Tata Letak Kandang Bebek Pedaging Yang Benar

Tata Letak Kandang Bebek Pedaging Yang Benar

Urbanina.com – Peternak bebek pedaging mulai mendapat tempat di pasaran akhir-akhir ini. Hal tersebut tak lepas dari meningkatnya permintaan daging bebek di pasaran. Konsumen menu olahan daging bebek yang semakin banyak menjadi salah satu faktor meningkatnya permintaan tersebut. Secara kasat mata, dapat diketahui bahwa banyak restoran maupun rumah makan yangmenyediakan menu yang diolah dari daging bebek ini. Peternak daging pedaging dituntut untuk menyuplai atau menyediakan daging bebek yang berkualitas sehingga menciptakan citarasa yang terasa di lidah. Hal ini tentu tergantung pada bagaimana peternak memperlakukan bebek pedaging yang ia pelihara. Salah satu hal yang mempengaruhi pemeliharaan bebek pedaging adalah tata letak kandang bebek pedaging.

tata letak kandang bebek pedaging

Tata letak kandang bebek pedaging dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas daging bebek pedaging karena bebek tumbuh sesuai dengan lingkungan yang disekitarnya. Jika lingkungan disekitarnya yaitu kandang untuk pemeliharaan ini bersih dan nyaman, maka bebek pedaging dapat tumbuh dengan sehat. Namun, jika tata letak kandang bebek pedaging tidak diatur sedemikian rupa, bukan tidak mungkini bebek pedaging akan mudah terserang penyakit, misalnya penyakit yang disebabkan oleh suhu yang terlalu dingin di dalam kandang. Oleh karena itu, maka kali ini Urbanina akan membahas tentang tata letak kandang bebek pedaging yang benar agar dihasilkan hasil panen yang menguntungkan.

Pertama, lakukan pemisahan antara kandang induk dengan kandang anak. Artinya, peternak harus mempersiapkan tempat yang luas agar di satu sisi dapat dijadikan sebagai kandang induk, dan disisi terpisah lainnya juga dapat didirikan kandang anak bebek. Pemisahan ini dimaksudkan agar dapat mengurangi resiko tersebarnya berbagai macam penyakit. Dikhawatirkan anakan bebek dapat terserang penyakit jika dibiarkan dicampur dengan induk bebek.

Kedua, kandang harus dibangun agar nantinya bebek yang dipelihara didalamnya mendapatkan sinar matahari yang cukup. Harus diketahui bahwa sinar matahari di pagi hari adalah sinar matahari yang paling baik bagi pertumbuhan bebek pedaging. Dengan alasan inilah mengapa kandang harus memiliki tata letak agar menapatkan sinar matahari pagi yang cukup untuk bebek pedaging yang dipelihara.

Menurut hasil sebuah penelitian, sinar matahari pagi memang memiliki kandungan yang baik untuk pertumbuhan hewan ternak. Lebih tepatnya, terkandung sinar lembayung / ultraviolet pada sinar matahari di pagi hari. Sinar tersebut memiliki kemampuan untuk membantu proses pembentukan vitamin D. Sehingga, bebek pedagign yang mendapatkan sinar lembayung ini tentu dapat tumbuh dengan baik.

Selain baik untuk kesehatan bebek pedaging yang dipelihara, sinar matahari juga akan baik untuk mengurangi tingkat kelembaban kandang. Harus diketahui juga bahwa tingkat kelembaban kandang yang tidak terkontrol dapat memberi dampak negatif pada bebek yang dipelihara. Salah satu dampak yang akan dialami bebek adalah akan mudah terserang penyakit pernapasan.

Apalagi banyak faktor yang mempengaruhi tingginya tingkat kelembaban kandang ini. Beberapa penyebabnya adalah dari tubuh bebek itu sendiri, air kencing dan kotoran bebek, percikan air minum ketika memberi minum kepada bebek dan lain-lain. Maka, sinar matahari sangat diperlukan agar tingginya kelembaban kandang dapat diatasi.

Penyakit pernapasan merupakan salah satu penyakit yang dapat menjangkiti bebek jika tingkat kelembabannya tinggi. Namunn, jika tingginya kelembaban ini terus dibiarkan maka resiko terserang penyakit yang lebih beragam akan semakin besar. Karena, sebagian bibit penyakit dapat tumbuh dengan pesat jika didukung dengan kelembapan yang terus dibiarkan. Maka, tata letak kandang menjadi diharuskan untuk dapat menampung sinar matahari hingga masuk kandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *