Strategi Pemasaran Daging Bebek Pedaging

Strategi Pemasaran Daging Bebek Pedaging

Urbanina.com – Strategi pemasaran merupakan salah satu siasat atau cara yang efektif agar dapat memasarkan produk agar sampai ke konsumen dan menghasilkan laba. Dalam dunia peternakan bebek pedaging, hal ini juga menjadi salah satu bagian usaha yang tidak boleh terlewatkan. Seorang pengusaha peterenakan bebek tentu sudah tahu menahu mengenai strategi pemasaran ini. Namun, bagaimana untuk mereka yang baru ingin memulai usaha peternakan bebek? Langkah pemasaran ini tentu harus menjadi suatu ilmu yang harus sudah dikuasai terlebih dahulu sebelum memulai usaha peternakan. Apabila sebelum memulai ternak bebek belum memiliki pandangan tentang jalur pemasaran hasil panen bebek, maka akan terjadi kekacauan sehingga beresiko tidak dapat mendapat laba yang maksimal. Maka, berikut ini kami berikan beberapa alternatif jalur pemasaran hasil panen yang kami sebut strategi pemasaran yang jitu.

strategi pemasaran

Tempat yang bisa menjadi penyedia informasi jalur pemasaran yang pertama adalah di penyedia DOD/bibit bebek pedaging. Tempat ini tentu merupakan tempat yang tidak asing lagi mengingat pelaku usaha ternak akan kenal dengan tempat ini ketika membeli bibit bbek pedaging yang akan diternakkan. Penyedia DOD biasanya memiliki informasi mengenai jalur pemasaran ketika panen. Bahkan kadang-kadang penyedia DOD itu sendiri bersedia untuk membeli hasil panen bebek pedaging yang dilakukan peternak.

Strategi pemasaran yang kedua adalah dengan cara menawarkan kerjasama dengan restoran, warung makan penyedia olahan daging bebek atu bahkan ke supermarket. Mulailah untuk menawarkan bahwa kita dapat menyediakan bebek siap potong secara berkelanjutan. Kualitas bebek yang kita tawarkan memiliki keunggulan seperti daging bebek lebih gurih, bebek muda, memiliki berat seragam, dagingnya lebih tebal dan keunggulan lainnya.

Tempat lain yang dapat menampung hasil panen adalah pengepul. Restoran atau rumah makan besar biasanya memiliki kerjasama dengan pengepul demi menjaga kestabilan ketersediaan barang. Maka, untuk dapat bekerja sama dengan restoran maupun warung besar harus melalui jalur pengepul ini dulu. Untuk mendapat informasi tentang pengepul yang ada, dapat dilakukan melalui tabloid kuliner, tabloid peternak, maupun lewat internet. Bisa juga dengan mendekati koki yang bekerja di restoran maupun warung makan besar untuk mencari informasi penepul yang diajak kerjasama.

Walaupun peternak dapat mencari pengepul yang dapat menjadi penampung hasil panen, namun pengalaman yang sudah ada menunjukan hal lain. Tidak sedikit pengepul itu sendiri yang mendatangi peternak demi mendapatkan pasokan bebek pedaging. Sehingga, peternak bebek itu sendiri tidak pelu susah payah mencari pengepul. Keberadaan pengepul yang semacam ini tentunya menjadi salah satu kabar baik karena memudahkan peternak dalam memasarkan hasil panennya.

Strategi pemasaran yang dinilai paling efektif adalah dengan melakukan kerjasama atau kemitraan dengan salah satu pihak yang membutuhkan banyak pasokan daging bebek. Kerjasama kemudian didsasari dengan perjanjian yang disepakati dan ditandatangani oleh kedua pihak. Isi perjanjian biasanya berisi tentang harga dan jangka waktu kerjasama. Perjanjian ini tentu akan menguntungkan kedua belah pihak. Pihak peternak tentu akan merasa senang karena daging bebek yang ia ternakkan pasti akan terjual. Dipihak lain, mitra kerjasama akan merasa terbantu dengan adanya ketersediaan bebek dalam ketika waktunya dibutuhkan tiba.

Sedangkan cara lain untuk memasarkan hasil panen adalah dengan menjadikan kita sendiri sebagai produsen penyedia daging bebek (karkas). Cara ini dapat memeberikan keuntungan ganda karena selain keuntungan dari peternakan, akan didapat keuntungan dari penyedia daging bebek(karkas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *