Upaya Yang Diperlukan Dalam Pemeliharaan Ayam Petelur

Upaya Yang Diperlukan Dalam Pemeliharaan Ayam Petelur

Urbanina.com – Pemeliharaan ayam petelur membutuhkan upaya yang maksimal agar didapat hasil panen yang maksimal pula. Hal ini dikarenakan ayam petelur memerlukan perawatan yang sesuai dari pembudidaya itu sendiri. Mengapa demikian? Karena menurut hukum alam, ayampetelur ini akan dapat hidup dengan baik ketika dibiarkan di alam dengan mencari makan, tempat hidup secara mandiri. Namun, karena telah dibudidayakan, maka asupan makan serta tempat yang nyaman berpindah tanggung jawab ke pembudidaya ayam petelur itu sendiri. Lalu, apa saja upaya pemeliharaan ayam petelur yang harus dilakukan agar kebutuhan ayam petelur ini terpenuhi? Berikut penjelasannya dari Urbanina.

pemeliharaan ayam petelur

Pemeliharaan ayam petelur dapat diartikan dengan merawat ayam petelur agar dapat tumbuh dan hidup sehat, lalu dapat menghasilkan telur yang berkualitas serta berjumlah banyak. Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan pembudidaya agar pemeliharaan ayam petelur dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan hidup ayam petelur.

  1. Sanitasi

Definisi sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah dari terjangkit penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan begitu sanitasi dalam pemeliharaan ayam petelur adalah menjaga lingkungan ayam petelur agar selalu bersih. Untuk itu, sanitasi ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan kandang secara keseluruhan. Karena tindakan ini dilakukan pembudidaya, maka dibutuhkan tenaga dan keuletan yang mencukupi. Dari tenaga yang dikeluarkan pembudidaya tersebut, hal ini akan bermanfaat untuk mencegah ayam petelur dari terserang penyakit.

  1. Pemberian Pakan

Pemberian pakan menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan ketika memelihara ayam petelur. Seperti yang disebutkan diatas bahwa pakan ayam petelur menjadi tanggung jawab pembudidaya ketika ayam tidak lagi hidup di alam liar. Untuk memberi pakan ayam petelur yan dipelihara ini, diperlukan dua tahap pemberian pakan. Kedua tahapan dikelompokkan berdasar umur ayam, sehingga kualitas pakan juga berbeda disesuaikan kebutuhan nutrisi ayam petelur. Kedua tahap tersebut adalah tahap starter dan tahap finisher, ada juga yang menyebut fase starter dan fase finisher.

Pakan pada tahap starter ini harus diberikan dengan kualitas pakan yang telah ditentukan. Pakan harus mengandung beberapa zat gizi yaitu protein sebanyak 22-24%, lemak 2,5%, serat kasar 4%, kalsium (Ca)  1%, Phospor (P) 0,7-0,9%, dan energi (ME) sebanyak 2800-3500 Kcal. Sedangkan pada tahap finisher, pakan yang diberikan harus memiliki berbagai kandungan gizi yaitu protein sebanyak 18,1-21,2%, lemak 2,5%, serat kasar 4,5%, Ca 1%, P 0,7-0,9% dan ME sebanyak 2900-3400 Kcal. Dengan pakan yang berkualitas tersebut, maka laju pertumbuhan ayam petelur akan menjadi optimal dan akan dapat mengahasilkan telur yang bekualitas.

  1. Pemberian Vaksinasi

Vaksinasi ini bertujuan agar ayam petelur yang dipelihara memiliki kekebalan tubuh yang meningakat sehingga dapat mengontrol virus yang menyerang. Dengan begitu, ayam petelur akan lebih tahan terhadap peyakit serta selalu sehat. Vaksin ayam petelur ini dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis vaksin aktif dan jenis vaksin inaktif. Vaksin aktif merupakan vaksin yang mengandungn virus hidup sehingga menimbulkan kekebalan tubuh yang lebih lama dari vaksin inaktif. Sedangkan vaksin inaktif mengandung virus yang telah dilemahkan tanpa mengubah struktur antigenic. Meski kekebalan yang ditimbulkan waktunya lebih pendek, vaksin inaktif dapat disuntikkan kepada ayam yang diduga sakit.

  1. Pemeliharaan Kandang

Kegunaan kandang sangat penting bagi ayam petelur, karena menjadi satu-satunya tempat hidup ayam tersebut. Dan agar dapat berguna bagi ayam petelur, kandang harus selalu terjaga kualitasnya, yaitu pembudidaya harus siaga menjaga keutuhan kandang. Jika sebagian kecil atau besar kandang ada yang rusak, harus segera diperbaiki agar kandang dapat berguna secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *