Tips Persiapan Lahan Untuk Dijadikan Kandang Bebek

Tips Persiapan Lahan Untuk Dijadikan Kandang Bebek

Urbanina.com РSeorang yang akan memulai usaha peternakan bebek tentu akan dihadapkan dengan banyak langkah yang harus ditempuh. Kadang-kadang saking banyaknya langkah yang harus ditempuh membuat orang dikatakan mundur sebelum bertanding. Namun, bagi mereka yang memiliki jiwa untuk berwirausaha dan berternak tentu tidak akan mudah putus asa dan akan tetap menjalani langkah-langkah yang harus ditempuh meskipun jumlahnya banyak. Dan salah satu langkah yang tidak boleh terlewatkan bagi peternak bebek adalah persiapan lahan untuk dijadikan kandang bebek. Kandang merupakan sarana yang sangat penting bagi peternak bebek. Karena kandang merupakan tempat tinggal bebek yang akan diternakkan sekaligus tempat bekerja. Dengan ketersediaan lahan untuk membuat kandang tentu akan membantu melakukan langkah persiapan lahan untuk kandang bebek  ini. Oleh karena itu, persiapan lahan harus dilakukan dengan cermat sehingga dapat difungsikan dengan baik di kedepannya.

persiapan lahan

Salah satu hal faktor yangharus diperhatikan adalah persiapan lahan kandang bebek yang disesuaikan dengan fungsi kandang itu sendiri. Dan beberapa fungsi kandang diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Fungsi kandang untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi bebek. Misalnya agar bebek dapat makan dan minum dengan tenag, tidak terganggu dari hujan taupun angin yang kencang, tidak terkena terik matahari yang terlalu panas, terhindar dari binatang buas, dari pencuri dan lain seabagainya.
  2. Fungsi kandang sebagai tempat agar bebek dapat beristirahat setelah sehari-harinya beraktifitas. Terutama dimalam hari, dapat memberi rasa hangat sehingga bebek dapat terjaga kesehatannya.
  3. Fungsi kandang untuk memudahkan peternak dalam mengontrol situasi kandang, misalnya ada bebek yang mengalami sakit.

Dengan demikian, lahan yang disiapkan harus dapat memenuhi ketiga fungsi kandang tersebut diatas. Perencanaan fungsi kandang tentu akan memberi batasan dalam mempersiapkan lahan untuk kandang nantinya. Namun, ketiga fungsi datas masih bisa dijabarkan agar dapat lebih teliti lagi dalam mempersiapkan lahan agar menjadi kandang yang baik pula. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mempersiapkan lahan untuk dijadikan kandang bebek

  1. Lahan yang nantinya dijadikan kandang bebek disarankan jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini dimaksudkan agar dampak peternakan seperti suara berisik bebek maupun aroma limbah yang dihasilkan tidak menyebar ke rumah orang yang dikhawatirkan mengganggu mereka dan peternak akan di komplain.
  2. Kandang sebaiknya dibuat pada lahan yang tidak jauh dari jalan. Atau dengan kata lain memiliki akses jalan agar dapat mempermudah dan memperlancar proses budidaya bebek. Karena langkah-langkah seperti pembuatan kandang, pengadaan alat produksi, pengadaan makanan dan obat-obatan, hingga pemasaran sangat memerlukan akses yang lancar.
  3. Kandang sangat disarankan agar dipilihkan lahan yang dekat dengan sumber air, karena kebutuhan air merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus terpenuhi. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan dengan air sebagai bahan yang digunakan seperti memberi air minum bebek, membersihkan kandang bebek, membersihkan peralatan dan masih banyak lagi. Sehingga, lahan yang dipersiapkan sangat disarankan agar dekat dengan sumber air.
  4. Saran yang selanjutnya adalah agar kandang ditempatkan di lahan yang jauh dari keramaian. Hal ini dimaksudkan agar bebek terhindar dari mengalami stress.
  5. Kandang sebaiknya ditempatkan di lahan yang dekat dengan sumber makanan, agar proses pengadaan pakan jadi maupun sumber pakan alami mendapat kemudahan.
  6. Kandang diharapkan mampu dengan mudah mendapatkan jaringan listrik yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kandang.
  7. Saran yang terakhir adalah agar kandang memiliki kemudahan dalam penanganan limbah. Dengan kebersihan yang selslu terjaga, maka bebek yang dipelihara akan mendapatkan kesehatan yang baik dan terhindar dari penyakit dari kotornya lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *