Cara Ampuh Membuat Kelengkeng Berbuah Lebat Di Tabulampot

Cara Ampuh Membuat Kelengkeng Berbuah Lebat Di Tabulampot

Urbanina.com – Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat membuat kelengkeng/lengkeng di tabulampot dapat berbuah lebat. Namun, dari banyak cara tersebut, tidaklah semua dapat dilakukan dan dapat memberikan efek yang terlihat jelas dapat membuat tanaman berbuah lebat. Hali ini bisa saja karena banyaknya cara yang salah ataupun bisa jadi adalah kesalahan dari orang itu sendiri yang mempraktekan cara-cara tersebut. Tetapi yang jelas, orang membutuhkan cara yang tepat dan benar yang mereka butuhkan dalam upayanya agar tanaman kelengkeng/lengkeng yang mereka tabulampot tersebut dapat berbuah lebat. Nah, kali ini Urbanina akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan cara ampuh membuat kelengkeng berbuah lebat di tabulampot.

cara ampuh membuat kelengkeng berbuah lebat di tabulampot

Cara ampuh membuat kelengkeng berbuah lebat di tabulampot berikut ini terdiri dari beberapa upayan yang mudah dilakukan. Sehingga, cara-cara ini dapat dilakukan dengan mudah pula oleh mereka yang menanam kelengkeng/lengkeng di tabulampot. Selain itu, cara ampuh membuat kelengkeng berbuah lebat di tabulampot berikut ini termasuk langkah awal dari proses pembuahan tanaman kelengkeng/lengkeng tabulampot. Sehingga, perlu ditekankan bahwa meskipun beberapa cara ampuh dibawah ini tidak dapat berpengaruh untuk jangka pendek, tetapi cara-cara tersebut akan memiliki pengaruh yang dapat dirasakan untuk jangka panjang. Sehingga, untuk dapat merasakan hasilnya, terkadang seseorang harus menunggu untuk waktu yang sedikit lebih lama. Baiklah, tanpa basa-basi berikut ini adalah beberapa cara ampuh membuat kelengkeng berbuah lebat di tabulampot.

  1. Dengan penyiraman

Dengan penyiraman tanaman yang teratur, tanaman kelengkeng/lengkeng yang tumbuh didalam pot tidak akan mengalami krisis kekurangan air. Sehingga, pertumbuhannya akan dapat berlangsung dengan baik, yang pada akhirnya akan membuat tanaman tersebut memiliki kesiapan yang lebih matang untuk dapat dibuahkan agar berbuah lebat. Yang juga perlu diperhatikan adalah, bahwa penyiraman harus disesuaikan dengan musim. Apabila musim hujan, jangan sampai penyiraman mengakibatkan genangan air didalam pot. Dan ketika musim kemarau, jangan sampai tanaman kelengkeng/lengkeng tabulampot tersebut kekurangan air.

  1. Dengan pemangkasan

Dengan pemangkasan tanaman yang dilakukan sesuai prosedur, maka tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditabulampot akan memiliki tajung yang rindang. Tajuk yang rindang tersebut akan dapat menumbuhkan lebih banyak bunga dan pada akhirnya dapat menghasilkan lebih banyak dompolan buah kelengkeng/lengkeng pula. Oleh sebab itu, untuk dapat mendapatkan buah yang lebat, penanam dapat melakukan pemangkasan terhadap ranting yang tajuknya tumbuh menjulang keatas. Selain dapat membuat buah lebih lebat, pemangkasan juga dapat mencegah tanaman kelengkeng/lengkeng untuk tumbuh menjulang tinggi.

  1. Dengan pemupukan

Dengan pemupukan tanaman inilah tanaman kelengkeng/lengkeng yang ditabulampot mendapatkan unsur hara yang digunakan untuk mendukung pertumbuhannya. Karena tanaman tersebut tumbuh didalam pot, maka proses pemupukan harus diiringi dengan dikeluarkannya terlebih dahulu sebagian tanah yang ada didalam pot, supaya pot tersebut tetap dapat menampung pupuk yang diberikan. Pupuk yang digunakan juga cukup dengan menggunakan pupuk kandang. Pupuk kandang yang baik untuk tanaman kelengkeng/lengkeng ini salah satunya adalah pupuk kandang yang terbuat dari sisa kotoran kambing.

  1. Dengan penggantian media tanam

Media tanam yang biasa digunakan untuk tabulampot kelengkeng/lengkeng adalah campuran tanah dengan pupuk kandanag. Nah, media tanam yang berada didalam pot dalam waktu yang lama tersebut bukan tidak mungkin akan mengalami pengerasan. Media tanam yang keras terlalu keras tentu tidak baik untuk pertumbuhan tanaman yang dirawat untuk memiliki buah yanglebat. Oleh sebab itu, perawatan pada media tanam dapat dilakukan penggantin media tanam di setiap 1 (satu) tahun sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *