Cara Menanam Lengkeng Itoh Super Dalam Pot

Urbanina.com - Menanam tanaman buah didalam pot menjadi salah satu tren yang sudah banyak diggeluti oleh sebagian masyarakat Indonesia. Tanaman tersebut kemudian mendapatkan nama khusus yaitu Tabulampot. Tabulampot sendiri adalah singkatan dari tanaman buah didalam pot. Berbagai tabulampot tersebutpun dapat tumbuh subur dan bisa sampai berbuah. Salah satu tanaman buah yang dapat ditanam didalam pot adalah tanaman lengkeng itoh super. Selain memiliki rasa buah yang sangat manis dibandingkan dengan jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah lainnya, rupanya buah kelengkeng/lengkeng itoh juga memiliki tanaman yang dapat ditanam didalam pot yang mana juga bisa menjadi salah satu hal untuk menyalurkan hobi. Lalu, bagaimana cara menanam lengkeng itoh super dalam pot tersebut? cara menanam lengkeng itoh super dalam pot Kali ini, Urbanina akan membahas mengenai cara menanam lengkeng i toh super dalam pot yang dapat dilakukan dengan sederhana. Dengan mengetahui cara menanam lengkeng itoh super dalam pot tersebut, maka orang akan denga mudah dapat memetik buah kelengkeng/lengkeng dari tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh super apabila telah tiba waktunya untuk panen. Tanpa basa-basi, cara menanam lengkeng itoh super dalam pot dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.
  1. Menyiapkan alat dan bahan
Untuk dapat menanam lengkeng itoh super didalam pot, ada beberapa alat dan hbahan pokok yang perlu dipersiapkan, yaitu bibit kelengkeng/lengkeng itoh, pot, media tanam, dan alat-alat pendukung seperti cangkul dan sebagainya. Untuk menyiapakan bibit, penanam dapat memperoleh bibit kelengkeng/lengkeng itoh super dengan cara membeli di penjual bibit kelengkeng/lengkeng itoh super. Apabila sudah memiliki tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super yang pernah berbuah, penanam dapat memperoleh bibit yang dibutuhkan dari tanaman kelengkeng/lengkeng itoh yang sudah berbuah tersebut dengan cara mencangkoknya. Lalu, pot yang disiapkan sebaiknya memiliki ukuran yang agak besar, agar dapat menyangga tanama ketika tumbuh besar nantinya. Sekedar saran, penanam dapat menggunakan drum bekas yang bagian bawahnya dilubangi secukupnya agar air dapat meresap ke tanah. Sedangkan media tanam yang disarankan adalah berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.
  1. Menanam bibit kelengkeng/lengkeng itoh
Setelah alat dan bahan disiapkan, maka bibit kelengkeng/lengkeng itoh super dapatlangsung ditanam di dalam pot dengan cara berurutan memasukkan sebagian media tanam, lalu meletakkan bibit dan menjaganya tetap tegak, dan memasukkan sisa media tanam untuk mengubur akar dan sebagian batang bibit kelengkeng/lengkeng.
  1. Merawat tumbuh bibit sampai siap berbuah
Ada 3 hal yang harus dilakukan untuk merawat bibit kelengkeng/lengkeng agar tumbuh sehigga suatu saat siap dibuahkan. Berikut penjelasannya satu-persatu. Pertama, menyiram tanaman. Tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditabulampot harus mendapatkan asupan air yang cukup dari penanam itu sendiri. Kedua, menyediakan sinar matahari. Tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam didalam pot harus mendapatkan sinar matahari yang cukup untukdigunakan tanaman sebagai bahan ketika proses fotosintesis. Upaya menyediakan sinar matahari tersebut dapat dilakukan dengan menempatkan tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh super tersebut di tempat yang tidak terhalang sinar matahari. Ketiga, memangkas tanaman. Pemangkasan ini dilakukan dengan memotong ranting tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut yang tajuknya tumbuh menjulang keatas. Proses ini dapat mencegah tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super ini tumbuh menjulang tinggi, sehingga dapat tumbuh dengan tajuk yang rapi dan serta rimbun.
  1. Membuahkan tanaman
Tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super yang ditanam didalam pot akan memiliki kemampuan untuk berbuah di umur sekitar 2 tahun. Untuk cara membuahkannya kurang lebih sama dengan tanaman yang ditanam di tanah langsung, yaitu dengan memberikan obat perangsang pembuahan terlebih dahulu, baru 4-5 bulan tanaman tersebut dapat berbuah. Demikian artikel mengenai cara menanam lengkeng itoh super dalam pot. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *