Persiapan Kandang Sebelum DOC Ayam Pedaging Dimasukkan

Persiapan Kandang Sebelum DOC Ayam Pedaging Dimasukkan

Urbanina.com – Peternak ayam pedaging dituntut untuk dapat menghasilkan daging ayam yang berkualitas sesuai permintaan pasar. Maka dari itu, peternak harus melakukan pemeliharaan terhadap ayamyang ia pelihara dengan perhatian yang khusus. Mulai dari ayam masih kecil hingga akhirnya besar dan berbobot yang sesuai dengan permintaan pasar. Dari awal hingga akhir tidak boleh ada yang terlewatkan dari perhatian peternak, karena dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam yang akhurnya juga akan mempengaruhi keuntungan yang didapatkan peternak. Salah satu langakah yangtidak boleh terlewatkan adalah proses persiapan kandang sebelum anak ayam dimasukkan.

persiapan kandang

Jadi, setelah memiliki kandang yang layak untuk memelihara ayam pedaging, peternak harus disibukkan dengan mempersiapkan kandang supaya menjadi tempat yang tidak hanya layak tetapi juga memberi kenyamanan. Persiapan kandang yang dilakukan sebelum anak ayam(DOC) dimasukkan adalah cukup banyak, sehingga memerlukan perhatian yang banyak dari peternak.

Pertama, harus dipersiapakan alas kandang yang dapat memberi kenyamanan terhadap ayam pedaging yang diternakkan. Untuk memberi kenyamanan, dapat menggunakan kulit gabah atau plastik busa yang masih baru yang tebalnya 10 sampai 15 cm. Suhu kandang ayam yang baik adalah dengan kisaran 30-32° C. Sehingga, persiapan kandang sangat diperlukan agar mendapatkan suhu yang baik ini. Untuk melindungi ayam dari panas, dapat digunakan sebilah papan atau anyaman kawat dengan tinggi 60 cm dari dasar kandang untuk dijadikan penghalang.

Kemudian, persiapan kandang yang selanjutnya adalah dengan menyiapakna ventilasi kkandang yang disesuaikan dengan kebutuhan kandang. Ventilasi dibutuhkan kandang untuk mengatur suhu kandang yang disesuaikan dengan pertumbuhan ayam pedaging. Untuk menyiapkan ventilasi ini sebaiknya dilengkapi dengan penutup ventilasi sekalian. Agar dapat digunakan untuk mengatur suhu kandang nantinya. Ketika musim hujan, penutup digunakan untuk mencegah aliran udara kedalam kandang karena dapat menyebabkan kelembaban yang tidak diinginkan ayam. Dan ketika musim kemarau penutup ventilasi dapat dibuka selebar-lebarnya agar udara dapat masuk kedalam kandang.

Fungsi ventilasi ini juga menjadi indikasi bahwa tidak diperbolehkan pemakaian kipas. Hal ini dikarenakan penggunaan kopas dikhawatirkan akan menyebabkan ayam menjadi sakit. Selain itu, ayam yang dipelihara di tempat yang terlalu panas akan mengakibatkan ayam tersebut akan tidak nafsu makan dan minum secara normal. Oleh karena itu, jika pola makan ini dibiarkan akan terjadi kecacatan pada ayam salah satunya tumbuh kerdil.

Kemudian, peternak harus dapat memastikan bahwa kandang telah terbebas dari gangguan kucing, tikus, maupun binatang pemangsa lainnya. Binatang-binatang semacam ini memiliki potensi menganggu laju lancarnya pemeliharaan ayam. Dan yang tidak kalah penting adalah juga memastikan bahwa kandang telah memiliki atap yang tidak bocor.

Selain itu, peternak juga diharuskan siap dengan segala perlengakapan kandang yang diperlukan. Dan juga, kandang telah terjamin kebersihannya dan siap untuk dijadikan tempat memelihara ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *