Cara Membuahkan Kelengkeng Itoh Agar Berbuah Lebat

Urbanina.com - Kelengkeng/lengkeng itoh telah banyak mengalami kemajuan dibidang teknologi pertanian. Jenis kelengkeng/lengkeng yang dulunya hanya cocok ditanam didataran tinggi ini sudah mulai dapat ditumbuhkan di dataran tinggi. Bila melihat pningkatan permintaan pasar terhadap buah kelengkeng/lengkeng ini, membudiayakan kelengkeng/lengkeng itoh dapat menjadi salah satu usaha yang berpotensi menguntungkan. Salah satu hal yang dapat dimanfaatkan petani yang mengusahakan budidaya kelengkeng/lengkeng adalah masa panen pohon kelengkeng/lengkeng yang dapat diatur sendiri. Karena, pohon kelengkeng/lengkeng adalah salah satu jenis pohon yang dapat berbuah dengan dibantu nutrisi tertentu. Lalu, bagaimana cara membuahkan kelengkeng itoh yang dibudidayakan agar dapat berbuah lebat? Urbanina akan menjawab pertanyaan ini dengan artikel berikut ini. cara membuahkan kelengkeng itoh Untuk mengetahui cara membuahkan kelengkeng itoh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pemberian bahan kimia yang juga bisa disebut nutrisi perangsang pembuahan pada pohon kelengkeng/lengkeng. Dengan memberikan perangsang dari bahan kimia tersebut, pohon kelengkeng/lengkeng kemudian akan dapat mengalami pembuahan yang diawali dengan munculnya bunga. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan mengenai cara membuahkan kelengkeng itoh ini. Namun, terlebih dahulu petani harus yakin bahwa pohon kelengkeng/lengkeng tersebut telah siap untuk dapat dibuahkan dengan pemberian bahan kimia. Salah satu ciri-ciri umum pohon kelengkeng/lengkeng itoh yang siap dibuahkan adalah yang telah berusia 2-3 tahun, dengan memiliki daun tua. Setelah pohon yang siap berbuah tersedia, maka proses pembuahan dengan bahan kimia atau nutrisi perangsang buah dapat dimulai. Cara membuahkan kelengkeng itoh agar dapat berbuah lebat adalah sebagai berikut.
  1. Terlebih dahulu bersihkan tanah tempat pohon ditanam dari sampah, gulma dan juga kerikil.
  2. Pangkas ranting yang ujunganya adalah daun yang masih terlalu muda, hal ini dilakukan agar pohon kelengkeng/lengkeng yang akan diberi bahan kimia atau nutrisi perangsang berisikan daun tua semua.
  3. Pangkas juga ranting daun yang terlalu rimbun. Hal ini dilakukan agar pohon kelengkeng/lengkeng itoh tetap mendapatkan sinar matahari yang merata serta sirkulasi udara yang baik.
  4. Siapkan bahan kimia atau nutrisi perangsang tersebut, lalu larutkan dengan air yang disesuaikan dengan dosis pada label produk.
  5. Lalu, siramkan larutan tersebut pada tanaman kelengkeng/lengkeng, tepatnya pada bagian bawah kanopi tanaman bagian luar.
  6. Setelah seminggu, perlu lakukan pemupukan menggunakan pupuk NPK yang juga disesuaikan dengan dosis pada label produk.
  7. Selai dengan pemupukan diatas, tanaman kelengkeng/lengkeng kemudian memerlukan penyiraman juga yang dilakukan secara rutin.
  8. Hasilnya, setelah 40-60 hari pohon kelengkeng/lengkeng akan dapat menghasilkan bunga. Sedangkan masa panen dapat dilakukan dalam waktu sekitar 4-5 bulan setelah pohon kelengkkeng itoh dibuahkan.
Itulah salah satu cara membuahkan kelengkeng itoh agar dapat berbuah lebat. Sebenarnya, masih ada cara lain yang dapat dilakukan petani untuk membuahakan kelengkeng/lengkeng itoh ini. Karena, bahan kimia atau nutrisi pembuahan tersebut ada juga yang diberikan tidak melalui penyiraman seperti langkah diatas. Ada beberapa nutrisi yang dapat diberikan dengan cara memasukkan ke pohon kelengkeng/lengkeng melalui batangnya yang di bor terlebih dahulu. Ada juga yang melalui akarnya, dan ada juga yang diberikan melalui daunnya dengan cara disemprotkan. Hal ini adalah salah satu bentuk dari kemajuan teknologi pembuahan tanaman kelengkeng/lengkeng dengan bantuan bahan kimia. Dilihat dari sejarah perkembangannya, dulu pembuahan pohon kelengkeng/lengkeng dilakukan dengan cara fisik. Yaitu dengan mengerat atau mengelupas batang utama pohon kelengkeng/lengkeng. Namun, cara ini dinilai kurang terukur meskipun biaya yang dikeluarkan lebih murah. Dengan menggunakan bahan kimia atau nutrisi perangsang pembuahan tersebutlah akhirnya didapatkan pembuahan kelengkeng/lengkeng yang lebih terukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *