Prinsip Penyiapan Kandang Ayam Buras Budidaya

Prinsip Penyiapan Kandang Ayam Buras Budidaya

Urbanina.com – Ayam buras dapat dipelihara dimanapun tempatnya, bahkan di alam liar. Hal ini dikarenakan hewan ini sebenarnya hidup di alam liar, namun telah dijinakkan dan dapat hidup di kandang pemeliharaan. Namun, ayam yang hidup dengan dibiarkan dilepas dialam liar ini tergolong pada pemeliharaan tradisional yang mana hanya akan menghasilkan panen yang jumlahnya sangat rendah. Untuk itu, ternak ayam buras akan lebih baik jika dilakukan dengan mendirikan kandang ayam, sekaligus dengan memberikan pakan ayam yang bergizi agar dapat mendukung pertumbuhan ayam sehingga mengahasilkan hasil panen yang maksimal. Penyiapan kandang ayam buras ini dapat dilakukan dengan mengikuti panduan dari Urbanina berikut ini.

penyiapan kandang ayam buras

Sebelum melakukan penyiapan kandang ayam buras, seorang peternak harus dapat mengetahui apa saja fungsi dari kandang itu sendiri. Adapun penyiapan kandang ayam buras ini dimaksudkan agar kandang memiliki tiga fungsi utama sebagai berikut. Pertama, kandang ayam buras berfungsi untuk tempat berteduh bagi ayam yang dipelihara dari panas dan hujan. Yang kedua, kandang juga berfungsi untuk tempat istirahat atau bermaklam bagi ayam yang dipelihara. Dan yang ketiga, kandang dimanfaatkan bagi peternak itu sendiri agar dapat memudahkan tata laksana.

Agar dapat memenuhi ketiga fungsi utama kandang, yang disebut dengan kandang yang baik, penyiapan kandang ayam buras harus dilakukan dengan memenuhi beberapa syarat berikut ini. Syarat yang pertama, kandang yang dibangun harus dibuat sedemikian rupa sehingga bagian dalam kandang tetap mendapatkan sinar matahari pagi. Selain mendapatkan sinar matahari tersebut, bagian kandang juga harus mendapatkan angin atau udara segar yang juga didapatkan dari struktur konstruksi kandang yang juga ditata sedemikian rupa. Angin segar didalam kandang juga bisa didapat dari adanya ventilasi yang dipasang di dinding sebagai tempat terjadinya sirkulasi udara.

Syarat kandang yang baik tidak hyanya sampai disitu. Kandang juga harus terjaga kebersihannya, karena dengan kandang yang bersih ayam akan tidak mudah terserang penyakit. Persyaratan kandang yang selanjutnya adalah memiliki kepadatan kandang yang ideal, disesuaikan dengan besar kecilnya umur ayam. Itulah beberapa syarat penyiapan kandang ayam buras.

Sebaiknya dalam mendirikan kandang yang memenuhi syarat diatas perlu dipertimbangkan bahan yang digunakan untuk konstruksi. Akan lebih baik jika terdapat bahan yang murah tetapi tahan lama, sehingga bisa dimanfaatkan dengan menghemat biaya yang dikeluarkan.

Adapun kepadatan kandang yang ideal adalah salah satu syarat kandang yang baik. Untuk itu, kami berikan saran dalam menata kepadatan ayam sebagai berikut. Jika kandang dihuni oleh anak ayam yang dirawat induknya, kepadatan kandang sebaiknya sebanyak 20-25 ekor anak ayam dan 1-2 ekor induk ayam per 1-2 meter persegi. Jika dihuni ayam dara, kepadatan kandang sebaiknya 14-16 ekor per 1 meter persegi. Dan jika diisi dengan ayam masa bertelur, kepadatan kandang sebaiknya 6 ekor dan 1 ekor pejantan per 1-2 meter persegi.

Selain memerlukan kandang yang baik tersebut, ayam buras juga memerlukan pakan yang baik pula. Adapun pakan yang baik untuk ayam buras harus mengandung beberapa zat gizi yang berupa protein, energi, vitamin, mineral dan air. Dan setiap masa pertumbuhan ayam, ayam memiliki dosisnya tersendiri sebagai berikut. Dosis untuk anak ayam dara adalah 15 gram/hari. Lalu, untuk ayam yang berumur pekan ke-1 sampai ke-3 diberi pakan dengan dosis 30 gram/hari. Ayam dengan umur pekan ke-3 sampai ke-5 dengan dosis 60 gram/hari, dan yang berumur pekan ke-6 sampai menjelang bertelur diberikan pakan dengan dosis 80 gram/hari. Khusus induk ayan diberi pakan dengan dosis 100 gram/hari. Pakan tersebut diberikan dua kali sehari diiringi pemberian air setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *