Pentingnya Pakan Untuk Pertumbuhan Bebek

Pentingnya Pakan Untuk Pertumbuhan Bebek

Urbanina.com – Bebek yang dipelihara atau dipelihara sangat membutuhkan pakan. Pakan menjadi kebutuhan bebebek karena berfungsi sebagai pembentuk sel-sel dan jaringan tubuh, dan untuk menggantikan sel yang sudah rusak. Tak hanya itu pakan juga berpengaruh terhadap produksi dan pertumbuhan bebek. Bebek yang yang memiliki pertumbuhan yang baik tentu juga akan memiliki daging yang lebih banyak. Itulah segelintir tentang pentingnya pakan bagi bebek itu sendiri. Namun, masih banyak lagi pentingnya pakan bagi bebek, terutama bagi bebek yang dipelihara atau dibudidaya untuk mendapat keuntungan.

pentingnya pakan

Usaha peternakan bebek memang dituntut untuk memperhatikan pakan bebek yang mereka berikan. Hal ini tak lepas dari pentingnya pakan bagi bebek yang dapat mempengaruhi pertumbuhannya sekaligus mempengaruhi keuntungan finansial peternaknya. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa pakan adalah faktor utama penentu keberhasilan peternakan bebek. Maka, perlu diketahui oleh para pengusaha peternakan bebek pedaging maupun bebek petelur betapa pentingnya pakan bagi pertumbuhan bebek ini. Disebutkan bahwa pakan yang diberikan kepada bebek akan sangat mempengaruhi siklus produksi pada bebek. Siklus produksi bebek yang dipengaruhi oleh pakan ini diantaranya adalah siklus birahi, angka kelahiran dan juga siklus kualitas daging maupun telur yang dihasilkan bebek.

Setelah mengetahui pentinganya pakan bagi pertumbuhan bebek dan pertumbuhan usaha peternakan, maka diharapkan para peternak dapat memperhatikan pakan yang diberikan kepada hewan ternak mereka. Maka dari itu, perlu diperhatikan gizi yang terkandung pada pakan agar gizi yang diberikan tersebut dapat memberi manfaat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bebek. Berikut ini adalah beberapa gizi yang dibutuhkan bebek dan harus terkandung pada pakan bebek, yaitu karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin. Lalu, apa saja peran gizi tersebut untuk pertumbuhan bebek? Berikut penjelasannya.

Karbohidrat dibutuhkan bebek sebagai gizi yang menjadi sumber energi dan tenaga. Bebek yang bergerak lincah memerlukan karbohidrat ini yang biasa terkandung pada jagung, sorgum maupun beras. Lemak juga dibutuhkan bebek untuk sumber tenaga dan energi. Namun, lemak juga dapat menyediakan vitamin A, D, E dan K. Karbohidrat yang berlebih akan disimpan dibawah kulit yang kemudian disebut lemak. Jika kekurangan lemak kondisi ini dapat diganti dengan karbohidrat, namun jika kelebihan lemak akan menyebabkan terganggunya saluran reproduksi. Lemak ini bisa didapatkan dari kedelai, jagung dan minyak ikan.

Protein juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan bebek. Protein dibutuhkan untuk mengganti jaringan- jaringan pada tubuh yang rusak. Dilihat dari cara memperolehnya, protein dibagi menjadi dua jenis yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang didapat dari hewan dan memiliki nilai hayati lebihtinggi dibanding protein nabati. Protein hewani bisa diperoleh dari tepung ikan. Sedangkan protein nabati adalah protein yang didapat dari tumbuhan atau tanaman seperti jagung, bungkil kedelai, bungkil kelapa, dedak padi, dan bungkil kacang tanah.

Mineral dibutuhkan bebek sebagai zat yang dapat membagnun pertumbuhan dan produksi. Kebutuhan bebek akan mineral memang tidaklah banyak dibandinga dengan gizi yang lain. Tetapi, jika kekurangn mineral maka akan mempunyai efek tidak menguntungkan bagi bebek itu sendiri. Mineral dapat diperoleh dari makanan hijauan dan hewan.

Vitamin dibutuhkan bebek sebagi zat untuk melancarkn metaboolisme kalsium dan fosfor yang akan berdampak pada pembentukan tulang dan kulit telur. Karena banyaknya zat yang dibutuhkan oleh bebek, maka pemberian pakan perlu diperhatikan dengan baik kadar gizinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *