Cara Membuahkan Kelengkeng New Kristal

Urbanina.com – Kelengkeng/lengkeng memiliki beberapa jenis unggul yang dapat dibudidayakan dan memberikan keuntungan yang lebih besar kepada petani. Salah satu jenis kelengkeng/lengkeng yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar adalah jenis kelengkeng/lengkeng itoh, yang masa panennya dapat diatur oleh petani itu sendiri. Setelah petani berhasil membudidayakan kelengkeng/lengkeng itoh, mereka terus berusaha menggunakan teknologi pertanian untuk mengembangkan pertanian kelengkeng/lengkeng tersebut. Salah satu hasil dari perkembangan tersebut adalah dengan munculnya kelengkeng/lengkeng jenis baru yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan kelengkeng/lengkeng jenis lama. Salah satu kelengkeng/lengkeng jenis baru yang memiliki prospek bagus untuk dibudidayakan adalah jenis kelengkeng/lengkeng new kristal. Masa panen kelengkeng/lengkeng new kristal juga dapat diatur sendiri oleh petani dengan cara membuahkan kelengkeng new kristal dengan cara yang khusus.

cara membuahkan kelengkeng new kristal

Cara membuahkan kelengkeng new kristal yang khusus tersebut bisa disebut dengan pembosteran. Cara pembosteran itu sendiri dapat dilakukan dengan mudah. Dan meskipun petani harus melakukan pembosteran ketika hendak membuahkan kelengkeng/lengkeng new kristal, tetapi hasil panen buah kelengkeng/lengkeng new kristal ini bisa dikatakan banyak dan akan memuaskan. Apalagi dengan kualitas buah yang dihasilkan memiliki daging yang tebal, biji yang kecil, rasa yang manis, tentu konsumen akan sangat menyukai hasil panen kelengkeng/lengkeng yang nantinya dijual petani tersebut. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah cara membuahkan kelengkeng new kristal dengan cara pembosteran.

  1. Memilih pohon yang siap dibuahkan

Cara membuahkan kelengkeng new kristal yang pertama adalah dengan memilih pohon kelengkeng/lengkeng yang new kristal yang siap untuk dibuahkan. Sebaiknya petani memilih pohon yang sudah berusia 2 tahun atau lebih. Selain itu, pastikan bahwa daun yang tumbuh dipohon tersebut adalh daun tua. Daun tua ditandai dengan tidak adanya kuncup daun yang baru yang masih muda pada setiap ranting pohon kelengkeng/lengkeng new kristal ini.

  1. Penyiapan pemberian perangsang pembuahan

Pohon kelengkeng/lengkeng new kristal dapat dibuahkan dengan cara pembosteran, yaitu dengan cara memberikan obat perangsang pembuahan agar pohon tersebut mampu menghasilkan buah. Adapun persiapan yang perlu dilakukan yang pertama adalah dengan melakukan pemangkasan ranting pohon yang ditengah, agar sinar matahari dapat sampai ke semua ranting yang ada didalam pohon kelengkeng/lengkeng tersebut.

Yang kedua, lakukan pencangkulan disekeliling pohon kelengkeng/lengkeng yang siap panen hingga akarnya kelihatan. Setelah akar tunggal tersebut kelihatan, lakukan pengeratan atau penyayatan terhadap akar tunggal tersebut secukupnya saja. Adapun upaya penyayatan ini adalah untuk mempermudah akar dalam menyerap obat perangsang nantinya.

  1. Proses pembosteran (pemberian perangsang pembuahan)

Pertama-tama, petani dapat membeli obat perangsang yang ada banyak pilihan di toko pertanian. Setelah itu, atur banyaknya obat perangsang yang disesuaikan dosis yang tertera di label. Kemudian diberikan terhadap pohon dengan cara mengocorkan ke sekeliling pohon yang telah dicangkul tersebut. Setelah pembosteran selesai, akar ditutup kembali dengan tanah.

Untuk catatan, bila proses ini dilakukan di musim hujan, ada baiknya jika akar pohon kemudian ditutupi dengan plastik yang dibentang disekeliling pohon kelengkeng/lengkeng new kristal. Langkah ini dilakukan agar kandungan obat perangsang nantinya tidak terkontaminasi air hujan yang dikhawatirkan dapat merubah dosis yang telah susah payah diatur sebelumnya.

  1. Pemupukan untuk kesempurnaan bunga

Satu bulan setelah pembosteran, biasanya pohon kelengkeng/lengkeng akan menghasilkan bunga. Untuk merawat bunga, lakukan pemupukan menggunakan pupuk yang mengandung K, N, O agar bunga tumbuh dengan sempurna.

  1. Proses pengendalian hama

Hama biasanya akan menyerang setelah bunga-bunga kelengkeng/lengkeng berubah menjadi biji-biji kecil atau kelengkeng/lengkeng yang masih sangat muda. Pengendalian hama tersebut dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan insektisida. Dan setelah buah kelengkeng/lengkeng tumbuh semakin besar, pengendalian hama yang selanjutnya adalah dengan cara memasang jaring untuk menutupi buah kelengkeng/lengkeng agar tidak diserang hama seperti kelelawar.

  1. Panen

Dengan sistem pembosteran, pohon kelengkeng/lengkeng new kristal dapat dipanen 2 kali dalam setahun. Sehingga, tidak sampai 6 bulan setelah pembosteran, buah kelengkeng/lengkeng sudah dapat dipanen. Demikian penjelasan tentang cara membuahkan kelengkeng new kristal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE