Bibit Kelengkeng Itoh Super Yang Baik Untuk Ditanam

Urbanina.com - Menanam tanaman kelengkeng/lengkeng di depan rumah menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Karena, selain dapat membuat halaman rumah menjadi sejuk, pemilik rumah juga akan memiliki kesempatan untuk memanen buah tersebut suatu saat nanti. Salah satu jenis kelengkeng/lengkeng yang dapat ditumbuhkan di dataran rendah adalah jenis kelengkeng/lengkeng itoh super. Jenis kelengkeng/lengkeng yang satu ini, memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan jenis kelengkeng/lengkeng dataran rendah lainnya. Buah kelengkeng/lengkeng yang dihasilkannya memiliki rasa yang sangat manis dengan daging yang tebal sehingga dapat membuat orang tertarik untuk mencicipinya lagi. Namun, untuk dapat memetik buah kelengkeng/lengkeng itoh dari depan rumahnya, orang tentu membutuhkan bibit kelengkeng itoh super yang baik untuk ditanam di depan rumahnya tersebut. bibit kelengkeng itoh super yang baik untuk ditanam Bibit kelengkeng itoh super yang baik untuk ditanam adalah hanya yang memiliki kualitas yang baik saja. Hal ini tentu telah dibuktikan dengan fakta bahwa dengan kualitas perawatan yang sama dan dengan kualitas bibit kelengkeng/lengkeng yang berbeda, akan menghasilkan panen buah yang berbeda pula. Bibit dengan kualitas yang lebih baik lah yang dapat menghasilkan panen yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi siapapun yang ingin menanam tanaman buah tersebut untuk mencermati bibit kelengkeng itoh super yang baik untuk ditanam, agar dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas baik nantinya. Tanpa basa-basi, berikut ini adalh beberapa ciri-ciri bibit kelengkeng itoh super yang baik untuk ditanam.
  1. Bibit berasal dari okulasi
Bibit kelengkeng/lengkeng itoh dapat dihasilkan dari beberapa cara pembibitan, seperti okulasi, cangkok, ataupun ditumbuhkan dari benih. Dari ketiga cara pembibitan tersebut, bibit kelengkeng/lengkeng super yang paling baik untuk ditanam adalah bibit kelengkeng/lengkeng itoh super yang dihasilkan dari proses okulasi. Sedangkan, bibit yang dihasilkan dari cangkok termasuk yang terbaik kedua dan pembibitan dari benih masih kalah kualitas dari kedua cara lainnya tersebut. Dengan demikian, penanam disarankan untuk mencangkok tanaman kelengkeng/lengkeng itoh super yang sudah pernah berbuah, apabila tidak dapat membeli bibit kelengkeng/lengkeng itoh super dari penjual. Setidaknya, kualitas bibit yang berasal dari proses mencangkok masih lebih bagus dari pada yang dihasilkan dari penyemaian benih kelengkeng/lengkeng itoh super.
  1. Bibit yang sudah berbunga jika ada
Kebanyakan bibit kelengkeng/lengkeng itoh yang dijual adalah bibit yang masih belum berbunga. Hal ini wajar walaupun belum berbunga, bibit kelengkeng/lengkeng itoh tersebut masih dapat tumbuh dengan baik setelah ditanam. Namun, jika ditemukan bibit yang sudah tumbuh bunga, dapat dipastikan bahwa bibit tersebut adalah salah satu jenis bibit yang baik untuk ditanam. Bibit kelengekeng itoh yang sudah memiliki bunga tersebut dapat berbuah lebih cepat dari pada bibit kelengkeng/lengkeng itoh yang tidak memiliki bunga. Selain dapat berbuah lebih cepat, bibit kelengkeng/lengkeng itoh yang berbunga adalah salah satu ciri-ciri bibit yang pertumbuhannya baik.
  1. Bibit dengan daun dan batangnya yang sehat
Bibit kelengkeng/lengkeng itoh super hanya akan dapat ditanam dengan baik apabila terlihat ciri-ciri fisik yang baik pula, yaitu pada daun dan batangnya. Daun bibit kelengkeng/lengkeng yang sehat ditandai dengan warna hijau segar yang dimilikinya. Apabila daunnya sudah terlihat kuning layu, maka sebaiknya bibit tersebut dihindari untuk dibeli. Dan pada bagian batang bibit kelengkeng/lengkeng itoh super, pastikan bahwa batng tersebut juga sehat. Hal ini dapt dilihat dari warna kecoklatan serta memiliki garis aura yang tidak beraturan di kulit batang. Akan lebih baik juga bila memilih bibit kelengkeng/lengkeng itoh yang memiliki batang yang tebalnya proporsional dengan lebar daunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *