6 Penyakit Bebek Dan Pengobatan Yang Tepat

6 Penyakit Bebek Dan Pengobatan Yang Tepat

Urbanina.com – Bebek dikenal memiliki daya tahan yang lebih kebal dibandingkan dengan ayam. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa bebek akan mengalami sakit. Karena sakut yang diderita hewan ternak dapat muncul karena beberapa faktor yang mungkin saja tidak terduga oleh peternak itu sendiri. Sehingga, tak sedikit peternak yang mensucihamakan/disinfektan kandang bebek satu minggu sebelum bebek dipelihara di kandang tersebut. Hal ini merupakan salah satu langkah pencegahan agar kandang tetap bersih dan bebek terhindar dari penyakit. Namun, jika karena faktor tententu bebek menjadi sakit maka harus dilakukan tindakan pengobatan. Berikut 6 penyakit bebek yang disertai cara pengobatannya.

penyakit bebek

  1. Penyakit Bebek Botulism

Penyakit botulism merupakan penyakit yang dapat diderita bebek yang berasal dari keracunan makanan atau bisa saja memakan bangkai. Akibatnya, bebek bisa saja meninggal jika racun yang masuk ke tubuh sudah banyak. Namun, bila racun tersebut masih sedikit, setidaknya terdapat beberapa ciri-ciri bebek yang menderita botulism. Yaitu, bebek terlihat lemah dan lesu, bulunya juga mudah rontok. Selain itu, leher bebek akan lumpuh sehingga kepala bebeek tidak lagi tegak dan seperti leher bebek tidak bertulang.

Pengobatannya adalah dengan memberi obat-obatan pencahar agar dapat meneluarkan racun dari tubuh bebek melalui kotoran bebek. Salah satu obat tradisionalnya adalah dengan memberi satu sendok minyak kelapa lalu diberi air bersih sebanyak-banyaknya. Minyak kelapa akan membuat bebek haus sehingga bebek ingin minum sebanyak-banyaknya. Banyaknya air akan membuat racun didalam darah menjadi encer sehingga kerjanya kurang, sehingga bebek dapat tetap bertahan hidup.

  1. Penyakit Bebek Cholera

Penyakit Cholera atau kolera itik dapat menyerang bebek dengan gejalanya adalah sesak napas, pembengkakan pada sayap dan pilal, mencret disertai warna kotoran kuning kehijauan.

Pengobatannya adalah dengan memakai Meoxy, Coliguin atau Kanamin. Kemudian suntikkan obat tersebut pada urat daging dada bebek yang disesuaikan dengan dosis yang terdpat pada label obat tersebut.

  1. Penyakit Bebek Coccidiosis

Penyakit ini juga bisa disebut dengan berak dadrah. Adapun gejala yang ditimbulkan penyakit ini adalah dengan ditemukannya bercak darah pada kotoran bebek. Selain itu, bebek menjadi kurang nafsu makan dan berat badan menurun drastis yang pada akhurnya akan lumpuh.

Pengobatannya dapat dilakukan dengan cara memberinya obat antioksi yang dicampur pada pakan maupun air minum yang diberikan kepada bebek yang sakit.

  1. Penyakit Pilek

Tak hanya pada manusia, ternyata pilek juga dapat menyerang bebek. Penyakit pilek pada bebek ini juga bisa disebut dengan sebutan coryza atau snot. Dan penyakit coryza ini merupakan penyakit pilek menular, sehingga dapat menular ke bebek lain yang sehat. Adapun gejala yang timbul akibat penyakit ini adalah keluarnya kotoran cair kental dari mata.

Pengobatannya adalah dengan menyuntikkan Streptomycin Sulphat dengan dosis 0,4 gram rendah dengan patokan berat badannya. Penyuntikan dilakukan secara individual kepada bebek yang sakit.

  1. Penyakit Bebek Salmonellosis

Penyakit salmonellosis dibagi menjadi tiga jenis yaitu avian paratyphoid, pullorum/berak kapur, dan fowl typhoid. Gejala avian paratyhpoid adalah nafsu makan menurun, lesu dan diare. Gejala pullorum adalah nafsu makan turun, bebek cendrung merunduk, mudah terkejut dan kotorannya berwarna putih seperti kapur. Sedangnkan gejala fowl typhoid adalah hampr sama dengan gejala pullorum, namun warna kotoran bebeknya adalah berwarna hijau kecoklatan.

Pengobatannya adalah dengan memberinya obat Sulfamix, Trimezyn, Tetrachlor dan koleridin yang disesuaikan dengan dosis yang terdapat pada label.

  1. Penyakit Bebek Aflatokskosis

Penyakit ini menimbulkan gejala diantaranya nafsu makan menurun, lemah lesu, mata dan hidung berlendir, terjadi pendarahan dibawah kulit dan jari, dan jalannya terhuyung-huyung atau lumpuh.

Pengobatannya adalah dengan memberinya antibiotika yang dicampur pada pakan atau air minum.

3 Comments

  1. Aku ngak tau, Dia mendadak jadi pendiam dan menjauh dari kelompoknya serta yang lebih memprihatinkannya, ia semakin mengurus.

    jangan panggil pak, Chakly masih muda tau…
    ((
    ___; )
    (6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *