yang tersedia di pasar. Pada umumnya, memang penggunaan pupuk perangsang pembuahan memang dilakukan dengan cara yang pertama yaitu melalui akar tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *