Cara Membuahkan Kelengkeng Di Luar Musim

Urbanina.com - Di Indonesia, kemajuan pertanian kelengkeng/lengkeng terus mengalami kemajuan. Bila melihat ke belakang, dulu orang Indonesia masih percaya bahwa tanaman kelengkeng/lengkeng adalah salah satu tanaman yang tidak dapat berbuah di tanah Indonesia, karena tanah dan iklimnya tidak cocok untuk tanaman tersebut. Sehingga, orang dulu hanya menggunakan tanaman kelengkeng/lengkeng sebagai pohon perindang halaman rumah saja, tanpa bisa menikmati buahnya. Namun, berkat kemajuan teknologi pertanian, tanaman kelengkeng/lengkeng sudah dapat dibuahkan di tanah Indonesia. Tak hanya sampai disitu, bahkan petani dapat membuahkan kelengkeng di luar musim. Hal ini tentu menjadi kabar baik untuk pertanian Indonesia. Lalu, bagaimana cara membuahkan kelengkeng di luar musim tersebut? membuahkan kelengkeng di luar musim Cara untuk membuahkan kelengkeng di luar musim tersebut rupanya dapat dilakukan dengan mudah. Sebelum adanya kemudahan dalam membuahkan kelengkeng/lengkeng, dulu orang hanya berharap dan menunggu hingga 3 tahun agar tanaman kelengkeng/lengkeng yang ia tanam dapat berbuah. Namun, penelitian dan riset telah berhasil menemukan formula baru untuk membuahkan kelengkeng/lengkeng di Indonesia yang disesuaikan dengan kondisi tanah dan iklim yang ada di Indonesia ini. Cara tersebut adalah dengan memberikan nutrisi atau obat perangsang pembuahan terhadap tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditanam di tanah Indonesia. Penemuan obat atau nutrisi tersebut telah lulus diujikan terhadap berbagai jenis kelengkeng/lengkeng dataran tinggi maupun dataran rendah sehingga kemudian diaplikasikan oleh para petani kelengkeng/lengkeng yang bermunculan. Petani kelengkeng/lengkeng yang bermunculan bahkan bisa saja membuahkan kelengkeng di luar musim jika mereka mau. Karena, tidak peduli ketika musim hujan atau musim kemarau, jika tanaman kelengkeng/lengkeng yang sudah diberi nutrisi atau obat perangsang, maka tanaman tersebut akan berbuah setelah beberapa bulan kemudian. Dengan begitu, petani bisa mengatur sendiri jadwal panen kelengkeng/lengkeng yang ia tanam. Dan bagi mereka yang telah menanam tanaman kelengkeng/lengkeng di pekarangan rumahnya, mereka juga bisa mengatur sendiri kapan pohon kelengkeng/lengkengnya akan berbuah. Adapun cara membuahkan kelengkeng di luar musim dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Siapkan terlebih dahulu pohon yang siap dibuahkan, yaitu yang berumur lebih dari 3 tahun, yang sudah tidak sedang menumbuhkan tunas baru.
  2. Siapkan obat perangsang yang bisa dibeli di toko pertanian, kemudian larutkan sesuai dosis yang ada di label.
  3. Berikan larutan tersebut kepada tanaman kelengkeng/lengkeng yang siap dibuahkan tersebut dengan cara yang juga telah ditulis di label. Biasanya pemberian obat perangsang ini dapat dilakukan dengan cara disiramkan, disuntikkan ke batang, atau bisa juga dengan disemprotkan ke daun.
  4. Selesai.
Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa proses membuahkan tanaman kelengkeng/lengkeng ini dapat dilakukan dengan mudah. Setelah proses pembuahan selesai, dalam 4-5 bulan tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut akan dapat menghasilkan dompolan buah kelengkeng/lengkeng yang diinginkan. Sebelum buah tersebut tumbuh, terlebih dahulu ditandai denganmunculnya bunga kelengkeng/lengkeng. Bunga kelengkeng/lengkeng akan muncul di usia sekitar 45-55 hari setelah pemberian obat perangsang. Cara pembuahan tanaman kelengkeng/lengkeng di luar ini bisa menjadi solusi bagi para pecinta kelengkeng/lengkeng yang ingin merasakan manisnya buah kelengkeng/lengkeng setiap saat bahkan di luar musim buah kelengkeng/lengkeng. Mereka dapat menanam sendiri bibit kelengkeng/lengkeng di pekarangan rumahnya dan membuahkannya di luar musim dengan cara diatas. Namun, sebelum membuahkan tanaman kelengkeng/lengkeng di luar musim tersebut, tananaman kelengkeng/lengkeng tetap harus mendapatkan perawatan yang cukup agar dapat tumbuh sehat sehingga siap dibuahkan ketika berusia sekitar 3 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *