Bibit Pohon Kelengkeng Super Salah Satunya Adalah Kelengkeng Itoh

Bibit Pohon Kelengkeng Super Salah Satunya Adalah Kelengkeng Itoh

Urbanina.com – Sebutan super hanya diberikan kepada yang lebih dari yang lain. Hal itu sesuai dengan KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang mengartikan super sebagai sesuatu yang lebih baik dari yang lain atau luar biasa atau istimewa. Dan penyebutan kelengkeng/lengkeng itoh super adalah sebutan yang diberikan terhadap kelengkeng/lengkeng itoh super yang memang memiliki kualitas yang lebih dari yang lain atau luar biasa atau istimewa dibandingakan jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah lainnya. Seperti halnya pada buahnya, bibit pohon kelengkeng super salah satunya adalah kelengkeng itoh. Karena, munculnya buah kelengkeng/lengkeng itoh yang memiliki kualitas super ini tak lepas dari pohon dan bibit kelengkeng/lengkeng itoh itu sendiri.

bibit pohon kelengkeng super salah satunya adalah kelengkeng itoh

Bibit pohon kelengkeng super salah satunya adalah kelengkeng itoh, bahkan petani sudah menambah sebutan super dibelakang nama kelengkeng/lengkeng itoh tersebut menjadi kelengkeng/lengkeng itoh super. Pemberian nama super tersebut tidak lepas dari kualitas pohon kelengkeng/lengkeng itoh tersebut yang memiliki kualitas yang berani dibandingkan dengan jenis kelengkeng/lengkeng lainnya. Pada penambahan nama super tersebut, juga tidak lepas dari luarbiasanya kualitas buah kelengkeng/lengkeng itoh yang dihasilkan. Karena memiliki pohon sekaligus buah yang unggul dibandingkan dengan jenis kelengkeng/lengkeng lainnya, akhirnya petani memberikan sebutan super dibelakang nama kelengkeng/lengkeng itoh tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan logis mengapa bibit pohon kelengkeng super salah satunya adalah kelengkeng itoh.

  1. Perbanyakan tanaman dapat melalui berbagai cara

Upaya perbanyakan tanaman dibutuhkan petani dengan harapan semakin banyak tanaman maka semakin banyak pula buah kelengkeng/lengkeng yang akan dihasilkan. Dan tanaman kelengkeng/lengkeng itoh sendiri tersebut dapat dilakukan perbanyakan tanaman melalui berbagai cara seperti pencangkokan, okulasi maupun teknik sambung. Sehingga, petani memiliki banyak opsi yang dapat mereka pilih dalam upayanya memperbanyak tanaman kelengkeng/lengkeng itoh tersebut.

  1. Tanaman dapat berbuah kapan saja

Salah satu yang menjadi alasan mengapa bibit pohon kelengkeng super salah satunya adalah kelengkeng itoh adalah karena tanaman tersebut ketika besar dapat menghasilkan buah di bulan apasaja tanpa mengenal musim. Hal ini dikarenakan pohon kelengkeng/lengkeng dataran rendah dapat dibuahkan menggunakan pemberian obat perangsang pembuahan. Dengan obat perangsang pembuahan tersebut, pohon kelengkeng/lengkeng akan berbuah di umur 4-5 bulan setelah pemberian obat perangsang, di bulan apa saja, baik di musim hujan ataupun musim kemarau. Sehingga, petani sangat suka dengan kualitas bibit kelengekeng itoh yang satu ini.

  1. Tanaman yang tahan terhadap hama

Alasan yang selanjutnya adalah karena tanaman yang satu ini termasuk jenis yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Sehingga, tidak kaget jika bibit tanama kelengkeng/lengkeng itoh super ini memiliki daya tahan tubuh dan pertumbuhan yang sangat optimal.

  1. Tanaman yang menghasilkan banyak panen buah

Tanaman kelengkeng/lengkeng itoh memiliki produktifitas yang disukai petani karena jumlahnya yang banyak. Karena pada setiap kali panen, setiap satu pohon kelengkeng/lengkeng itoh dapat menghasilkan setidaknya 50-74 kg buah kelengkeng/lengkeng itoh.

  1. Rasa buah yang sangat manis

Kualitas buah juga mempengaruhi petani dalam memberikan sebutan super tersebut. Dan kulitas rasa buah kelengkeng/lengkeng itoh super ini memang super jika dibandingkan dengan jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah lainnya. Singkat kata, rasa buah kelengkeng/lengkeng itoh tersebut adalah sangat manis, karena lebih manis dari jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah lainnya.

  1. Daging buah yang tebal dan tidak berair

Selain memiliki rasa yang sangat manis, buah kelengkeng/lengkeng itoh juga memiliki daging yang tidak berair dan tebal serta bijinya yang kecil saja. Kualitas buah yang seperti ini tentu banyak disukai konsumen yang, sehingga, pemasaran kelengkeng/lengkeng itoh dari petani mendapat kemudahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *