Tips Perawatan DOD Agar Tumbuh Sehat

Tips Perawatan DOD Agar Tumbuh Sehat

Urbanina.com – Perawatan DOD bisa saja menjadi salah satu langkah pemeliharaan bebek yang paling menyita perhatian para peternak bebek. Hal ini tentu sangat bisa dimaklumi karena DOD atau bebek kecil memiliki ketahanan tubuh yang lemah sehingga membutuhkan banyak perhatian dan perawatan. DOD memang sebenarnya membutuhkan perawatna dari induk bebek jika tidak dibudidayakan. Karena dibudidayakan, maka mau tidak mau pembudidaya bebek ini harus menjadi pengganti induk ribuan bebek yang ia pelihara. Konsekuensi ini tentu tidak akan memberatkan mengingat keuntungan yang akan ditermia bila berhasil memelihara pada DOD hingga menjadi bebek pedaging dengan bobot yang berat dan menghasilkan uang.

perawatan DOD

Karena krusialnya perawatan DOD ini, maka berikut ini ada beberapa tips peratan DOD yang mungkin dapat dipraktekan para peternak dan dapat mempermudah pemeliharaan bebek kecil atau DOD ini. Karena peran peternak ketika memelihara DOD adalah untuk menggantikan peran induk bebek, maka berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempermudah perawatan DOD.

  1. Mengatur tempat pakan dan minum disusun selang-seling

Dalam menggantikan peran induk bebek, maka peran yang digantikan adalah juga dalam memberi makan dan minum kepada bebek kecil. Namun, jumlah bebek yang harus diberi pakan adalah bebek yang banyak dan berkumpul menjadi satu didalam satu kandang. Dengan begitu, diperlukan tips agar semua bebek kecil yang dipelihara dapat memperoleh makan dan minum yang dibutuhkannya.

Nah untuk dapat memenuhi kebutuhan pakan dan minum semua bebek, maka tips yang kami berikan adalah dengan menyusun tempat pakan dan minum secara selang-seling si sekitar pemanas. Dengan disusun seperti tersebut diatas, maka bebek kecil tidak akan kesulitan dalam menjangkau pakan dan minum. Karena tiap-tiap bebek memiliki area dan porsinya masing –masing. Dengan kemudahan ini maka seluruh bebek kecil yang dipelihara akan merasa nyaman dalam memperoleh makan yang ia butuhkan dan akhirnya dapat tumbuh dan memiliki bobot seragam.

  1. Mengatur tinggi tempat pakan dan minum DOD

Selain menyusun tempat pakan dan minum hingga sedemikian rupa, ada perlakuan lain agar dapat mempermudah pemberian makan dan minum terhadap bebek kecil. Tips perawatan DOD yang satu ini memerlukan kesadaran dari sang pemelihara bebek kecil. Pasalnya, pemelihara DOD harus menyadari bahwa DOD yang ia pelihara ini jumlahnya jauh lebih banyak dibanding dengan milik seekor induk bebek. Sehingga, ketika seekor induk bebek tidak perlu mengatur tinggi tempat pakan dan minum untuk anaknya yang sedikit, maka seorang pemelihara bebek kecil harus mengaturnya. Inilah inti tips yang kedua ini.

Tempat pakan dan minum harus senantiasa dikontrol agar tingginya tidak melebihi punggung bebek kecil. Hal ini akan dapat mempermudah perawatan terhadap DOD ini. Karena, dengan diaturnya tinggi tempat pakan dan minum, maka semua bebek kecil akan mengikuti tinggi tersebut dan dapat memakan dan meminum dengan teratur secara bersama. Dengan begitu, pertumbuhan semua bebek dapat memiliki bobot yang seragam.

  1. Memberi pakan penuh nutrisi

Tips yang ketiga adalah dengan memberi asupan nutrisi yang cukup terhadap bebek kecil melalui pakan yang diberikan. Peternak harus tahu bahwa masa bebek kecil memiliki pertumbuhan yang pesat jika diberi nutrisi yang dibutuhkan. Sehingga, jika pertumbuhan bebek dapat berjalan dengan pesat, maka keuntungan yang diraih dari pemeliharaan bebek juga akan ddidapat dengan cepat.

Maka dari itu, peternak bebek disarankan untuk memberi pakan yang bernutrisi tinggi sehingga bebek kecil dapat segera tumbuh menjadi bebek yang besar. Meskipun harga pakan lumayan lebih mahal dibanding pakan yang lain, namun kalau dapat mempercepat waktu pertumbuhan bebek, kenapa harus takut kehilangan uang banyak? Toh nanti kalau bebek memiliki bobot yang berat juga akan laku dengan harga yang mahal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *