Cara Membuat Tabulampot Kelengkeng Itoh Cepat Berbuah

Cara Membuat Tabulampot Kelengkeng Itoh Cepat Berbuah

Urbanina.com – Tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh menjadi salah satu pilihan tanaman buah didalam pot (tabulampot) yang direkomendasikan karena memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan jenis tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh adalah daya tahan yang dimiliki tanaman tersebut ketika ditanam di dataran rendah. Pada umumnya, tanaman kelengkeng/lengkeng hanya dapat tumbuh didataran tinggi dengan suhu yang ditentukan. Namun, berbeda dengan jenis kelengkeng/lengkeng itoh ini yang tetap dapat hidup dengan baik meskipun ditumbuhkan di dataran rendah. Sehingga, penanam disarankan untuk membuat tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh ini. Selain dapat tumbuh baik didataran rendah, jenis kelengkeng/lengkeng itoh ini juga memiliki perawatan atau cara khusus yang membuatnya memiliki kemampuan agar cepat berbuah meskipun ditanam didalam pot. Maka dari itu, kali ini Urbanina akan membahas tentang cara membuat tabulampot kelengkeng itoh cepat berbuah yang tentunya mudah untuk dipraktekan.

cara membuat tabulampot kelengkeng itoh cepat berbuah

Berikut ini adalah tiga cara membuat tabulampot kelengkeng itoh cepat berbuah. Dengan perpaduan tiga cara tersebut, maka kelengkeng/lengkeng itoh yang ditabulampot akan memilik pertumbuhan yang lebih pesat sehingga cepat dibuahkan pula. Adapun ketiga cara tersebut dimulai dari nomor satu berikut ini, yaitu menyiram tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh.

  1. Menyiram tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh

Kegiatan menyiram ada di urutan pertama dalam cara membuat tabulampot kelengkeng itoh cepat berbuah. Kegiatan menyiram tanaman tentu bukanlah suatu kegiatan asing bagi hobiis bercocok tanam, bukan pula kegiatan yang sulit untuk dilakukan. Dan kegiatan menyiram tersebut rupanya memiliki dampak yang besar terhadap pertumbuhan tabulampot kelengkeng/lengkeng. Hal ini disebabkan karena air memiliki berbagai zat yang bermanfaat untuk membantu perkembangan jaringan pertumbuhan pada tanaman kelengkeng/lengkeng itoh yang ditabulampot tersebut.

Menyiram tanaman didalam pot memang mudah, tetapi untuk menumbuhkan tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh ini diperlukan tata cara tertentu yang harus dipatuhi. Tatacara tersebut sebenarnya juga tidaklah sulit untuk dipatuhi. Yaitu, penyiraman yang dilakukan terhadap tabulampot kelengkeng/lengkeng tersebut dilakukan dengan takaran yang cukup. Takaran cukup tersebut dapat ditandai dengan tidak adanya air tergenang didalam pot, tetapi juga jangan sampai air yang diberikan hanya sedikit sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Penanam juga perlu menjaga ketersediaan air didalam pot agar tetap cukup tersedia terutama pada saat musim kemarau tiba.

  1. Memupuk tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh

Cara membuat tabulampot kelengkeng itoh cepat berbuah yang kedua adalah dengan mengupayakan pemupukan terhadap tanaman tersebut. Sepeti pada proses penyiraman, pemupukan juga bukanlah sesuati yang asing bagi hobiis bercocok tanam, tetapi juga harus dilakukan sesuai aturan. Memupuk tabulampot kelengkeng/lengkeng memang harus dilakukan sesuai aturan agar pupuk yang diberikan tersebut bisa efektif dan membantu pertumbuhan tanaman dengan baik. Pemupukan tabulampot kelengkeng/lengkeng sendiri disarankan untuk menggunakan pupuk kandang yang berasal dari sisat kotoran kambing. Penggunaan pupuk kimia hanya dilakukan jika sangat dibutuhkan saja.

  1. Memangkas tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh

Agar cepat berbuah, tabulampot kelengkeng/lengkeng juga perlu dipangkas pada bagian tajuknya yang tumbuh menjulang keatas. Hal ini dapat menghindarkan tanaman kelengkeng/lengkeng itoh dari tumbuh tinggi menjulang sehingga akan tumbuh pendek dan rindang saja. Pemangkasan ini dapat dilakukan dengan menggunakan gergaji atau alat lainnya untuk memotong ranting tanaman yang perlu dipangkas. Pemangkasan juga dapat memicu tumbuhnya tajuk yang lebih rindang sehingga peluang banyaknya dompolan buah yang dihasilkan juga semakin besar.

Itulah tiga hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses pembuahan pada tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh super. Bila umurnya sudah cukup, tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh dapat dibuahkan dengan cara memberikan terlebih dahulu obat perangsang pembuahan yang dapat dibeli di toko pertanian. Dan di usia 4-5 bulan setelah pemberian obat perangsang, dompolan buah kelengkeng/lengkeng dari tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh dapat dipanen dan dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *