Cara Menanam Kelengkeng Itoh Didepan Rumah

Urbanina.com – Kelengkeng/lengkeng itoh merupakan salah satu varietas kelengkeng/lengkeng yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kelengkeng/lengkeng varietas lainnya. Kelengkeng/lengkeng itoh memiliki rasa yang sangat manis, daging buah yang tebal dan tidak berair, serta biji yang kecil. Sehingga, buah kelengkeng/lengkeng itoh termasuk di salah satu dari banyak jenis kelengkeng/lengkeng yang banyak disukai masyarakat. Karena perkembangan pertanian kelengkeng/lengkeng yang semakin maju, saat ini pecinta kelengkeng/lengkeng dapat menanam bibit kelengkeng/lengkeng itoh yang buahnya segar ini didepan rumah mereka. Dengan begitu, pecinta kelengkeng/lengkeng dapat menikmati kesegaran buah kelengkeng/lengkeng ini dengan memetiknya langsung dari pohon didepan rumah mereka. Lalu, bagaimana cara menanam kelengkeng itoh didepan rumah ? Berikut ulasannya.

menanam kelengkeng itoh didepan rumah

Menanam kelengkeng itoh didepan rumah memang sangat mungkin dilakukan karena tanaman kelengkeng/lengkeng merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat hidup dimana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Namun, untuk diketahui diawal bahwa tanaman kelengkeng/lengkeng itoh merupakan jenis tanaman yang dapat berbuah apabila telah dilakukan pemberian obat perangsang pembuahan. Jadi, setelah orang berhasil menanam kelengkeng itoh didepan rumahnya dan telah siap untuk dibuahkan, maka dia harus memberikan obat perangsang pembuahan terhadap tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut.

Untuk dapat menanam kelengkeng itoh didepan rumah, berikut caranya.

  1. Siapkan lahan didepan rumah yang cocok

Tidak semua titik lahan didepan rumah adalah lahan yang cocok untuk ditanami tanaman kelengkeng/lengkeng ini. salah satu yang menjadi pertimbangan ketika memilih lahan didepan rumah yang cocok adalah dengan mempertimbangkan ketersediaan sinar matahari di lahan didepan rumah tersebut. Jika telah ditemukan lahan yang yang cukup mendapatkan sinar matahari, maka lahan tersebut dapat dikatakan cocok ditanami kelengkeng/lengkeng itoh.

  1. Siapkan bibit yang bagus

Bibit kelengkegn itoh dapat diperoleh dengan membelinya di penjual bibit. Atau juga bisa dengan mencangkok dari pohon kelengkeng/lengkeng itoh yang telah tumbuh besar.

  1. Siapkan komposisi lubang di lahan yang telah dipilih, dan tanam!

Lahan didepan rumah yang cocok kemudian perlu dilubangi sebagai tempat ditanami bibit nantinya. Sebagai contoh, lahan tersebut dilubangi dengan ukuran panjang x lebar x tinggi, 100 x 100 x 40 cm. Lalu, tambahkan pupuk kandang sebanyak 5-10 kg di lubang tersebut. Lalu, biarkan pupuk tersebut mendapatkan sinar matahari selama satu hari, dan komposisi lubang telah siap.

Setelah komposisi lubang tersebut siap, bibit kelengkeng/lengkeng dapat ditanam dan dilanjutkan ke langkah yang keempat yaitu perawatan tanaman kelengkeng/lengkeng.

  1. Perawaatan tanaman kelengkeng/lengkeng

Perawatan tanaman kelengkeng/lengkeng adalah hal yang memerlukan kecermatan yang tinggi dari penanam. Langsung saja, berikut ini adalah beberap hal yang dilakukan untuk merawatn tanaman kelengken gitoh yang tumbuh didepan rumah.

Pertama, proses pendangiran. Pendangiran dilakukan dengan cara menyingkirkan rerumputan atau tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar tanaman kelengkeng/lengkeng, sekaligus dengan menggemburkan tanah.

Kedua, proses pemupukan kembali. Pemupukan kembali dilakukan secara rutin dengan menggunakan pupuk kandang berupa kotoran kambing.

Ketiga, proses pemangkasan. Pemangkasan adalah langkah memotong atau memangkas ranting pohon yang menjulang keatas, agar pertumbuhan tanaman tidak terlalu tinggi sehingga mudah dirawat. Pemangkasan juga bisa membuat tanaman menghasilkan banyak cabang kesamping, sehingga tanaman akan rindang. Disarankan melakukan pemangkasan di bulan ke-6, ke-9 dan ke-12 dan setelahnya disesuaikan kebutuhan.

  1. Panen tanaman kelengkeng/lengkeng

Panen adalah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para penanam. Seperti yang telah dijelaskan diawal, bahwa panen kelengkeng/lengkeng itoh dapat dilakukan setelah pohon dibauahkan dengan obat perangsang yang dijual di toko pertanian. Biasanya, panen kelengkeng/lengkeng itoh dapat dilakukan di sekitar 5 bulan setelah pemberian obat perangsang pembuahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *