Cara Mengatasi Kelengkeng Itoh Yang Sulit Berbuah

Cara Mengatasi Kelengkeng Itoh Yang Sulit Berbuah

Urbanina.com – Kelengkeng/lengkeng itoh merupakan salah satu dari banyak jenis kelengkeng/lengkeng unggulan yang dapat tumbuh di tanah Indonesia. Apalagi tanaman kelengkeng/lengkeng itoh selain dapat ditanam di dataran tinggi, juga dapat ditanam di dataran rendah. Sehingga, semua kalangan masyarakat yang hidup baik di dataran rendah ataupun di dataran tinggi memiliki kesempatan yang sama untuk dapat menanam tanaman kelengkeng/lengkeng itoh ini. Tetapi, terkadang masih ada saja orang yang mencoba menanam tanaman kelengkeng/lengkeng itoh di pekarangan rumahnya, namun tanaman tersebut tidak dapat berbuah dengan baik. Padahal, batang dan daun tanaman sudah tumbuh dengan kuat dan segar, umur pohon kelengkeng/lengkeng tersebut juga sudah wktunya untuk dapat berbuah. Oleh sebab itu, akan kami tulis dengan ringkas mengenai cara mengatasi kelengkeng itoh yang sulit berbuah pada artikel ini.

cara mengatasi kelengkeng itoh yang sulit berbuah

Menanam kelengkeng/lengkeng itoh memang menjadi salah satu hal yang sangat positif untuk dilakukan. Karena, dengan menanam tanaman kelengkeng/lengkeng itoh sendiri, penanam akan dapat menikmati dengan mudah manisnya buah kelengkeng/lengkeng itoh dari pohon yang ditanamnya. Namun, ketika sudah berusaha menanam bibit kelengkeng/lengkeng itoh dan merawatnya dengan benar tetapi pohon tersebut tidak berbuah ketika sudah waktunya berbuah, dapat menjadikan orang kecewa dengan usahanya yang tampak sia-sia. Menurut kami, sebenarnya usahanya tersebut bukanlah sia-sia karena tanaman kelengkeng/lengkeng yang ia tanam tersebut masih memiliki kesempatan untuk dapat berbuah dengan baik.

Biasanya, tanaman kelengkeng/lengkeng itoh yang sulit berbuah tersebut adalah jenis kelengkeng/lengkeng itoh yang ditanam didataran rendah. Dan kelengkeng/lengkeng itoh yang ditanam di dataran rendah tidak akan dapat berbuah apabila belum mendapatkan penanganan khusus dari penanam yang bernama pemberian obat perangsang pembuahan. Dan pemberian obat perangsang pembuahan inilah yang menjadi cara mengatasi kelengkeng itoh yang sulit berbuah di dataran rendah. Perlu ditekankan bahwa pohon kelengkeng/lengkeng itoh yang ditanam di dataran rendah memerlukan cara diatas untuk dapat berbuah, berbeda dengan pohon kelengkeng/lengkeng itoh di dataran tinggi yang dapat berbuah sendiri secara alami tanpa diberi obat perangsang pembauahan tersebut.

Cara mengatasi kelengkeng itoh yang sulit berbuah dengan pemberian obat perangsang pembuahan tersebut tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan jika orang mau mempelajari caranya terlebih dahulu. Untuk dapat memberikan obat perangsang pembuahan terhadap tanaman kelengkeng/lengkeng itoh, setidaknya terdapat tiga cara yang dapat dilakukan. Ketiga cara tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Melalui akar

Pemberian obat perangsang pembuahan dapat dilakukan melalui akar tanaman kelengkeng/lengkeng itoh. perlu diketahui terlebih dahulu, obat perangsang pembuahan kelengkeng/lengkeng itoh ini dapat dibeli di toko pertanian terdekat yang terjangkau. Kembali kepada pemberian obat perangsang pembuahan, cara yang dilakukan melalui akar tersebut dapat dilakukan dengan cara yang mirip ketika melakukan penyiraman terhadap tanaman.

Caranya, pertama-tama harus terlebih dahulu melarutkan obat perangsang pembuahan dengan dosis yang telah tertulis di label. Lalu, larutan tersebut diberikan terhadap tanaman seperti ketika menyiram tanaman. Apabila menggunakan cara pertama ini, hindari waktu akan turunnya hujan, karena apabila hujan turun setelah pemberian obat tersebut, maka dosis obat yang sudah meresap bisa saja rusak tercampur dengan air hujan.

  1. Melaui batang

Pemberian juga dapat dilakukan dengan cara yang kedua yaitu melalui batang pohon kelengkeng/lengkeng itoh. Caranya, batang pohon di bor terlebih dahulu sebelum obat perangsang pembuahan diberikan.

  1. Melalui daun

Cara mengatasi kelengkeng itoh yang sulit berbuah adalah dengan pemberian obat perangsang. Dan cara pemberian obat perangsang yang ketiga adalah dengan cara pemberian melalui daun-daunnya. Pemberian obat tersebut dapat dilakukan dengan cukup mudah yaitu dengan disemprotkan ke daun-daun pohon kelengkeng/lengkeng itoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *